Ciri-Ciri, Gejala, Pengobatan, dan Tindakan Cepat Atasi Demam Berdarah

Ciri-Ciri, Gejala, Pengobatan, dan Tindakan Cepat Atasi Demam Berdarah

Banyak orang terkena penyakit demam berdarah atau DBD ini tanpa menyadari gejala-gejala awal yang ditimbulkan. Pasalnya, gejala penyakit demam berdarah ini sering diabaikan. Padahal penyakit ini termasuk penyakit serius yang tidak boleh disepelekan serta membutuhkan penanganan medis secepatnya. Apalagi penyakit ini termasuk jenis penyakit menular akibat virus dengue dari gigitan nyamuk. 

Klik Untuk Donasi - Ukuran Kepala Reynand Membesar dan Terus Membesar, Uluran Tanganmu Sangat di Harapkan!
Hidrosefalus
Muhammad Reynand
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.404,000
  2. Pencapaian 2.00%
  3. Donatur 21

Tidak sedikit kasus DBD ini yang berakhir dengan kematian karena terlambat dalam menanganinya. Oleh karenanya agar terhindar dari penyakit mematikan ini, kenali gejala demam berdarah, pengobatan, dan tindakan cepat mengatasinya. Pasalnya setelah terkena gigitan nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus, penderita akan mulai menampakkan gejala 4 – 10 hari setelahnya.

Daftar isi:

  1. 1. Ciri-Ciri dan Gejala Demam Berdarah
  2. 2. Pengobatan Demam Berdarah
  3. 3. Tindakan Cepat Atasi Demam Berdarah
  4. 4. Pengobatan
  5. 5. Pencegahan

Ciri-Ciri dan Gejala Demam Berdarah

Penyakit demam berdarah bisa ditularkan lewat gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes Albopictus. Penyakit ini juga bisa menular setelah nyamuk tersebut menggigit penderita demam berdarah dan menghisap darahnya lalu menggigit orang lain. 

Nah, sebelum terlambat kenali ciri-ciri dan gejala demam berdarah ini sejak dini dan membedakannya dengan penyakit lain. Apalagi anak-anak akan lebih rentan terhadap penyakit ini dibandingkan orang dewasa.

1. Mendadak Mengalami Demam Tinggi

Demam bisa menjadi pertanda dari berbagai macam penyakit. Pada penyakit demam berdarah, gejala demam ini muncul secara mendadak. Perlu dicatat perbedaan yang menonjol antara demam pada DBD dan penyakit lain adalah panas badan bisa mencapai 40 derajat Celcius. Demam yang terjadi juga tidak disertai batuk atau bersin. Demam ini  bisa berlangsung dari dua hingga tujuh hari lamanya.

2. Sakit Kepala

Setelah mengalami demam, gejala lain yang akan dirasakan adalah sakit kepala yang parah di sekitar dahi dan nyeri di belakang mata. Gejala ini bisa diatasi dengan minum obat sakit kepala.

3. Merasakan Nyeri Otot

Saat mengalami demam tinggi, penderita akan mengalami nyeri otot, sendi, tulang, dan belakang mata disertai tubuh menggigil.

4. Merasa Mual dan Muntah

Penderita akan mengalami gangguan pencernaan dan mengalami mual muntah setelah 2 – 4 hari virus masuk ke dalam tubuh.

5. Merasa Kelelahan

Akibat demam dan nyeri pada otot akan menyebabkan penderita DBD berkurang nafsu makannya. Kondisi ini membuat tubuhnya mudah lelah karena sistem imun ikut melemah.

Buruh Setrika Alami Tumor di Wajahnya, Yuk Ulurkan Tanganmu untuk Bantu Bu Nina!

Pengobatan Demam Berdarah

Lalu bagaimana cara untuk mengobati demam berdarah ini? Pengobatan demam berdarah dilakukan tujuannya agar penderita tidak infeksi virus tidak semakin parah. Beberapa saran dari dokter berikut ini bisa dilakukan:

  • Istirahat cukup.
  • Minum banyak air putih untuk mencegah dehidrasi.
  • Minum obat penurun panas sesuai anjuran dokter.
  • Hindari minum obat pereda nyeri karena dapat menyebabkan komplikasi perdarahan pada penderita.
  • Pantau jumlah urin dan berapa kali penderita buang air kecil.

Namun, bila gejala demam berdarah ini mulai muncul, sebaiknya segera ke dokter untuk memeriksakan diri guna mendapatkan saran. Penanganan dini akan mencegah masalah yang lebih parah dan terhindar dari komplikasi yang membahayakan.

Tindakan Cepat Atasi Demam Berdarah

Sejauh ini belum ada pengobatan khusus mengatasi penyakit demam berdarah ini. Bila Gejala demam berdarah ini muncul pada anak maupun dewasa dan masih dapat diatasi, lakukan perawatan di rumah. Saat terjadi demam dan nyeri, penderita dapat diberikan parasetamol. Selain  itu sebaiknya banyak minum air putih agar tidak kekurangan cairan tubuh.

Namun, bila gejala demam berdarah ini sudah parah diperlukan perawatan medis oleh dokter, sehingga gejala dapat dihilangkan dan komplikasi penyakit lain yang berbahaya dapat dicegah. Dengan demikian risiko kematian pun bisa diminimalisir.

Demikianlah ulasan tentang gejala demam berdarah, ciri, gejala, pengobatan dan tindakan cepat untuk mengatasinya. WeCare.id menghimbau kita untuk dapat  menyumbangkan sedikit dana bagi sesama yang menderita bermacam penyakit. Yuk,  donasi bisa dilakukan sebesar Rp1.000 saja di WeCare.id. Jangan lupa, unduh aplikasinya di App Store atau Google Play , ya.

Klik Untuk Donasi - Kurban Online BAZNAS
Kurban Online BAZNAS

Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.2,600,000
  2. Pencapaian 4.50%
  3. Donatur 4

Referensi :

dr. Fitrina Aprilia (2020),  Demam Berdarah. Diakses pada 26/5/2021, dari link https://www.halodoc.com/kesehatan/demam-berdarah

dr. Rizal Fadli (2021), 5 Gejala DBD yang tak boleh diabaikan. Diakses pada 26/5/2021, dari link https://www.halodoc.com/artikel/5-gejala-dbd-yang-tak-boleh-diabaikan.

Sumber Foto: Pixabay

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *