7 Tahapan Dasar Self Healing untuk Jaga Kesehatan Mental

7 Tahapan Dasar Self Healing untuk Jaga Kesehatan Mental

Sering kali Anda tidak menyadari jika sedang mengalami hal yang memperburuk kesehatan mental. Banyak hal yang dapat mempengaruhi kondisi mental, hal ini pastinya dapat berpengaruh pada aktivitas dan kegiatan kehidupan pribadi maupun sosial.

Banyak yang bisa mempengaruhi kondisi mental seperti tekanan pekerjaan, kesedihan, stress, kecewa dan masih banyak lagi. Untuk menjaga kesehatan mental Anda harus belajar melakukan stress release dengan melakukan 7 tahapan self healing dibawah ini.

Alami Cacat Lahir pada Kerongkongannya Hingga Gizi Kurang, Habib Butuh Pertolongan Segera!

Daftar isi:

  1. 1. Mengenal Self Healing untuk Kesehatan Mental
  2. 2. 7 Tahapan Dasar Self Healing untuk Kesehatan Mental

Mengenal Self Healing untuk Kesehatan Mental

Self healing adalah sebuah proses menghilangkan stress, dengan cara memberi waktu pada diri untuk melakukan pendekatan pada mental. Mental akan secara otomatis melakukan penyembuhan terhadap trauma terhadap sebuah masalah.

Pada dasarnya setiap diri seseorang memiliki kemampuan untuk menyembuhkan mental yang mengalami trauma. Walaupun masih banyak yang belum menyadari dan terpuruk dalam masalah yang itu itu saja.

Prose pemulihan mental ini membantu diri bangkit melalui penderitaan batin. Konsep dasar dari self healing adalah proses berdamai dengan diri sendiri dengan menerima kekurangan dan membentuk mindset positif terhadap sisi lain pada sebuah masalah.

7 Tahapan Dasar Self Healing untuk Kesehatan Mental

Dalam melakukan self healing ada beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan. Namun pada dasarnya ada 7 tahapan yang bisa Anda lalui. Berikut adalah beberapa tahapan dasar self healing tersebut.

Berdamai Dengan Diri Sendiri

Hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah berdamai dengan diri sendiri. Anda harus bisa menerima kondisi diri. Dengan mengetahui kelemahan diri, pastinya Anda akan menemukan kelebihan yang dapat membuat kekurangan menjadi kelebihan yang hanya Anda miliki.

Memaafkan Kesalahan Masa Lampau

Banyak orang yang berandai-andai untuk dapat memutar waktu. Walaupun pada dasarnya mereka hanya lari dari masalah. Dengan memaafkan kesalahan masa lampau, kesehatan mental Anda akan sedikit banyak menjadi lebih baik.

Mengubah Sudut Pandang

Saat kesehatan mental terganggu, pastinya Anda tengah mengalami masalah yang membuat penderitaan batin. Cobalah mengubah sudut pAndang Anda dalam mengatasi masalah. Tak jarang apa yang Anda alami memiliki segi positif untuk diri Anda.

Me Time dan Introspeksi Diri

Terkadang dalam mengatasi masalah Anda memerlukan waktu sendiri. Untuk sedikit meluangkan waktu istirahat, ada baiknya Anda melakukan introspeksi diri sendiri atas apa yang tengah Anda alami.

Memahami Keadaan Emosi Diri

Jika Anda merasa mudah marah tanpa ada alasan yang jelas, bisa disimpulkan bahwa Anda memiliki sisi tempramental yang lebih tinggi. Namun Anda tidak bisa terpuruk dalam kondisi ini. Memahami keadaan emosi dapat membantu Anda tahu apa yang diinginkan diri sendiri.

Mengubah Mindset dan Melakukan Mindfulness

Mindset terkadang sangat mendoktrin diri kita dalam memecahkan setiap masalah yang dialami. Dengan mengubah mindset dan melakukan mindfulness, memungkinkan otak Anda berpikir lebih jernih dengan menenangkan pikiran dan fokus pada diri sendiri

Belajar dari Pengalaman

Pastinya Anda tidak ingin mengalami penderitaan yang sama secara terus menerus. Cara paling efektif adalah dengan belajar dari masalalu. Hindari segala sesuatu yang berpotensi mendatangkan esensi negatif dalam diri Anda.

Berbagi dengan Sesama

Tahukah Anda bahwa berbagi itu dapat menentramkan dan menenangkan hati bagi siapa pun yang melakukannya dengan hati yang lapang? Jika Anda masih merasa tertekan setelah mencoba introspeksi diri sendiri, ada baiknya Anda juga melihat kondisi di sekitar Anda.

Anda tidak perlu khawatir akan kekurangan harta jika membagikan sebagian yang Anda punya untuk orang lain yang lebih membutuhkan. Pasalnya, Anda akan mendapatkan ketenangan hati sebagai imbalan. Hal ini tentunya sangat bagus untuk self healing.

Kesimpulan

Jika Anda sudah memahami dan melewati tahapan dasar self healing, kini waktunya Anda melakukan kegiatan stress release. Banyak hal bisa Anda lakukan agar mengurangi stres, seperti halnya berlibur, berolah raga, bersosialisasi, mendekatkan diri dengan Yang Maha Kuasa, serta berbagi dengan sesama.

Kini, berbagi kepada orang lain yang lebih membutuhkan jadi lebih mudah dengan adanya WeCare.id. Yuk, download aplikasi WeCare.id dan rasakan mudahnya berbagi dengan sesama dimana pun dan kapan pun.

Klik Untuk Donasi - Pondok Pesantren Darussuada Rata Akibat Gempa Cianjur
  1. Terdanai Rp.795,000
  2. Pencapaian 0.17%
  3. Donatur 47

Referensi

Tempo.co. 2021. 3 Tahapan Dasar Self Healing untuk Mengatasi Masalah Kesehatan Mental. Diakses pada tanggal 9 Februari 2022 di https://gaya.tempo.co/read/1499942/3-tahapan-dasar-self-healing-untuk-mengatasi-masalah-kesehatan-mental 

Aditya Prasanda. 2022. Pengertian dan Cara Self-Healing yang Tepat Menurut Psikolog. Diakses pada tanggal 10 Februari 2022 di https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3654096/pengertian-dan-cara-self-healing-yang-tepat-menurut-psikolog

Monica Anggen. 2021. Self Healing Therapy yang Bisa Dilakukan dengan Mudah. Diakses pada tanggal 10 Februari 2022 di https://www.qubisa.com/article/self-healing-therapy 

Sumber Featured Image : William Farlow on Unsplash