Yuk, Cegah Gagal Jantung di Usia Muda Sejak Dini!

Yuk, Cegah Gagal Jantung di Usia Muda Sejak Dini!

Satu bulan yang lalu, kabar duka menyelimuti tanah air Indonesia. Salah seorang aktris muda bernama Hanna Kirana yang baru berusia 18 tahun meninggal akibat serangan gagal jantung. Diwali dengan sesak napas, kelelahan hingga ke flek paru-paru dan berakhir pada penyakit jantung. 

Klik Untuk Donasi - Alami Gizi Buruk Akibat Penyakit Jantung, Adib Butuh Pertolongan Segera!
Cerebral Palsy, PDA Jantung
Muhammad Adib Ibrahim Aminullah
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.358,500
  2. Pencapaian 3.58%
  3. Donatur 21

Itu adalah salah satu contoh kasus kematian akibat penyakit jantung pada anak muda. Menurut data dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, setidaknya terdapat 2.784.064 orang yang mengidap penyakit jantung seperti jantung koroner atau gagal jantung. Berdasarkan laporan yang diberikan Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME), sekitar 14,4% penyebab kematian di Indonesia ialah jantung. 

Kenapa Anak Muda Bisa Mengalami Gagal Jantung?

Data-data tersebut membuktikan jika betapa pentingnya untuk menjaga kesehatan sejak dini. Olahraga dan menjaga pola makan sehat menjadi salah satu upaya pencegahan yang bisa dilakukan. Pasalnya, mengonsumsi makanan yang tidak sehat secara terus menerus juga dapat menjadi penyebab timbulnya penyakit seperti jantung koroner, gagal jantung atau komplikasi lainnya. 

Selain itu, kamu pun perlu mengetahui penyebab seseorang bisa mengalami gagal fungsi pada jantung. Di antaranya: 

Hipertensi tak terkontrol dengan baik

Penyakit kardiovaskular juga dapat terjadi akibat tekanan darah tinggi yang tak terkontrol dengan baik. Terlebih jika kamu mengalami obesitas atau berat badan berlebih serta memiliki penyakit diabetes, risiko terjadinya gagal fungsi pada jantung akan semakin tinggi.

Kardiomiopati Dilatasi

Kardiomiopati Dilatasi ialah kerusakan yang terjadi pada otot jantung sehingga ruang utamanya membesar dan kinerjanya untuk memompa darah ke seluruh tubuh menjadi kurang efektif. Ini bisa disebabkan oleh virus yang menginfeksi jantung, efek samping dari obat untuk menghilangkan kanker, serta penyakit lain misal tiroid. 

Jika dibiarkan dan tidak terdeteksi sejak dini, kardiomiopati dilatasi dapat menjadi penyebab terjadinya gagal fungsi pada jantung yang bisa berakhir pada kematian. Sebab, jantung tidak bisa melakukan tugasnya dengan maksimal.

Riwayat genetik dari keluarga

Penyakit genetik yang diturunkan anggota keluarga juga bisa menjadi penyebab munculnya penyakit pada kardiovaskular. Untuk itu, kamu harus rajin dalam mengecek kesehatan seluruh anggota keluarga dan mengetahui dengan baik apa saja sakit yang pernah atau sedang mereka derita. Penyakit jantung genetik yang bisa menjadi sebab terjadinya gagal fungsi jantung ialah kardiomiopati hipertrofik atau otot jantung mengalami penebalan dan jantung koroner. 

Penyakit jantung bawaan

Di antara kita mungkin ada yang memiliki penyakit jantung bawaan sejak lahir. Misal mengidap penyakit arteri koroner. Ialah plak atau kolesterol yang menumpuk di bagian arteri sehingga tidak mampu memasok darah yang cukup ke jantung. Akibatnya ada penyumbatan yang dapat menyebabkan terjadinya serangan jantung. 

Penyakit tersebut dapat menjadi salah satu sebab jantung tidak berfungsi dengan maksimal dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

Cara Mencegah Terjadinya Gagal Jantung di Usia Muda

Banyaknya kasus kematian akibat gagal jantung, terutama di usia muda memang terdengar cukup menyeramkan. Namun di beberapa kasus, pencegahan bisa dilakukan jika sudah terdeteksi sejak dini. Kamu pun bisa melakukannya dengan cara: 

  • Rutin mengecek kesehatan seminimalnya satu kali dalam satu tahun agar dapat mengetahui sejak dini gejala-gejala dari penyakit yang diderita, salah satunya adalah kardiovaskular. Terlebih jika kamu termasuk anak muda yang aktif, ada baiknya untuk rajin melakukan medical check up.
  • Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

Klik Untuk Donasi - Anak Kuli Bangunan Menderita Gagal Jantung, Bantuanmu Sangat Diharapkan!
Gagal Jantung Kongestif
Gilang Adi Pratama
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.5,175,000
  2. Pencapaian 100.00%
  3. Donatur 87

Mari sama-sama cegah gagal jantung pada usia muda dengan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat lagi. Untuk saudara yang kini tengah berjuang melawan penyakit mereka, mari ulurkan tangan untuk membantu melalui WeCare.id Satu rupiah yang kamu berikan akan sangat berarti untuk mereka. Ikuti program donasi semua melalui aplikasi WeCare.id yang bisa diunduh di Playstore dan Appstore sekarang juga. 

Daftar Pustaka

Dian Fath. 2021. Angka Kejadian Penyakit Jantung Makin Meningkat. https://republika.co.id/berita/r037sw368/angka-kejadian-penyakit-jantung-makin-meningkat

dr. Rizal Fadli. 2021. 4 Penyebab Gagal Jantung di Usia Muda. https://www.halodoc.com/artikel/4-penyebab-gagal-jantung-di-usia-muda

dr. Rizal Fadli. 2021. Waspadai Gagal Jantung di Usia Muda. https://www.halodoc.com/artikel/waspadai-gagal-jantung-di-usia-muda.