Ambroxol Obat Apa? Yuk, Kenali Kegunaannya!

Ambroxol Obat Apa? Yuk, Kenali Kegunaannya!

Ambroxol Hydrochloride atau Ambroxol merupakan salah satu obat yang diresepkan dokter untuk membantu mengencerkan dahak. Penggunaan obat ini tidak terbatas hanya pada pasien dengan keluhan batuk berdahak, tetapi juga beberapa gangguan pernapasan lainnya akibat produksi dahak berlebihan.

Klik Untuk Donasi - Bantu Tenaga Medis Melawan Covid-19!
  1. Terdanai Rp.4,654,700
  2. Pencapaian 0.47%
  3. Donatur 89

Daftar isi:

  1. 1. Kegunaan Ambroxol
  2. 2. Dosis Ambroxol
  3. 3. Efek Samping Ambroxol

Kegunaan Ambroxol

Dahak merupakan lendir yang diproduksi oleh paru-paru dan tenggorokan untuk melembapkan sekaligus melindungi saluran pernapasan dari benda asing maupun infeksi. Hal ini menjadi penyebab seseorang yang menderita batuk maupun gangguan saluran pernapasan lainnya juga kerap mengeluarkan dahak.

Pada beberapa kasus, penderita mengeluhkan dahak yang sulit dikeluarkan. Dokter biasanya akan meresepkan Ambroxol HCl sehingga dahak lebih encer dan mudah dikeluarkan. 

Ambroxol sendiri merupakan obat golongan mukolitik yang berfungsi untuk mengencerkan dahak yang banyak dan kental sampai menyumbat saluran pernapasan. Mengonsumsi obat ini akan membantu pengeluaran lendir berlebih saat batuk sehingga penderita beberapa kondisi seperti berikut lebih mudah bernapas.

Batuk? Sulit bernafas? Hati-hati derita penyakit paru-paru basah!

Bronkitis

Bronkitis merupakan radang yang terjadi pada bronkus (saluran utama pernapasan yang membawa udara dari dan menuju paru-paru) karena infeksi virus. Gejala bronkitis antara lain batuk, sesak napas, sakit tenggorokan, nyeri dada, hingga penurunan kesadaran.

Emfisema

Emfisema merupakan penyakit kronis akibat rusaknya alveolus (kantong udara pada paru-paru) dengan penyebab utamanya adalah paparan zat di udara yang mengiritasi paru-paru dalam kurun waktu lama. Gejala emfisema antara lain batuk, cepat lelah, napas menjadi pendek, jantung berdebar lebih kencang, penurunan berat badan, bibir dan kuku menjadi kebiruan, hingga depresi.

Bronkiektasis

Bronkiektasis merupakan kondisi yang menyebabkan bronkus melebar, melembek, dan menebal secara tidak normal sehingga rusak permanen. Hal ini membuat paru-paru sulit membersihkan lendir. Gejala bronkiektasis antara lain batuk berdahak terus-menerus, sesak napas, mengi, nyeri dada, batuk darah, nyeri di persendian, dan clubbing fingers.

Klik Untuk Donasi - Keluar Darah dari Hidung dan Telinganya, Cantika Alami Kelainan Darah Langka
Bernard Soulier Syndrome (BSS)
Cantika Aura Putri
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.1,319,000
  2. Pencapaian 1.43%
  3. Donatur 42

Dosis Ambroxol

Ambroxol termasuk dalam kategori obat keras sehingga harus menggunakan resep dokter. Dosis yang diberikan kepada setiap pasien boleh jadi berbeda-beda sesuai dengan kondisi yang dialami dan bentuk obat. Secara umum, berikut adalah takaran konsumsinya.

Dosis Ambroxol Dewasa

Dosis untuk ambroxol tablet adalah 30 hingga 120 mg sebanyak 2 sampai 3 kali per hari. Sementara itu, dosis Ambroxol syrup adalah 10 ml sebanyak 2 kali per hari.

Dosis Ambroxol Anak

Dosis untuk ambroxol tablet anak cukup bervariasi seperti berikut.

  • Umur < 2 tahun : 7,5 – 15 mg sebanyak 2 kali per hari
  • Umur 2-5 tahun : 7,5 – 15 mg sebanyak 1 kali per hari
  • Umur 6-12 tahun : 15 – 30 mg sebanyak 1-2 kali per hari
  • Umur >12 tahun : sama seperti dosis dewasa

Sementara itu, dosis Ambroxol sirup bagi kelompok anak adalah seperti berikut.

  • Umur 2-5 tahun : 2,5 ml sebanyak 2-3 kali per hari
  • Umur 6-12 tahun : 5 ml sebanyak 2 – 3 kali per hari

Klik Untuk Donasi - Aisyah Alami Memar dan Lebam Akibat Kanker Darah
Leukemia
Aisyah Putri
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.1,714,999
  2. Pencapaian 19.88%
  3. Donatur 36

Efek Samping Ambroxol

Penggunaan ambroxol secara umum dapat menimbulkan beberapa efek samping ringan seperti diare, sakit maag, sakit perut, mual dan muntah, ruam kemerahan pada kulit, perut kembung, bibir maupun tenggorokan kering, dan lidah terasa kelu. Adapun penggunaan Ambroxol yang diarengi penggunaan antibiotik (doxycycline, cefuroxime, dan erythromycin) dapat meningkatkan risiko efek samping.

Hidup sehat merupakan harapan setiap orang. Namun, tidak semua individu beruntung mendapat kesempatan tersebut sehingga harus menjalani hari-hari dengan cara yang sama sekali jauh dari kondisi normal.

WeCare.id mengajak kamu untuk berbagi kebaikan melalui donasi secara online. Cukup download aplikasi WeCare.id yang tersedia di ponselmu, kamu bisa berdonasi di mana saja dan kapan saja. Yuk, berbagi kebahagiaan dengan saudara-saudara lain yang lebih membutuhkan! 

download_app

Referensi

Hadiyanti (2020). Ambroxol. gooddoctor.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *