Jenis-Jenis Penyakit Musim Pancaroba yang Perlu Diwaspadai

Jenis-Jenis Penyakit Musim Pancaroba yang Perlu Diwaspadai

Musim pancaroba merupakan musim peralihan dari satu musim ke musim lainnya. Di Indonesia, musim pancaroba merupakan peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan atau sebaliknya. Mengapa musim pancaroba dikaitkan dengan berbagai penyakit? Hal ini tidak lepas dari perubahan suhu yang cukup ekstrem antara dua musim tersebut yang menyebabkan tubuh lebih rentan terkena penyakit. Berikut beberapa penyakit musim pancaroba yang perlu diwaspadai:

Klik Untuk Donasi - Derita Peradangan pada Ginjal, Diana Tak Punya Biaya Berobat ke RS
Lupus Nefritis, Tuberkulosis Paru
Dianatami
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.3,086,831
  2. Pencapaian 41.80%
  3. Donatur 49

Sakit Kepala dan Migrain

Saat musim pancaroba, seringkali terjadi perubahan tekanan udara, kelembapan udara, dan kenaikan atau penurunan suhu lingkungan secara drastis. Hal ini menyebabkan tubuh harus beradaptasi secara mendadak. Terkadang imunitas tubuh tidak cukup kuat menghadapi perubahan cuaca yang cukup ekstrem ini.

Suhu yang terlalu dingin atau paparan sinar matahari yang cukup panas dan menyengat dapat memicu terjadinya sakit kepala, terutama migrain. Suhu yang dingin juga memicu terjadinya penyempitan pembuluh darah yang berakibat pada penurunan suplai aliran darah ke otak sehingga memicu terjadinya pusing atau nyeri kepala (Naimah, 2021).

Influenza

Penyakit batuk pilek atau influenza merupakan penyakit yang cukup banyak ditemui saat musim pancaroba. Jenis virus influenza dan rhinovirus disinyalir berkembang pesat di saat musim penghujan tiba karena suhu yang cukup dingin memudahkan mereka berkembang biak dengan cepat.

Saat cuaca berubah lebih hangat, banyak orang melakukan aktivitas di luar rumah. Padahal sebagian dari mereka ada yang masih menderita batuk pilek. Hal ini tentu berpotensi menyebabkan penularan penyakit batuk pilek yang lebih luas. Salah satu cara untuk menghindari terpapar virus influenzaa yaitu dengan menggunakan masker, mematuhi protokol kesehatan, makan bergizi dan istirahat yang cukup (Kompas, 2021).

Nyeri Sendi

Saat musim pancaroba, suhu dapat berubah tiba-tiba menjadi dingin karena turunnya hujan. Penurunan suhu yang mendadak ini seringkali memicu terjadinya nyeri sendi, terutama pada lansia.  Pada suhu normal, persendian ini tidak mengalami perubahan, namun di saat kondisi sekitarnya dingin, persendian ini menjadi lebih tebal dan mengembang sehingga mendesak rongga persendian dan menimbulkan rasa nyeri.

Asma

Penyakit musim pancaroba lainnya yang patut diwaspadai adalah asma. Suhu yang dingin dapat memicu terjadinya peradangan pada saluran pernapasan. Risiko terjadinya asma ini semakin meningkat jika diikuti aktivitas yang berat. Bagi penderita asma, disarankan untuk menggunakan pakaian yang tebal dan hangat, serta selalu siap sedia obat-obatan asma.

Butuh Bantuan Oksigen untuk bisa Bernapas, Arsyad Butuh Pertolonganmu Segera!

Demam Berdarah

Demam berdarah merupakan penyakit musim pancaroba yang perlu diwaspadai karena dapat mengancam nyawa jika tidak mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.  Demam berdarah merupakan penyakit demam yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aides aigepty. Penyakit ini memiliki pola demam seperti pelana kuda yaitu demam tinggi di awal, lalu turun pada hari ke 3 hingga ke 5, lalu demam lagi hingga hari ke 7 atau ke 8. Pada saat demam turun, justru itulah periode kritis yang harus mendapatkan penanganan yang tepat (Noya, 2018). 

Untuk mencegah terjadinya penyakit demam berdarah, pemerintah telah mencanangkan program 3M plus yaitu Mengubur, Menguras, Mendaur ulang serta Memantau Wadah yang berpotensi menjadi tempat berkembang biak jentik-jentik nyamuk. Selain itu, juga perlu ditambahkan penggunaan bubuk abate atau pembasmi jentik-jentik nyamuk di dalam bak kamar mandi atau bak air lainnya.

Demikian beberapa penyakit musim pancaroba yang perlu kita waspadai. Saat ini masih banyak saudara kita yang membutuhkan uluran tangan kita karena menderita beragam penyakit namun terkendala biaya untuk pengobatannya. Kamu bisa turut serta membantunya melalui wecare.id, donasi praktis dan tepercaya. Semoga bermanfaat.

Referensi:

Kompas. (2021). Daftar Penyakit Musim Pancaroba dan Cara Mencegahnya Halaman all – Kompas.com. https://www.kompas.com/sains/read/2021/05/29/070200823/daftar-penyakit-musim-pancaroba-dan-cara-mencegahnya?page=all

Naimah, S. (2021). Daftar Penyakit Musim Pancaroba dan Cara Mencegahnya Halaman all – Kompas.com. https://www.kompas.com/sains/read/2021/05/29/070200823/daftar-penyakit-musim-pancaroba-dan-cara-mencegahnya?page=all

Noya, A. (2018). Berbagai Jenis Penyakit Musim Pancaroba yang Harus Diwaspadai – Alodokter. https://www.alodokter.com/musim-pancaroba-membawa-risiko-infeksi-virus