Penggunaan Masker pada Usia Balita

Penggunaan Masker pada Usia Balita

Di tengah pandemi Covid-19 yang telah berlangsung lebih dari setahun ini, masker menjadi hal yang sangat familiar bagi kita. Setiap kali kita hendak meninggalkan rumah, kita perlu memastikan masker terpasang pada wajah kita. Hal ini kita lakukan untuk mencegah dan mengurangi penyebaran Covid-19. Namun, ketika upaya pencegahan Covid-19 ini diterapkan kepada balita, muncul beberapa pertanyaan: Apakah penggunaan masker aman untuk balita? Bagaimana penggunaan pemakaian yang baik dan benar?

Bantu Lindungi Tenaga Medis dengan Donasi Masker!

Definisi Balita

Balita merupakan fase pertumbuhan transisi antara fase bayi dan fase prasekolah. Seorang anak disebut balita jika usianya berada pada rentang 1-3 tahun. Pada fase balita, perkembangan fisik dan motorik anak akan melambat. Meskipun demikian, kita dapat melihat perkembangan besar pada aspek sosial, intelektual, dan emosinya (American Academy of Pediatrics, 2009).

Cara Kerja Masker

Penyebaran Covid-19 terjadi melalui tetesan pernapasan (droplet) yang diproduksi ketika orang yang terinfeksi virus Covid-19 berbicara, bernyanyi, bersin, atau batuk. Masker menahan tetesan pernapasan itu agar tidak menular ke orang lain. Ketika kita menggunakanya, tetesan pernapasan kita akan tertahan oleh masker. Masker juga mencegah pemakainya dari menghirup tetesan pernapasan orang yang terinfeksi sehingga ia tidak terinfeksi (UNICEF, 2020). Jadi, masker mencegah kita menularkan suatu penyakit kepada orang lain dan, sekaligus, mencegah orang lain menularkan suatu penyakit kepada kita.

Kontra Penggunaan Masker pada Balita

Menurut World Health Organization, anak di bawah umur lima tahun tidak seharusnya diwajibkan untuk memakai masker (WHO, 2020). Bahkan, UNICEF mengatakan bahwa, secara umum, anak yang berumur lima tahun atau di bawahnya tidak boleh memakai masker. UNICEF memberikan saran ini berdasarkan pertimbangan atas aspek keselamatan anak (UNICEF, 2020). Pada fase balita, saluran pernapasan anak masih kecil. Penggunaan masker pada balita dapat membuatnya kesulitan bernapas (Siyahailatua, 2020). 

Kapan Balita Dapat Mengenakan Masker

Meskipun penggunaan masker pada balita tidak dianjurkan, jika satu keadaan tertentu mengharuskan anak balita kita menggunakan masker, kita dapat memakaikannya masker. Namun, hal ini harus dilakukan dengan pengawasan kita. Kita harus memerhatikan apakah mereka nyaman ketika menggunakan masker. Sebagai contoh, jika anak balita kita dekat dengan seseorang yang sakit, kita dapat mengenakan masker padanya dengan tetap memerhatikan kenyamanannya. Jika mereka terindikasi terinfeksi — atau terkonfirmasi terinfeksi — virus Covid-19 atau memiliki kondisi kesehatan tertentu, kita juga dapat mengenakan masker pada mereka.

Menggunakan Tipe Masker yang Tepat

Hal yang harus diperhatikan ketika hendak memakaikan masker kepada anak balita adalah tipe masker. Masker terbuat dari bahan yang berbeda-beda dan memiliki fungsi serta tingkat efektifitas yang berbeda-beda juga. Di antara tipe-tipe masker yang beredar adalah masker KN95, masker N95, masker medis, dan masker kain.

Pemlihan tipe masker berpengaruh kepada kenyamanan balita kita dalam menggunakan masker. WHO menyarankan penggunaan masker kain untuk anak kecuali jika anak memiliki masalah kesehatan tertentu, memiliki gejala — atau terkonfirmasi tertular — Covid-19, atau berada dekat orang sakit. Pada keadaan-keadaan khusus tersebut, anak dianjurkan untuk menggunakan masker medis.

Cara Menggunakan Masker pada Balita

Ketika hendak memakaikan masker pada balita, kita harus memastikan bahwa mereka mengenakannya dengan benar. Kita harus memastikan bahwa maskernya menutupi bagian mulut, hidung, dan dagunya. Mereka juga harus dapat bernapas dengan nyaman. Hal ini harus kita perhatikan baik-baik karena balita belum bisa berkomunikasi dengan baik sehingga orang tualah yang harus memastikan kenyamanan mereka. Lengah dalam hal ini dapat membahayakan anak balita kita.

Itulah hal-hal yang harus kita perhatikan ketika kita hendak memakaikan masker pada anak balita kita. Yuk, bantu tenaga medis melawan Covid-19 dengan berdonasi masker melalui WeCare.id! Kamu juga dapat berdonasi melalui aplikasi WeCare.id, loh! Download aplikasinya di Google Play Store atau App Store! 

Klik Untuk Donasi - Bangun Rumah dan Sekolah Yatim dan Dhuafa
  1. Terdanai Rp.269,000
  2. Pencapaian 0.02%
  3. Donatur 31

Daftar Pustaka

American Academy of Pediatrics. (2009, Desember 9). Ages & Stages. Retrieved from Healthy Children: https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/Pages/default.aspx

Siyahailatua, S. E. (2020, April 14). Demi Cegah Corona, Perlukah Bayi dan Balita Pakai Masker? Retrieved from Tempo: https://gaya.tempo.co/read/1331179/demi-cegah-corona-perlukah-bayi-dan-balita-pakai-masker/full&view=ok

UNICEF. (2020, September 10). Everything You Need to Know about Children and Mask Use. Retrieved from UNICEF: https://www.unicef.org/rosa/stories/everything-you-need-know-about-children-and-mask-useWHO. (2020, Agustus 21). Coronavirus disease (COVID-19): Children and masks. Retrieved from World Health Organization: https://www.who.int/news-room/q-a-detail/q-a-children-and-masks-related-to-covid-19

Sumber Featured Image : Leo Fontes dari Pixabay 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *