Kapan Haji 2022 Diselenggarakan Beserta Biaya yang Diperlukan?

Kapan Haji 2022 Diselenggarakan Beserta Biaya yang Diperlukan?

Maka banyak orang yang bertanya-tanya haji 2022 kapan + biaya haji 2022 agar dapat mengetahui kisaran biaya yang dibutuhkan untuk mewujudkan impian beribadah ke Mekkah. Di Indonesia sendiri, tak hanya perihal biaya yang perlu diperhatikan, namun juga ada daftar antrean haji yang perlu ditunggu. Hal ini berbeda dengan umrah yang dapat dilakukan kapan saja tanpa harus menunggu daftar antrian.

Melaksanakan ibadah haji merupakan rukun islam yang kelima dan wajib hukumnya bagi umat muslim yang secara fisik dan finansial mampu untuk melakukannya setidaknya sekali seumur hidup. Mengingat pada tahun sebelumnya, umat Muslim belum bisa melaksanakan ibadah haji karena masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Wakaf Pembangunan Kelas MTs Pondok Quran Bandung

Daftar isi:

  1. 1. Kapan haji 2022 diselenggarakan?
  2. 2. Berapa biaya haji 2022?

Kapan haji 2022 diselenggarakan?

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi menyampaikan melalui kanal Youtube Kemenlu RI bahwa pemerintah Arab Saudi telah mengumumkan dibukanya keberangkatan haji untuk jemaah internasional.

Memang sudah dua tahun ini pemerintah Arab Saudi tidak membuka umrah maupun haji untuk jemaah internasional di tengah pandemi Covid-19. Akibat tertundanya pelaksanaan ibadah haji pada 2 tahun belakangan, yakni di tahun 2020 dan 2021, hal ini menyebabkan daftar tunggu calon jemaah haji semakin bertambah.

Namun, untuk pelaksanaan ibadah haji 2022 mendatang, saat ini masih belum ada kejelasan. Kementerian Agama (Kemenag) masih menunggu undangan dari Pemerintah Arab Saudi untuk membahas dan menandatangani nota kesepahaman (MoU) terkait pelaksanaan Ibadah Haji tahun 1443 Hijriah atau tahun 2022.

Meskipun demikian, saat ini Kemenag tengah mempersiapkan penyelenggaraan ibadah haji di tahun depan. Mulai dari persiapan kebijakan dan standar layanan, seperti akomodasi, konsumsi, serta transportasi menyesuaikan dengan protokol kesehatan di Arab Saudi.

Berapa biaya haji 2022?

Sedangkan untuk besaran biaya haji 2022 mendatang, secara rutin Kemenag memperbarui biaya haji setiap tahunnya. Saat ini belum diumumkan secara resmi mengenai biaya haji 2022, sebab Kemenag masih dalam proses penyusunan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (Bipih) 1443 Hijriah serta mendata jemaah yang telah melunasi biaya haji 2022 nanti.

Sementara itu pada pelaksanaannya, ibadah haji terbagi menjadi Haji Reguler dan Haji Plus (Haji Khusus). Haji reguler merupakan program haji yang diselenggarakan oleh Pemerintah RI melalui Kemenag, sedangkan Haji Plus adalah program haji yang diselenggarakan oleh pihak swasta yang berada dalam pengawasan Kemenag.

Untuk mereka yang memiliki kemampuan finansial lebih baik dan ingin melaksanakan ibadah haji, maka dapat memilih program Haji Plus dengan masa antrean yang lebih cepat. Untuk kisaran biayanya dapat merujuk pada Keputusan Presiden (Keppres) tahun 2021 mengenai Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) untuk haji plus yakni USD 8.500 – USD 9.000 atau sekitar Rp121 juta – Rp128 juta. 

Sedangkan untuk biaya haji 2022 untuk program reguler hanya berkisar Rp35 jutaan. Bila dibandingkan, harga haji plus memang 3 kali lipat lebih mahal dibandingkan dengan biaya haji reguler. Namun masa antreannya akan lebih cepat sekitar 5-7 tahun dibandingkan dengan haji reguler yang bisa mencapai belasan tahun.

Besarnya biaya haji tersebut belum termasuk biaya perlengkapan haji, pembuatan paspor, maupun dokumen pendukung perjalanan lainnya, acara di luar program, kelebihan bagasi, pengeluaran pribadi, biaya vaksin meningitis, serta biaya denda prosesi haji.

Setelah 2 tahun tidak menerima jamaah haji internasional akibat pandemi Covid-19, kini kita dapat berharap pelaksanaan ibadah haji dapat berjalan normal di tahun depan. Maka dengan artikel ini diharapkan kita dapat mengetahui haji 2022 kapan + biaya haji 2022 yang perlu dipersiapkan. Sambil menunggu keputusan resmi dari Kemenag RI mengenai haji 2022, kita dapat membantu pasien yang kurang beruntung dan membutuhkan uluran tanganmu untuk biaya pengobatan mereka. Caranya mudah kok, kamu bisa download aplikasi WeCare.id di Google Play maupun App Store agar bisa berdonasi kapan saja dan di mana saja.

Klik Untuk Donasi - Indonesia Siap Siaga
  1. Terdanai Rp.220,000
  2. Pencapaian 0.44%
  3. Donatur 27

Referensi:

  • Liputan6.com. (2021). Mulai Dibuka 2022, Terjadi Antrean Panjang Jemaah Calon Haji dari Indonesia. Diakses pada 8 Desember 2021, dari https://www.liputan6.com/news/read/4720744/mulai-dibuka-2022-terjadi-antrean-panjang-jemaah-calon-haji-dari-indonesia
  • Kontan.com. (2021). Soal pelaksanaan haji tahun depan, ini kata Menteri Agama. Diakses pada 8 Desember 2021, dari https://newssetup.kontan.co.id/news/soal-pelaksanaan-haji-tahun-depan-ini-kata-menteri-agama

Sumber Featured Image : Windi Setyawan on Unsplash