Ketahui Apa Itu Split Bill Saat Kencan

Ketahui Apa Itu Split Bill Saat Kencan

Belum lama ini, istilah split bill mulai ramai dibicarakan di media sosial, khususnya Twitter. Bahkan kata split bill menjadi trending topic di Twitter saking ramai dibicarakannya. Namun apa sebenarnya split bill itu? 

Klik Untuk Donasi - Alami DBD Hingga Koma, Sabila tidak Mampu Bayar Biaya Tagihan Rumah Sakit
DBD Shock Syndrome
Salsabila
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.4,589,956
  2. Pencapaian 100.30%
  3. Donatur 91

Pengertian Split Bill

Bila diterjemahkan dari Bahasa Inggris, split bill adalah “memisahkan tagihan” atau “patungan tagihan”, sehingga pada konsepnya, split bill dilakukan dengan cara membayarkan tagihan makanan masing-masing dengan uang sendiri atau membagi dua tagihan bersama.

Sedangkan split bill yang viral di media sosial ini berawal dari kisah seorang pria dan wanita yang berkenalan lewat Twitter. Mereka memutuskan untuk bertemu di salah satu restoran di Jakarta. Usai kencan, pria tersebut memintanya untuk split bill namun wanita tersebut mempermasalahkan perihal split bill tadi. Pria tadi dianggap tidak sopan karena tidak membayarkan tagihan makan wanita yang diajaknya berkencan.

Beragam reaksi dari warganet pun bermunculan. Ada yang setuju dengan pihak wanita, ada pula yang mendukung pria. Sebab, split bill sudah menjadi hal yang wajar di era modern ini. 

Split Bill Saat Kencan Pertama

Umumnya, split bill dilakukan ketika makan atau hang out bersama teman-teman. Namun saat ini, split bill juga diterapkan ketika kencan, khususnya kencan pertama. Sebab dengan menerapkan metode ini, maka diharapkan tidak merugikan pihak lain karena membayar tagihannya masing-masing sesuai dengan yang dipesan atau digunakan. Misalnya patungan membayar makanan, membayar taksi, dan sebagainya.

Pada kencan pertama, biasanya yang membayar pengeluaran saat kencan adalah orang yang mengajak kencan, kecuali bila sudah sepakat untuk bayar sendiri-sendiri. Namun di masa kini, perempuan boleh saja melakukan split bill, meski tak sedikit pula yang menganggap bahwa seharusnya pria yang membayar semuanya.

Soal split bill yang viral di media sosial, sang pria mengatakan dia tidak bermaksud mengajak teman wanitanya berkencan, melainkan hanya hang out. Namun, si wanita merasa bahwa itu adalah kencan pertama, sehingga rasanya tak etis ketika si pria meminta untuk melakukan split bill.

Sebenarnya, tak salah untuk meminta split bill pada saat kencan pertama. Tetapi yang perlu ditekankan adalah komunikasi dan kesepakatan ketika akan membayar tagihan. Sehingga tidak terjadi kesalahpahaman dan dianggap arogan. Nah, apa saja yang perlu diperhatikan?

Wujudkan Pendidikan yang Layak dengan Bantu Paud Bindara, Jawa Timur

Bicarakan dengan sopan

Jangan buat momen kencan kamu hancur gara-gara permasalahan ini. Maka dari itu, kamu bisa bertanya setelah selesai makan atau sepulang kencan seperti, “apakah kamu mau split bill?”.

Tidak perlu dipermasalahkan

Di Indonesia sendiri, split bill masih menjadi hal yang baru. Bahkan masih ada orang yang beranggapan bahwa pria lah yang harus membayar semua pengeluaran saat kencan, tapi ada pula yang menganggap bahwa split bill merupakan hal yang wajar dilakukan.

Maka, kamu tak perlu bereaksi berlebihan pada saat diajak split bill. Tidak perlu tersinggung maupun emosi. Bila kamu sedang tak membawa uang, kamu dapat menawarkan untuk gantian membayar pada kencan berikutnya. 

Urusan split bill adalah hal yang sensitif, apalagi di kencan pertama. Maka dari itu, sangat penting untuk membicarakannya dengan baik-baik pada teman kencan kita agar tidak terjadi kesalahpahaman. Perihal uang pun sering menjadi kendala bagi saudara-saudara kita yang tidak mampu untuk berobat. Mari bantu pasien yang kesulitan biaya pengobatan di WeCare.id. Cukup unduh aplikasi Wecare.id di Google Play maupun App Store agar bisa berdonasi lebih mudah kapan saja dan di mana saja.

Klik Untuk Donasi - Mari Menjadi Bagian Dari Keluarga Penghapal Al-Qur'an
  1. Terdanai Rp.202,000
  2. Pencapaian 1.75%
  3. Donatur 3

Referensi:
Kumparan.com. (2021). Apa Itu Split Bill, Metode Pembayaran yang Ramai Dibicarakan di Twitter?. Diakses pada 6 Desember 2021, dari https://kumparan.com/berita-hari-ini/apa-itu-split-bill-metode-pembayaran-yang-ramai-dibicarakan-di-twitter-1wljGlobvIg/full

Popbela.com. (2021). Apa Itu Split Bill dan Kenali Etika Membayar Saat Kencan Pertama. Diakses pada 6 Desember 2021, dari https://www.popbela.com/relationship/dating/andhina-effendi/apa-itu-split-bill-dan-kenali-etika-membayar-saat-kencan-pertama/7