Mengenal Keutamaan Serta Bacaan Niat Puasa Rajab

Mengenal Keutamaan Serta Bacaan Niat Puasa Rajab

Dikutip dari laman situs NU Online, bulan Rajab 2022 jatuh pada Kamis tanggal 3 Februari 2022. Sebenarnya untuk awal bulan Rajab hari pertamanya dimulai pada waktu magrib tanggal 2 Februari. Di bulan Rajab salah satu amalan yang sering dikerjakan adalah puasa. Maka tak heran, banyak yang mencari info mengenai permulaan puasa dan niat puasa Rajab.

Klik Untuk Donasi - Alami Cacat Lahir pada Kerongkongannya Hingga Gizi Kurang, Habib Butuh Pertolongan Segera!
Atresia Esofagus, Stunting, Gizi Ku...
Habib Bin Jaya
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.2,630,000
  2. Pencapaian 17.52%
  3. Donatur 67

Bulan Rajab mempunyai keutamaan seperti yang sudah dijelaskan dalam Surat At Taubah ayat 36. Dalam ayat ini Allah SWT berfirman seperti berikut:

“اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

Artinya: “Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram (untuk perang). Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa.”

Niat Puasa Rajab

Dianjurkan untuk dilakukan puasa sunah pada bulan Rajab sebanyak mungkin. Puasa sunah terebut boleh dilakukan kapan saja selain pada waktu yang diharamkan, yaitu Idul Fitri, Idul Adha serta tiga hari tasyrik. Rasulullah SAW sendiri mengerjakan puasa Rajab tak sampai sebulan. Ketika akan melakukan puasa, seorang Muslim wajib untuk berniat terlebih dulu. Berikut ini adalah niat puasa Rajab yang dikutip dari laman situs NU Online: 

 نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى 

Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnati Rajaba lillâhi ta‘âlâ. 

Artinya: “Aku berniat puasa sunah Rajab esok hari karena Allah swt.”

Apabila kamu tidak sempat membaca niat puasa Rajab di malam hari, kamu masih diperbolehkan untuk berpuasa Rajab selama kamu belum makan juga minum semenjak Subuh dan diwajibkan untuk mengucapkan niat hingga sebelum waktu Dzuhur tiba. Berikut ini niat puasa Rajab di siang hari:

نَوَيْتُ صَوْمَ هَذَا اليَوْمِ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى 

Nawaitu shauma hâdzal yaumi ‘an adâ’i sunnati Rajaba lillâhi ta‘âlâ 

Artinya: “Aku berniat puasa sunah Rajab hari ini karena Allah swt.”

Bantu Hadirkan 10.000 Guru Ngaji ke Pedalaman Nusantara

Keutamaan Bulan Rajab

Sebelum membaca niat puasa Rajab ada baiknya kamu mengetahui dahulu apa keutamaan dari bulan ini. Umat muslim dianjurkan untuk melaksanakan puasa Rajab maupun puasa sunah pada 10 hari pertama bulan Rajab karena terdapat banyak keutamaannya, di antaranya:

1. Bulan haram

Bulan Rajab adalah bulan yang mulia sebab bulan ini termasuk dalam bulan haram. Dalam kalender Islam ada 4 bulan yang dikategorikan sebagai bulan haram, yaitu bulan Muharram, bulan Dzulqa’adah, bulan Dzulhijjah, dan bulan Rajab. Dalam surat At-Taubah ayat 36, Allah berfirman yang isinya melarang umat Islam untuk menganiaya diri sendiri. Di bulan Rajab juga tidak diperbolehkan untuk perang. Tiap perbuatan dosa akan diganjar dengan hukuman yang besar. Sementara itu, tiap amalan akan diganjar dengan pahala yang lebih besar.

2. Bulan Allah

Dikutip dari laman situs CNN Indonesia, KH. Wahyul Afif Al-Ghafiqi menerangkan bahwa Rajab disebut juga sebagai bulan Allah. Beliau menjelaskan bahwa Rasulullah SAW mengatakan Rajab merupakan bulan Allah, Sya’ban merupakan bulanku, dan Ramadan merupakan bulannya umat.

