Cegah Gizi Buruk Anak Dengan Asupan Makanan Ini!

Cegah Gizi Buruk Anak Dengan Asupan Makanan Ini!

Pengertian Gizi Buruk

Semua orang tua pasti ingin anaknya bisa tumbuh besar dengan baik dan selalu bisa mendapatkan asupan nutrisi yang terbaik dan mencukupi. Namun, ada kalanya anak-anak justru mengalami kondisi yang disebut sebagai gizi buruk atau malnutrisi. Apa maksudnya kekurangan gizi di sini?

Menurut Hickson dan Smith (2018), gizi buruk adalah sejenis kondisi di mana tubuh seseorang mengalami kekurangan, kelebihan, atau ketidakseimbangan kadar energi, protein, dan nutrisi lainnya. Oleh sebab itu, kelebihan nutrisi saja bisa membuat seseorang mengalami gangguan kesehatan, apalagi kekurangan gizi pada anak-anak.

Miris! Seorang Ibu Tak Punya Biaya Persalinan Buah Hatinya!

Asupan Nutrisi Untuk Anak

Setelah tahu definisi dari malnutrisi, lantas apa yang bisa kita perbuat supaya buah hati kita tidak perlu mengalami gizi buruk? Menurut Young (2012), caranya adalah dengan melakukan asupan makanan yang bernutrisi protein, kalori, dan nutrisi lainnya supaya tumbuh kembang anak bisa berlangsung dengan baik.

Kira-kira, seperti apa saja asupan nutrisi dalam makanan yang bisa buah hati konsumsi supaya tidak kena malnutrisi? Yuk, kita baca ulasannya di bawah ini.

Protein

Ketika buah hati masih kecil hingga nantinya, protein adalah asupan nutrisi yang sangat penting supaya massa otot dan tulang anak bisa terbentuk dengan baik. Adapun makanan kaya protein hewani dan nabati yang bisa buah hati kita makan adalah telur, daging, kacang almond, oat, gandung, susu, brokoli, dan sebagainya.

Karbohidrat

Salah satu tanda kekurangan gizi adalah tidak adanya energi dalam tubuh anak. Oleh sebab itu, anak-anak perlu secara teratur mengonsumsi karbohidrat supaya punya energi yang cukup. Makanan kaya karbohidrat ada seperti nasi putih, oatmeal, yogurt, kentang, beras merah, dan sebagainya.

Seng

Seng, atau zinc, adalah nutrisi penting untuk menjaga imunitas atau kekebalan anak dari penyakit. Nah, beberapa makanan kaya seng untuk kekebalan tubuh adalah ikan salmon, cumi-cumi, brokoli, wortel, pisang, dan daging-dagingan.

Zat besi

Tubuh kita butuh hemoglobin yang bertugas mengantar oksigen ke seluruh tubuh kita. Hemoglobin sendiri berasal dari zat besi yang bisa dikonsumsi dari ikan, daging merah, bayam, sereal, tiram, tahu, dan sebagainya.

Klik Untuk Donasi - Selamatkan Anak-anak Alor dari Stunting dan Gizi Buruk!
  1. Terdanai Rp.66,826,000
  2. Pencapaian 60.75%
  3. Donatur 284

Kalsium

Supaya tulang buah hati kita terbentuk dengan kuat, mereka perlu mengonsumsi kalsium secara teratur. Selain susu, anak-anak bisa mendapat kalsium dari keju, yogurt, sayuran hijau, makanan laut, kacang-kacangan, dan sebagainya.

Yodium

Yodium adalah nutrisi yang penting untuk membangun kelenjar gondok yang berperan menjaga kekebalan tubuh. Untuk itu, anak-anak bisa mendapat asupan yodium dari makanan laut, rumput laut, buah plum kering, kacang lima, dan sebagainya.

Vitamin A

Kita pasti ingin anak-anak kita melihat dengan jelas, ya kan? Untuk itu, pastikan anak-anak mendapat cukup asupan vitamin A dari wortel, bayam, kacang polong, hati sapi, dan makanan laut.

Vitamin B

Supaya nutrisi di badan anak-anak bisa terserap baik, dibutuhkan vitamin B untuk menguraikan mereka supaya gampang diserap tubuh. Supaya sehat, buat hati bisa mendapat vitamin B dari salmon, sayuran hijau, daging merah, telur, dan susu.

Asam folat

Karena masih dalam fase tumbuh kembang, anak-anak perlu asupan asam folat supaya sel-sel tubuhnya bisa terbentuk. Untuk itu, anak-anak bisa mengonsumsi asam folat dari polong-polongan, asparagus, sayuran hijau, telur, jeruk, dan sebagainya.

Kesimpulan

Dengan tahu asupan nutrisi apa saja yang dibutuhkan anak supaya tidak kena gizi buruk, kita sebagai orang tua bisa memastikan buah hati kita tumbuh dengan baik dan teratur. Untuk itu, bersama dengan WeCare.id, kita bisa melakukan tindakan nyata untuk membantu sesama lewat donasi untuk membantu mereka yang membutuhkan. Yuk, mari kita membantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

Hello Sehat. 23 Desember 2021. Gizi Buruk pada Anak: Jenis dan Penanganannya Sesuai Kondisi. https://hellosehat.com/parenting/kesehatan-anak/gizi-buruk-pada-anak/ 

Hickson, M. dan Smith, S., 2018. Advanced nutrition and dietetics in nutrition support. Wiley.

Popmama. 5 Oktober 2021. 6 Nutrisi Penting untuk Mencegah Anak Mengalami Kelaparan Tersembunyi. https://www.popmama.com/big-kid/6-9-years-old/riska-sartika/nutrisi-penting-untuk-mencegah-anak-kelaparan-tersembunyi/6 Young, E.M. 2012. Food and development. Abingdon, Oxon: Routledge.