Neuralgin Pereda Nyeri: Manfaat dan Dosis Pemakaian

Neuralgin Pereda Nyeri: Manfaat dan Dosis Pemakaian

Merasa asing dengan neuralgin? Obat satu ini ternyata dikenal memiliki fungsi sebagai obat pereda nyeri. Di apotek atau toko obat kamu akan menjumpai varian Neuralgin RX dan Neuralgin Rhema. Keduanya memiliki fungsi serupa, yakni meringankan rasa nyeri akibat keluhan tertentu.

Sebelum kamu mengonsumsi obat neuralgin, simak lebih dulu manfaat dan dosis pemakaiannya berikut ini.

Klik Untuk Donasi - Nyawa Arkhan Terancam karena Kanker Darah, Yuk Bantu Arkhan Bertahan Hidup!
Leukemia
Arkhan Rizqhi Hasan
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.29,083,000
  2. Pencapaian 42.15%
  3. Donatur 541

Neuralgin Obat Apa?

Mari awali pembahasan ini dengan mencari tahu pengertian neuralgin. Obat ini kerap dipakai sebagai langkah mengobati sakit kepala, sakit gigi, nyeri haid, meredakan demam, dan rasa nyeri lainnya. 

Termasuk kelas obat antinyeri, neuralgin hanya dapat dibeli sesuai resep dokter. Beberapa kondisi nyeri bisa diatasi dengan mengonsumsi neuralgin obat. Selain nyeri ringan seperti yang telah disebutkan tadi, obat ini bisa meredakan nyeri pasca operasi, nyeri sendi, rematik, mialgia, dan kolik ginjal.

Manfaat Neuralgin

Banyak yang tidak tahu apa manfaat obat neuralgin, padahal beberapa kegunaan obat ini sudah umum diketahui.

Harga Neuralgin bisa bervariasi pada tiap apotek. Namun, rentang harga jualnya berkisar antara Rp8.000 sampai Rp21.000. Karena tergolong obat kategori merah, kamu perlu memperhatikan kontraindikasi Neuralgin.

Manfaat neuralgin adalah mengurangi atau meringankan rasa nyeri dari tingkat rendah sampai sedang. Beberapa kegunaan neuralgin antara lain meredakan nyeri gigi, kram perut akibat menstruasi, dan nyeri pasca operasi. 

Namun, tak jarang dokter memberi resep neuralgin untuk mengobati nyeri sendi atau otot. Pasalnya, neuralgin tergolong kelompok obat anti inflamasi non steroid (OAINS). 

Kandungan methampyrone ampuh untuk mengurangi gejala peradangan, antara lain kemerahan, bengkak, dan nyeri. Sedangkan trimenthylxanthine berfungsi sebagai analgesik sehingga rasa nyeri hilang lebih cepat.

Klik Untuk Donasi - Bantu Kesembuhan Bu Ita agar Bisa Kembali Bekerja
Trauma Mata
Warsita
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.922,810
  2. Pencapaian 2.97%
  3. Donatur 32

Kandungan Obat Neuralgin

Dari segi komposisi, terdapat perbedaan kandungan Neuralgin Rhema dan Neuralgin RX. Begini penjelasannya.

Neuralgin Rhema

Zat aktif diklofenak dalam Rhema berperan sebagai anti peradangan. Zat tersebut juga bertugas sebagai analgesik dengan cara menghambat prostaglandin. Produksi enzim cyclooxygenase dibatasi oleh zat tersebut. 

Sementara, Rhema juga merilis vitamin B sehingga membantu menurunkan rasa nyeri yang muncul akibat gangguan saraf, misalnya neuralgia atau neuritis. Secara spesifik, komposisi Neuralgin Rhema 10 Tablet adalah:

  • Natrium diklofenak 50 mg
  • Thiamin HCL 50 mg
  • Cyanocobalamine 10 mcg
  • Kafein 50 mg
  • Pyridoxine HCL 10 mg

Untuk dosis pemakaian bergantung pada usia pasien. Sesudah makan, orang dewasa bisa mengonsumsi 3 kali sehari sebanyak 1-2 kapsul. Untuk anak-anak, konsumsi 3 kali sehari diperbolehkan dengan masing-masing meminum setengah tablet.

Neuralgin RX

Dalam setiap Neuralgin RX 10 kaplet terdapat kandungan methampyron, thiamin HCL, cyanocobalamine, pyriodoxine HCL, dan trimethylxantine. Komposisinya sekilas mirip dengan RX, tetapi dengan sedikit perbedaan pada penyusun komposisi pertama.

Untuk setiap 10 kaplet, Neuralgin RX mengandung:

  • Methampyrone 500 mg
  • Thiamine HCL 50 mg
  • Cyanocobalamine 10 mcg
  • Trimethylxanthine 50 mg
  • Pyridoxine HCL 10 mg

Dosis penggunaannya pun mirip Rhema. Harus dikonsumsi sesuai resep dokter, dewasa bisa meminumnya 3-4 kali sehari, masing-masing sebanyak 1-2 kaplet. Sedangkan anak bisa meminum setengah sampai satu kaplet dengan frekuensi 3-4 kali sehari. 

Kontraindikasi Neuralgin

Penderita ulkus peptikum, bronkospasme, alergi urtikaria dan rinitis akibat asetosal, serta ibu hamil dan menyusui tidak bisa meminum obat ini. Aturan serupa berlaku pula bagi anak berusia di bawah 14 tahun. 

Penderita yang hipersensitif pada methampyron, memiliki riwayat penyakit jantung, asma, arteri perifer, gagal jantung kongestif, dan tukak lambung juga tidak disarankan mengonsumsi obat ini.

Dengan pemaparan di atas kamu tentu tahu bahwa pemakaian neuralgin harus di bawah pengawasan dokter. Sekalipun obat ini mudah dijumpai di apotek, tetap perlu resep dokter untuk perawatannya. 

Baca juga manfaat dari Ambroxol berikut.

Setelah memahami manfaat neuralgin, kini waktunya kamu membantu pasien tidak mampu yang menderita penyakit berbahaya. Download aplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store sekarang juga. 

Bersama WeCare.id, menggalang dana untuk pasien yang membutuhkan ternyata semudah ini. Yuk, mulai donasi pertamamu!

Referensi

Klikdokter. (2015). Amankah Neuralgin untuk Meredakan Nyeri Otot? Klikdokter.com.

Redaksi DokterSehat. (2020). Neuralgin: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping. DokterSehat.com.