Agar Bahagia, Tidak Perlu Pusingkan Hal Berikut Ini

Agar Bahagia, Tidak Perlu Pusingkan Hal Berikut Ini

Ternyata tanpa kita sadari, kita sering merasa tidak bahagia karena sibuk memikirkan hal yang tidak perlu dipusingkan yang membuat kita jadi overthingking. Semua hal tersebut akhirnya malah menciptakan lebih banyak stres untuk diri kita sendiri. Berikut beberapa hal yang tak perlu kita pusingkan agar hidup jadi bahagia

Klik Untuk Donasi - Ulurkan tangan untuk saudara yang membutuhkan
  1. Terdanai Rp.2,325,462
  2. Pencapaian 2.01%
  3. Donatur 13

1. Apa yang Dikatakan Orang Lain

Apa yang dikatakan orang lain sudah membunuh banyak mimpi. Mengapa kita harus memusingkan apa yang orang lain katakan sehingga mempengaruhi hidup kita? Jangan biarkan apa yang orang lain katakan menghentikan apa yang ingin kita lakukan dalam hidup. Tak perlu terlalu memikirkan perkataan mereka. Lakukan saja apa yang ingin dilakukan dan ikuti mimpi. Ingin jadi pelukis atau olahragawan? Lakukan saja.

Jangan biarkan seseorang memberi tahu kita bagaimana kita akan gagal tidak akan bahagia. Ikuti saja mimpi kita dan jangan pedulikan kegagalan. Gagal dan belajar dari kesalahan dan gagal lagi, bangkit dan berjuang dan suatu hari kita akan mencapai impian kita. Bagaimana jika kita gagal dan tidak bisa mewujudkan impian kita? Setidaknya kita tidak akan menyesalinya karena sudah pernah mencobanya. 

2. Tidak Perlu Selalu Menjadi Sempurna

Kita tidak harus sempurna dalam segala hal. Tiap orang terlahir berbeda dan itulah kepribadian kita. Jangan pernah peduli untuk menjadi sempurna. Kita mempunyai kepribadian kita sendiri dan orang-orang yang tulus kepada kita akan menghargai kita dengan segala ketidaksempurnaan kita. Hanya karena ingin mencapai kesempurnaan, kita jadi kehilangan kepribadian dan diri kita sendiri. 

Ini merupakan sebuah tragedi nyata hari ini di saat semua orang menginginkan kesempurnaan dan tidak ada yang bahagia dengan diri mereka yang berbeda. Menjadi sempurna merupakan salah satu hal yang tidak perlu kita pedulikan untuk menjalani kehidupan yang bahagia.

3. Tidak Perlu Memikirkan Kesalahan Masa Lalu

Kita semua pernah membuat kesalahan dalam hidup. Begitulah hidup berjalan. Akan tetapi, jangan terlalu keras pada diri sendiri. Terimalah kenyataan bahwa tiap orang terkadang melakukan kesalahan dan itu bagian dari diri kita sebagai manusia. Berikan sedikit kelonggarang. Belajarlah untuk lebih sering memaafkan diri sendiri.

4. Apa yang Tidak Kamu Miliki

Fokus pada apa yang tidak kita miliki pada akhirnya akan membuat kita benar-benar merasa kurang. Lebih baik kita fokus pada hal positif yang kita miliki dan hal negatif yang tidak kita miliki. Mengapa kita ingin menyiksa diri sendiri dengan semua hal yang tidak kita miliki? Kita tidak perlu berpikir seperti itu. Jenis pemikiran seperti itu sama sekali tidak akan membantu kita dengan cara yang produktif. Coba buat daftar tentang semua hal dalam hidup yang kita hargai. Akan selalu ada orang lain yang memiliki lebih banyak dan orang lain yang memiliki dengan lebih sedikit. Apa yang kita miliki sudah cukup.

5. Harapan Masyarakat

Terkadang kita berusaha keras untuk memenuhi standar masyarakat, seperti menjadi kurus, berkulit putih, berbadan kekar atau tampan dan cantik. Ketika kita menyukai juga menerima diri kita apa adanya, kita tidak perlu untuk membuktikan diri kita kepada siapa pun. Jangan mengikuti standar gambar media yang selalu menampilkan kesempurnaan. Sebagian besar gambar menggunakan airbrush dan membuat kita percaya bahwa kita semua harus terlihat sempurna. 

Cobalah untuk tidak memasukkannya ke dalam hati. Kita semua suka melihat gambar yang sempurna, tapi jangan lupa fakta bahwa sebagian besar gambar itu tidak alami tapi disempurnakan secara digital. Cintai diri kita sendiri, ketidaksempurnaan dan segalanya. Penerimaan diri merupakan kebebasan sejati.

Klik Untuk Donasi - program nasi berkah
Program Nasi Berkah

Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.62,000
  2. Pencapaian 1.07%
  3. Donatur 4

6. Usia

Hidup di dalam masyarakat, kita tak bisa lepas dari target usia. Kadang-kadang di saat usia kita sudah matang tapi kita belum bisa meraih beberapa hal, itu bisa menimbulkan masalah. Misalnya saja, saat kita sudah berusia 25 tahun dan belum menikah ini bisa membuat kita stres dan merasa gagal.

Padahal tiap orang mempunyai waktunya masing-masing untuk berproses dan berhasil. Sebenarnya tak ada kata terlambat dan kita tak perlu membandingkan diri kita dengan orang lain. Tak ada kata terlambat bagi kita untuk memulai sesuatu selama kita masih memiliki kekuatan dan melihat peluang. Jadi tidak perlu untuk menargetkan diri kita dengan orang lain. Lebih baik fokuslah pada jalan yang kita pilih.

7. Ketika Orang Menyalahkan Keputusan yang Kita Ambil

Tak semua orang mempunyai pandangan yang sama mengenai diri kita. Kadang-kadang keputusan yang kita ambil akan ditentang oleh orang. Hal tersebut wajar sekali terjadi. Jadi tak perlu pusing memikirkan hal itu. Lebih baik kita tenangkan diri dan fokus terhadap tujuan hidup kita.

8. Tidak Perlu Memusingkan Standar Kecantikan

Memikirkan standar cantik versi masyarakat umum tidak ada habisnya. Mereka mengharuskan kita untuk langsing, putih, tinggi, badan seksi wajah mulus, dan lain lain supaya terlihat sempurna. Padahal kalau kita lihat lebih dekat, tiap kita pasti mempunyai memiliki keistimewaan yang tidak perlu melulu tentang fisik seperti kepribadian bakat maupun keunikan lain yang kita miliki.

Hidup bermasyarakat terkadang memberikan kita tekanan karena kita dihadapkan dengan ekspektasi atau standar masyarakat umum. Untuk bisa bahagia terkadang kita tidak perlu memusingkan hal-hal tersebut dan lebih baik fokus dengan tujuan kita dan apa yang kita miliki. Daripada memikirkan apa kata orang, lebih baik sibukkan diri dengan berbuat baik seperti menolong pasien yang mengalami kesulitan biaya pengobatan. Caranya, cukup download aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Butuh 100x Kemoterapi untuk bisa terus hidup, Elzio Butuh Pertolonganmu!

Referensi

Beberapa Hal Yang Tidak Perlu Dipusingkan Agar Hidup Lebih Menyenangkan. (t.thn.). Diambil kembali dari kreativv.com.

Kloppers, M. (2013). 10 Things To Stop Caring About If You Want To Be Happier. Diambil kembali dari lifehack.org.

Marcelina, P. (2021). 5 Hal yang Tidak Perlu Dipusingkan dalam Hidup Anda. Diambil kembali dari beritajatim.com.Yaqoob, A. (2019). Things you shouldn’t care in order to live a happy life. Diambil kembali dari thealipost.com.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *