5 Tips Agar Tetap Aman Travelling di Tengah Pandemi

5 Tips Agar Tetap Aman Travelling di Tengah Pandemi

Pandemi Covid-19 masih belum berakhir meski sudah banyak orang yang menerima vaksin. Bahkan kini telah muncul varian baru yang disebut Omicron yang tengah diwaspadai. Tentu saja hal ini harus menjadi perhatian penting bagi setiap orang apalagi jika berencana untuk travelling dalam waktu dekat.

Mengingat sudah banyak yang menerima vaksin dan bahkan mendapatkan booster, melakukan perjalanan akan menjadi lebih aman. Aaron E. Glatt, MD (2021) mengatakan bahwa jika kamu sudah mendapat dua dosis vaksin, maka kamu tidak akan memiliki resiko yang tinggi jika melakukan perjalanan sekarang. 

Meski demikian bukan berarti kamu bisa santai karena protokol kesehatan dan berbagai langkah pencegahan tetap harus dilaksanakan. Hal ini sangatlah penting untuk mencegah tertular dan menularkan virus berbahaya ini.

Jika kamu akan traveling dalam waktu dekat, maka kamu perlu 5 tips berikut ini untuk memastikan perjalananmu tetap aman dan mengurangi risiko tertular Covid-19.

Bangun Rumah dan Sekolah Yatim dan Dhuafa

Daftar isi:

  1. 1. Ketahui Tingkat Covid-19 di Tempat Asal dan Tujuan
  2. 2. Lakukan Tes Saat Bepergian atau Travelling
  3. 3. Pilih Moda Transportasi untuk Travelling
  4. 4. Berhati-hatilah Saat Makan di Luar
  5. 5. Hindari Ruangan Tertutup yang Penuh Orang

Ketahui Tingkat Covid-19 di Tempat Asal dan Tujuan

Sebelum memutuskan untuk bepergian, cari tahu dulu seberapa banyak angka kasus dan penularan di kota tempat tinggalmu dan tempat tujuan. Meskipun jika kamu sudah mendapatkan vaksin penuh, kamu masih akan berisiko tertular Covid-19 jika angka kasus di kotamu atau di kota yang akan kamu kunjungi tinggi. 

Vaksin sangatlah baik dalam melindungi tubuh dari bahaya Covid-19, tapi risiko tertular tetap ada. Sejumlah kecil orang yang sudah divaksin bahkan tetap dapat terinfeksi. Jika kota yang kamu kunjungi memiliki angka Covid-19 yang tinggi, maka besar kemungkinan kamu akan tertular di sana.

Lakukan Tes Saat Bepergian atau Travelling

Jika kamu atau orang yang sedang bepergian denganmu belum mendapatkan vaksin, maka jangan lupa untuk melakukan tes Covid-19 satu hingga tiga hari sebelum kamu berangkat. Langkah ini bermanfaat untuk mengurangi kemungkinan kamu tanpa sadar membawa virus ke tempat tujuan atau saat kembali ke rumah.

Beberapa tempat tujuan internasional mewajibkan pengunjung untuk melakukan tes sebelum berkunjung bahkan jika sudah menerima vaksin. Mereka juga wajib melakukan karantina selama 7 hingga 10 hari, tergantung peraturan di masing-masing wilayah.

Pilih Moda Transportasi untuk Travelling

Selanjutnya, tentukan moda transportasi yang akan kamu gunakan selama traveling. Jika kamu belum menerima vaksin, maka pilihan terbaik adalah mengemudi mobil sendiri terutama jika tempat tujuannya dekat. 

Bepergian menggunakan pesawat terbang juga terbilang aman sekarang karena setiap penumpang diwajibkan memakai masker. Jika kamu tidak divaksin, pastikan untuk tetap duduk di tempat sebanyak mungkin selama bepergian dan pastikan untuk selalu memakai maskermu. 

Klik Untuk Donasi - Sering Kejang akibat Penumpukan Cairan di Kepala, Zaka Butuh Bantuan untuk bisa Berobat!
Hidrosefalus
Zaka Arbiansyah
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.1,075,000
  2. Pencapaian 40.76%
  3. Donatur 30

Berhati-hatilah Saat Makan di Luar

Seperti yang dilansir dari Everyday Health, makan di restoran atau rumah makan masih belum aman. Jadi, para ahli menyarankan agar mereka yang bepergian untuk makan di luar ruangan atau pesan makanan dan dibawa pulang. 

Meski kamu sudah divaksinasi, hindari makan di dalam restoran terutama di kota dengan tingkat Covid-19 yang tinggi. Namun jika angka Covid konsisten rendah selama beberapa periode atau pada angka 0, maka kamu sudah bisa menikmati makan di dalam restoran lagi.

Hindari Ruangan Tertutup yang Penuh Orang

Meski sudah banyak yang menerima vaksin, kamu tidak pernah tahu siapa yang divaksin atau menderita Covid-19 saat berada di tempat umum. Jadi, akan lebih aman jika kamu menjauhi tempat umum atau ruang tertutup yang dipadati banyak orang.

Akan lebih baik jika kamu berkunjung ke tempat terbuka dan yang tidak dipadati pengunjung untuk mengurangi kemungkinan tertular virus. Selain itu, pastikan untuk selalu menjaga protokol kesehatan akan tetap aman dan selamat selam traveling.

Pandemi Covid-19 masih belum berakhir dan kamu harus tetap waspada setiap hari. Hingga kini, masih banyak masyarakat terdampak Covid-19 yang membutuhkan bantuan. Bantuan setiap orang sangatlah dibutuhkan dalam mengatasi Pandemi.

WeCare membuka donasi untuk melawan Covid-19. Ulurkan bantuan kamu melalui aplikasi WeCare yang bisa kamu unduh di Google Play atau App Store.

Resources:

https://www.everydayhealth.com/coronavirus/tips-for-traveling-during-the-covid-19-aandemic/

Sumber Featuring Image : Jan Vašek dari Pixabay