Meningitis; Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati

Meningitis; Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati

Penyakit meningitis adalah penyakit yang ditandai dengan meradangnya selaput meninges yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang. Biasanya disebabkan oleh virus atau bakteri. Radang selaput otak atau meningitis memang tidak berbahaya dan bisa sembuh sepenuhnya, namun dalam beberapa kasus penyakit ini bisa fatal dan menyebabkan lumpuh hingga kematian. Penyakit ini bisa diderita oleh semua kalangan baik dewasa, lansia, maupun anak-anak, lebih spesifiknya meningitis lebih sering menyerang orang dengan kekebalan tubuh yang rentan. 

Lalu bagaimana gejala penyakit meningitis? Bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasan berikut ini:

Daftar isi:

  1. 1. Mengenal Meningitis; Gejala dan Penyebab
  2. 2. Pengobatan dan Penanganan Meningitis

Klik Untuk Donasi - Menderita Meningitis, Nadhira Membutuhkan Bantuanmu!
Meningitis
Nadhira Azmi Falisha
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.7,611,092
  2. Pencapaian 13.28%
  3. Donatur 19

Mengenal Meningitis; Gejala dan Penyebab

Gejala meningitis cenderung variatif, hal ini dikarenakan banyaknya faktor yang dapat mempengaruhi. Faktor-faktor tersebut adalah usia, tingkat keparahan penyakit dan tipe meningitis. Meski begitu, meningitis memiliki beberapa gejala yang umum diderita. Berikut adalah gejala-gejala tersebut :

  1. Demam tinggi
  2. Leher kaku
  3. Sakit kepala berat
  4. Kejang
  5. Sensitif terhadap cahaya
  6. Mual atau muntah
  7. Sulit berkonsentrasi atau kebingungan
  8. Ruam
  9. Nafsu makan berkurang

Selain gejala di atas ada beberapa gejala lain yang mungkin dialami oleh penderita seperti denyut jantung dan napas cepat, kelesuan dan merasa takut terhadap suara keras. 

Pemeriksaan awal atau anamnesa yang dilakukan oleh ahli medis atau dokter seringkali menemukan beberapa riwayat penyakit pada penderita meningitis.  Riwayat penyakit tersebut adalah otitis, sinusitis, pneumonia dan gondongan atau parotitis.

Penyebab meningitis dapat dibedakan menjadi empat tipe, berikut adalah tipe tipe penyebab meningitis:

Klik Untuk Donasi - Bantu Adik Jawidah Sembuh dari Radang Selaput Otak
Tuberkulosis Meningitis
Jawidah Athifha Sinaga
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.612,000
  2. Pencapaian 5.72%
  3. Donatur 9

Meningitis Bacterial

Disebabkan oleh bakteri, meningitis jenis ini dapat menular. Bakteri penyebab nya seperti bakteri listeria monocytogenes dapat ditemukan pada buah dan sayur mentah, Haemophilus Influenzae, Neisseria Meningitis, Streptococcus Pneumoniae dan Staphylococcus Aureus.

Meningitis virus

Disebabkan oleh virus, meningitis jenis ini tergolong ringan dan dapat pulih sendiri. Virus yang menyebabkan meningitis seperti herpes simplex, mumps, west nile, dan HIV. Pola penyebaran virus virus tersebut juga bervariasi tergantung jenis virusnya.

Meningitis Jamur

Meningitis oleh jamur biasanya jarang ditemukan, karena meningitis jenis ini hanya akan menyerang yang memiliki imun lemah. Jenis jamur yang dapat mengakibatkan meningitis adalah cryptococcus, blastomyces, histoplasma, dan coccidioides yang biasa ditemukan pada kotoran hewan (burung & kelelawar).

Meningitis Parasit

Parasit penyebab meningitis tidak disebarkan melalui kontak langsung. Parasit yang menyebabkan meningitis biasanya terdapat pada hewan yang dikonsumsi atau menjangkiti penderita saat berenang atau kontak lain. Meningitis jenis ini jarang ditemukan, namun memiliki resiko paling tinggi dan bisa berakibat fatal.

Meningitis Pada Anak

Anak-anak dengan sistem imun yang lemah tergolong rentan terjangkit penyakit meningitis. Gejalanya sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan gejala meningitis pada orang dewasa. Tapi meningitis pada anak lebih beresiko fatal. Meningitis pada anak bisa mengakibatkan kebutaan, tuli, kesulitan bicara, gangguan perkembangan, kejang, penurunan fungsi otak, lumpuh, bahkan kematian. Itu sebabnya meningitis pada anak perlu diwaspadai.

Resiko-resiko tersebut tergantung pada jenis penyebab, tingkat keparahan, hingga kecepatan dan ketepatan pada penanganan. Jadi segeralah pergi ke dokter ketika anak mengalami gejala penyakit meningitis.

Klik Untuk Donasi - Lahir Prematur tanpa Bantuan Tenaga Medis. Kenzie Butuh Pertolongan Segera
Inkompatibilitas ABO, Meningitis Ne...
Kenzie Mahardika Putra
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.14,697,451
  2. Pencapaian 51.12%
  3. Donatur 315

Pengobatan dan Penanganan Meningitis

Tapi kamu tidak perlu khawatir, meningitis pada anak bisa dicegah dengan pemberian suntik vaksin. Vaksin pada anak untuk mencegah penyakit meningitis biasa disebut imunisasi PCV (Pneumococcal Conjugate Vaccine) 

Tidak hanya meningitis, Imunisasi PCV juga bertujuan untuk mencegah penyakit radang paru (pneumonia), dan infeksi bakteri pada anak. Sebaiknya imunisasi PCV dilakukan saat bayi mulai berumur 2 bulan dan dilakukan 3 kali dengan rentang waktu 4-8 minggu. Biasanya posyandu terdekat atau dokter anak akan memberikan daftar biaya dan syarat-syarat suntik meningitis serta jadwal pemberian suntik vaksinnya. Biayanya berbeda-beda, tergantung fasilitas kesehatan yang kamu datangi. Sekarang juga sudah banyak cara untuk daftar online suntik meningitis, jadi tidak ada alasan untuk tidak melakukan vaksin.

Pada orang dewasa, vaksin meningitis biasa diberikan pada calon jamaah Haji, karena termasuk persyaratan untuk dapat melakukan perjalanan. 

Berikut ulasan penyakit meningitis beserta gejala, penyebab, dan cara mengobati. Penyakit ini tergolong penyakit menular. Sebaiknya jauhkan anak dari kontak pasien meningitis. Jika anak mengalami satu atau lebih gejala meningitis yang telah disebutkan sebelumnya, ada baiknya kamu segera mencari pertolongan medis. 

Kita juga bisa membantu teman-teman yang mengalami penyakit hati melalui WeCare.id, download aplikasi WeCare.id di ponselmu sekarang!

download_app

Referensi:

dr. Merry Dame Cristy Pane (2020, 9 April). Penyebab Meningitis. Alodokter.com.

dr. Gisheila Ruth Anggitha (2019). Diagnosis meningitis. Alomedika.com.