3. Seperti Menjalankan Puasa Sebulan

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan HR. At-Thabrani disebutkan bahwa umat muslim yang melakukan satu hari puasa sunah pada bulan Rajab, maka dia akan diganjar dengan pahala layaknya orang yang melakukan ibadah puasa selama sebulan. 

“Barang siapa berpuasa pada bulan Rajab sehari maka laksana ia puasa selama sebulan.”

4. Isra’ Mi’raj

Dalam agama Islam di bulan Rajab ada peristiwa penting yang terjadi, yaitu peristiwa Isra’ Miraj. Peristiwa ini terjadi di malam ke-27. Pada malam tersebut, Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan menuju langit ke-7, yang juga dikenal dengan sebutan Sidratul Muntaha. Ketika itu diturunkan perintah salat wajib.

5. Bulan bertobat

Bulan Rajab menurut KH. Wahyul Afif Al-Ghafiqi adalah bulan yang dianjurkan bagi umat muslim untuk bertobat. Mereka yang bertobat dengan sungguh-sungguh, dosanya akan diampuni oleh Allah SWT.

6. Semakin dekat pada bulan Ramadan

ketika bulan Rajab tiba, itu berarti bulan Ramadan akan segera tiba. Sesudah bulan Rajab, akan ada bulan Sya’ban, kemudian bulan Ramadan. Bahkan Rasulullah menganjurkan umatnya untuk berdoa pada bulan Rajab supaya dipertemukan dengan bulan Ramadan.

7. Dijauhkan dari pintu neraka

Keutamaan lain dari bulan Rajab bagi umat muslim yang melakukan ibadah puasa sunah Rajab selama 7 hari penuh, maka pintu neraka akan dijauhkan dari dirinya. 

8. Dibukakan pintu surga

Bagi mereka yang menjalankan puasa sunah Rajab selama 8 hari penuh, maka 8 pintu surga akan dibukakan untuknya.

Nah itulah beberapa keutamaan bulan Rajab dan niat puasa Rajab bagi kamu yang hendak melaksanakannya. Selain puasa sunah, amalan lain yang dianjurkan yaitu bersedekah. Dikutip dari laman situs NU Online: “Barang siapa yang melonggarkan satu beban kehidupan sesama saudara mu’min di bulan Rajab, Allah akan membangunkan istana untuknya di surga firdaus yang luasnya sejauh pandangan matanya. Karena itu, muliakanlah bulan Rajab, pasti Allah akan memuliakanmu dengan seribu kemuliaan.” Di bulan ini kamu bisa bersedekah dengan membantu pasien yang membutuhkan biaya pengobatan. Caranya mudah sekali. Cukup dengan mengunduh aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Klik Untuk Donasi - Tidak Bisa Berdiri Akibat Penyakit Bawaan, Azhar Butuh Kursi Roda Khusus untuk Beraktivitas!
  1. Terdanai Rp.6,599,756
  2. Pencapaian 113.74%
  3. Donatur 29

Referensi

5 Keutamaan Bulan Rajab, Bulan Mulia dalam Islam. (2022). Diambil kembali dari cnnindonesia.com.

Anjani, A. (2022). Keutamaan Bulan Rajab, Salah Satu Waktu yang Disukai Allah SWT. Diambil kembali dari detik.com.

Fadhilah. (2014). Sedekah di Bulan Rajab. Diambil kembali dari islam.nu.or.id.

Maulana, d. (2022). Keutamaan Bulan Rajab. Diambil kembali dari retizen.republika.co.id.

Nabilla, F. (2021). 7 Keutamaan Puasa Rajab, Dihapus Dosa-dosanya Hingga Dibukakan Pintu Surga. Diambil kembali dari suara.com.

NF, M. S. (2022). Puasa Rajab: Hukum, Waktu, dan Lafal Niatnya. Diambil kembali dari nu.or.id.