Olahraga Bisa Meredakan Nyeri Haid, Benarkah?

Olahraga Bisa Meredakan Nyeri Haid, Benarkah?

Di hari pertama menstruasi, sebagian besar perempuan akan mengalami nyeri haid. Ada yang rasa sakitnya hanya berlangsung sesaat, tetapi ada pula yang lama hingga tidak lagi bisa beraktivitas. 

Klik Untuk Donasi - Seorang Ibu tidak memiliki Biaya Persalinan untuk Buah Hatinya!
Persalinan Normal
Suriyani
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.135,000
  2. Pencapaian 16.73%
  3. Donatur 5

Nyeri di Hari Pertama Datang Bulan, Kenapa?

Nyeri haid ialah keluhan yang biasa dirasakan para wanita selama masa periode datang bulan datang. Umumnya terjadi di hari pertama dan kedua. Nyeri ini disebabkan karena hormon prostaglandin yang dilepaskan mengakibatkan rahim berkontraksi mengeluarkan sel-sel telur tidak dibuahi. 

Olahraga yang Bisa Membantu Meredakan Nyeri Haid

Untuk mengatasi rasa nyeri yang timbul di hari pertama menstruasi, kamu bisa melakukan 5 olahraga ini

Berenang

Sewaktu haid datang, banyak wanita yang menghindar untuk berenang sebab takut akan bocor nantinya. Namun, siapa sangka jika berenang justru bisa membantu meredakan rasa sakit di hari pertama datang bulan. 

Ketakutan bocor sewaktu berenang selama menstruasi bisa diatasi dengan memakai menstrual cup atau tampon yang tepat. Kamu bisa melakukan renang selama 10 – 30 menit sebanyak 2 – 5 kali dalam seminggu untuk meredakan kram di perut sewaktu menstruasi. 

Jalan Santai

Jalan-jalan sehat setiap hari memang memiliki efek yang baik untuk kesehatan. Selain efektif untuk membantu menurunkan berat badan, kamu juga bisa memakainya untuk meredakan rasa kram yang terjadi di sekitar perut selama periode menstruasi datang. Kamu bisa jalan-jalan setiap pagi di sekitar rumah selama kurang lebih 30 menit. 

Selain menghilangkan rasa nyeri waktu haid, jalan santai juga bisa meredakan sakit kepala, nyeri di payudara, serta perut yang kembung. Jika setiap hari dilakukan, kamu bisa hidup lebih sehat. 

Yoga Pose Adapted Child

Dalam yoga, pasti akan ada pose adapted child, dengan posisi lutut ditekuk seperti posisi duduk orang Jawa, kemudian rentangkan tangan ke depan dan bungkukkan badan sehingga dahi menyentuh lantai atau matras. Pertahankan pose ini hingga lima tarikan napas yang diambil dari perut bukan dada. 

Pose adapted child bermanfaat untuk meredakan nyeri yang terasa di bagian punggung. Jika rutin melakukannya, kamu bisa mengendurkan bagian pinggul dan secara perlahan meregangkan otot-otot di bagian punggung bawah. 

Low back and glute stretch

Nyeri haid biasanya terasa di sekitar perut, pinggul, hingga ke bagian punggung. Dengan low back and glute stretch, kamu bisa meredakan ketegangan yang timbul pada otot akibat kram sewaktu datang bulan. Gerakan ini akan membuka bagian panggul luar, perut, tulang rusuk, serta punggung. 

Gerakannya pun cukup mudah. Kamu bisa mulai dengan menjadikan kaki kiri sebagai titik pusatnya. Kemudian gerakkan kaki kanan ke belakang dari pinggul ke arah jarum jam 6. Posisikan kaki seperti memakai stiletto dan tekuk sedikit bagian lutut depan. Luruskan tangan kiri ke depan dan tangan kanan ambil gerakan miring hingga mengenai pinggir kepala. Goyangkan bagian pinggul bersamaan dengan gerakan tangan kanan. Lakukan antara 6 – 8 kali per sisi. 

Kneeling abdominal twist

Kneeling abdominal twist bermanfaat untuk meredakan rasa sakit yang timbul di bagian pinggul dan panggul yang bertahan lama hingga tidak bisa beraktivitas. Sebab, gerakan ini akan membuka bagian panggul dan melakukan peregangan di bagian pinggul.

Untuk melakukan kneeling abdominal twist, kamu harus berlutut dengan kaki kiri dan kaki kanan berdiri tegak di arah angka 3 untuk dijadikan tumpuan. Letakkan kedua tangan di depan dada dan jalin jari-jari hingga menyatu. Kemudian putar badan ke arah luar lutut yang ditekuk dan kembali ke tengah pada posisi awal. Ulangi hingga 6 – 8 hitungan per sisi. 

Meski nyeri haid tiap orang berbeda, tetapi kamu bisa mengatasi dan mencegahnya dengan melakukan lima olahraga itu. Kamu juga bisa mengalihkan rasa sakit yang timbul dengan membantu para pasien di WeCare. Donasikan sedikit gaji kamu dan bantu mereka untuk sembuh. Caranya, unduh aplikasinya di Appstore dan Playstore kemudian pilih pasien yang ingin kamu bantu. 

Klik Untuk Donasi - Menunggak Biaya Persalinan Buah Hatinya, Ibu Aulifia Membutuhkan Pertolonganmu!
Persalinan Normal
Aulifia Damayanti
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.241,000
  2. Pencapaian 29.86%
  3. Donatur 12

Referensi: 

Alexia Acebo. 2020. 4 Exercises for Period Cramps. https://www.naturalcycles.com/cyclematters/exercises-for-period-cramps

dr. Kevin Adrian. 2021. Penyebab Nyeri Haid yang Tidak Tertahankan dan Cara Mengatasinya. https://www.alodokter.com/penyebab-nyeri-haid-yang-tidak-tertahankan

dr. Kevin Adrian. 2020. Ini Ragam Olahraga Untuk Mengurangi Nyeri Haid. https://www.alodokter.com/ini-ragam-olahraga-untuk-mengurangi-nyeri-haid-anda

Moreland OB-GYN. 5 of the Best Yoga Poses for Menstrual Cramps. https://www.morelandobgyn.com/blog/best-yoga-poses-for-menstrual-cramps