Self Care: Sepenting Apa Bagi Kesehatan Mental?

Self Care: Sepenting Apa Bagi Kesehatan Mental?

Merawat diri atau istilah kerennya self care’ sering kali diabaikan oleh banyak orang. Kesibukan menjadi alasan utama mengapa orang tak sempat merawat diri. Padahal jika diabaikan bisa mengakibatkan stres, mudah lelah, dan gangguan kesehatan lainnya.

Merawat diri yang dimaksud di sini tidak hanya soal perawatan tubuh saja. Namun juga soal menjaga kesehatan jiwa dan aspek hidup lainnya. Untuk lebih lengkapnya, simaklah ulasan menarik di bawah ini.

Daftar isi:

  1. 1. Apa Itu Self Care dan Mengapa Penting?
  2. 2. Tips Melakukan Self Care untuk  Kesehatan Mental

Apa Itu Self Care dan Mengapa Penting?

Self-care merupakan kegiatan yang dilakukan oleh seseorang untuk merawat dirinya sendiri dengan melakukan hal yang bermanfaat bagi dirinya sendiri, baik itu secara fisik maupun psikis. Akan tetapi banyak yang mengartikan konsep ini sebagai sebuah tindakan yang egois.

Pemikiran tersebut tentunya tidak tepat. Tidak hanya memperhatikan orang-orang terkasih, namun diri kita juga membutuhkan perhatian. Hal ini penting dilakukan agar kita bisa menjadi seorang individu yang positif dan juga produktif.

Jadi ingat, self-care bukanlah suatu tindakan egois. Melainkan cara untuk membantu kita agar tetap sehat secara fisik maupun mental. Menyisihkan waktu untuk merawat diri bisa membantu untuk menjalani hidup dengan bahagia, sehat, dan siap untuk menghadapi berbagai masalah. Itulah sebabnya perawatan diri penting untuk diterapkan dalam kehidupan.

Lalu, bagaimana caranya menerapkan self-care dalam kehidupan sehari-hari?

Butuh Bantuan Oksigen untuk bisa Bernapas, Arsyah Butuh Pertolonganmu Segera!

Tips Melakukan Self Care untuk Kesehatan Mental

Agar kamu lebih mudah menerapkan self-care, berikut beberapa cara merawat diri untuk menjaga kesehatan mental.

1. Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan diri dan lingkungan melindungimu dari penyakit. Misalnya, rutin menjaga kebersihan kamar tidur, mandi secara rutin, dan sebagainya. Selain bermanfaat untuk diri sendiri, menjaga kebersihan juga bisa melindungi orang-orang terkasih dari masalah kesehatan yang tidak diinginkan.

2. Olahraga Rutin

Memastikan tubuh tetap aktif merupakan contoh penerapan self-care yang paling mudah dilakukan. Akan tetapi, kegiatan ini membutuhkan niat yang kuat. Beberapa orang bahkan membutuhkan jadwal sebagai pengingat. Olahraga sendiri tidak hanya bermanfaat untuk fisik. Namun juga bisa meningkatkan suasana hati dan memperbaiki kualitas tidur.

3. Menjaga Komunikasi 

Meningkatkan komunikasi juga merupakan bagian penting dari self-care. Berkomunikasi dengan orang-orang di sekitarmu bisa melindungimu dari rasa kesepian yang menjadi salah satu penyebab masalah mental. Memperluas komunikasi dengan orang lain juga membantumu dalam memecahkan masalah yang tidak bisa kamu selesaikan sendiri.

4. Manajemen Stres

Manajemen stres merupakan cara terbaik untuk bisa mengontrol diri. Tindakan ini sangat penting untuk dilakukan demi meningkatkan kualitas kesehatan mental. Manajemen stres bisa dilakukan dengan kegiatan yang mungkin kamu sukai. Kamu bisa menuliskan keresahanmu, mendengarkan lagu, atau bahkan menangis. 

5. Luangkan Waktu untuk Sendiri

Menjaga komunikasi dengan orang lain memang penting. Namun kamu juga harus meluangkan waktu untuk diri sendiri. Cobalah untuk melakukan semuanya sendiri. Dengan begitu, kamu tidak perlu menghabiskan waktu untuk menunggu persetujuan orang lain. Kamu akan memiliki kontrol penuh atas dirimu sendiri dan ini bermanfaat untuk menjaga mentalmu agar tetap sehat.

Menerapkan self care dalam kehidupan sehari-hari membutuhkan komitmen yang kuat. Luangkan waktu khusus untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat untuk dirimu sendiri. Merawat diri sendiri bukanlah tindakan egois karena tak semua orang bisa menjamin kesehatan mentalmu.

Selain cara-cara melakukan self-care di atas, membantu orang yang membutuhkan juga bisa memberikan kebahagiaan tersendiri. Tak perlu ribet, kamu bisa melakukannya dengan mengadakan donasi bagi orang yang membutuhkan melalui aplikasi WeCareID.

Klik Untuk Donasi - Gerakan Peduli Janda Jadi Perempuan Mandiri, Percaya Diri dan Berdaya
  1. Terdanai Rp.6,738,291
  2. Pencapaian 3.89%
  3. Donatur 106

Referensi

Kusuma, Ade Chandra Gita. (2020, 18 Agustus). Self Care: Penting untuk Dirimu. Diakses pada 08 Desember 2021 dari https://satupersen.net/blog/self-care-penting-untuk-dirimu

Florencia, Gabriella. (2020, 28 Januari). Pentingnya Self Care untuk Kesehatan Mental. Diakses pada 08 Desember 2021 dari https://www.halodoc.com/artikel/pentingnya-self-care-untuk-kesehatan-mental

Puji, Aprinda. (2021, 26 April). 7 Langkah Self Care (Perawatan Diri) untuk Mencapai Kebahagiaan. Diakses pada 08 Desember 2021 dari https://hellosehat.com/mental/stres/self-care/

Sumber Featured Image : Brandy Kennedy on Unsplash