Waspada Gizi Buruk pada Anak, Kenali Tandanya!

Waspada Gizi Buruk pada Anak, Kenali Tandanya!

Kebiasaan makan yang buruk dapat terjadi karena konsumsi yang kurang atau berlebihan atau tidak terpenuhinya nutrisi yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Mengonsumsi terlalu banyak makanan dan minuman yang rendah serat atau tinggi lemak, garam, dan gula juga bisa mengakibatkan gizi buruk bagi tubuh.

Kebiasaan makan yang tidak sehat ini dapat memengaruhi asupan nutrisi anak, termasuk protein, karbohidrat, asam lemak esensial, vitamin dan mineral, serta serat dan cairan. Asupan gizi buruk ini tentunya akan memberikan pengaruh buruk terhadap Kesehatan.

Apa Itu Gizi Buruk?

Gizi Buruk merupakan kondisi ketika anak tidak menerima nutrisi penting, mineral juga kalori yang dibutuhkan untuk membantu perkembangan organ vital dalam jumlah yang cukup. Agar anak bisa menjalani hidup sehat dan terbebas dari penyakit nutrisi menjadi sangat penting. Gizi buruk bisa menyebabkan beberapa gangguan, baik fisik maupun perilaku. Anak-anak yang mengalami gizi buruk rentan terhadap defisiensi yang mengakibatkan pertumbuhan terhambat dan penyakit kronis.

Tanda Gizi Buruk pada Anak

Nutrisi yang tepat sangatlah penting untuk pertumbuhan, perkembangan, dan kesehatan anak. Jika anak tidak makan atau mendapatkan kalori dan nutrisi yang tepat, akan timbul masalah ke depannya. Gizi buruk bisa melemahkan sistem kekebalan, membuka celah untuk infeksi dan menunda penyembuhan. Berikut ini adalah lima tanda peringatan gizi buruk pada anak yang harus diwaspadai yang dilansir dari Feeding Matters.  

Klik Untuk Donasi - Bertubuh Kurus dan Alami Radang Paru-Paru, Reza Butuh Bantuanmu Segera!
Donasikan Pneumonia, Gizi Buruk
Muhammad Syahreza
Oleh Medikator
  • Terdanai Rp.2,830,095
  • Pencapaian 16.42%
  • Donatur 28

1. Penurunan Berat Badan, Penambahan Berat Badan yang Lambat, atau Berat Badan yang Kurang

Tiap anak berat badannya bertambah dengan kecepatan yang berbeda. Jika anak lambat penambahan berat badannya atau mengalami penurunan berat badan, inilah waktunya untuk berkonsultasi dengan dokternya. Untuk menilai apakah anak mengalami gizi buruk tidak cukup dengan hanya dengan melihat si anak. Anak yang kelebihan berat badan juga bisa mengalami gizi buruk.

2. Tidak Tumbuh Tinggi atau Lambat

Setiap anak berbeda, dan anak harus mempertahankan laju pertumbuhannya sendiri. Jika pertumbuhan badan anak lambat  atau tidak mengalami peningkatan tinggi badan, ini bisa jadi tanda gizi buruk.

3. Nafsu Makan Berkurang dari Biasanya

Perhatikan bagaimana anak makan pada waktu makan. Jika mereka hanya menggigit makanannya atau memakan beberapa gigitan saja sebelum akhirnya menyingkirkan makanan, mungkin mereka berisiko mengalami kekurangan gizi. Jika anak tidak tertarik dengan makanan favorit mereka atau mereka mengatakan “saya tidak lapar”, ini adalah tanda untuk segera mencari tahu penyebabnya.

4. Tidak Makan dengan Baik Karena Masalah Perut

Jika anak mengalami masalah dengan perut, mereka akan kesulitan makan dengan baik. Jika mereka mengatakan tidak bisa makan sama sekali, segera konsultasikan dengan dokter.

5. Kurang Aktif

Anak-anak tumbuh dan belajar hal-hal baru setiap hari. Jika tingkat aktivitas anak lebih rendah dari biasanya, atau tidur lebih banyak dari biasanya, segera bicarakan hal ini  dengan dokter.

Jika kamu melihat  salah satu tanda dari 5 tanda di atas pada anak, segera berkonsultasi dengan dokter.  Saat ini, banyak anak Indonesia yang mengalami gizi buruk. Mari kita ulurkan tangan untuk membantu pasien tidak mampu yang membutuhkan. Yuk, buka tautan dibawah untuk donasi atau gunakan aplikasi WeCare.id di App Store atau Google Play supaya donasi menjadi lebih mudah!

Klik Untuk Donasi - FOOD FOR SHARE. Bersama bebaskan anak Asmat dari gizi buruk
Donasikan FOOD FOR SHARE. Bersama bebaskan anak Asmat dari gizi buruk

Oleh Medikator
  • Terdanai Rp.2,294,251
  • Pencapaian 2.19%
  • Donatur 54

Referensi:

Arora, M. (2018). Malnutrition In Children: Causes, Symptoms & Remedies. Parenting. Firstcry.
ASPEN. (2018). FIVE WARNING SIGNS THAT YOUR CHILD IS MALNOURISHED. Feeding Matters.
Hospital, P. G. (2017). What Are The Diseases Caused By Malnutrition? Parashospitals.
NHS. (2020). Malnutrition.
SAHealth. (t.thn.). The Risks Of Poor Nutrition.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *