Pentingnya Penggunaan Masker, Cara Kerja, Tipe Masker Kain Terbaik

Pentingnya Penggunaan Masker, Cara Kerja, Tipe Masker Kain Terbaik

Sumber foto: pexels.com

Sudah lebih dari satu tahun kita harus hidup berdampingan dengan virus COVID-19. Karenanya, penggunaan masker tidak bisa lepas dalam kehidupan sehari-hari. Kamu juga gak harus menggunakan masker bedah kok karena masker kain cukup mampu melindungi. Nah karena pemakaian masker ini sangat penting, pelajari cara kerja dan tipe masker kain terbaik di bawah ini.

Daftar isi:

  1. 1. Fakta Pentingnya Penggunaan Masker
  2. 2. Cara Kerja Masker Kain
  3. 3. Tipe Masker Kain Terbaik

Klik Untuk Donasi - Bantu RSCM Kiara Bangun Lantai Khusus Covid-19
  1. Terdanai Rp.109,237,467
  2. Pencapaian 9.46%
  3. Donatur 136

Fakta Pentingnya Penggunaan Masker

Sebab vaksin Corona masih belum merata diterima oleh setiap orang, maka pencegahan menjadi langkah terbaik agar tidak terpapar virus ini. Masker kain wajah cukup melindungi kita dari penularan. Beberapa hal lain yang perlu kamu tahu adalah pertama, menggunakan masker tidaklah berbahaya.

Mungkin kamu pernah mendengar bahwa dengan memakai masker kain, bisa beresiko keracunan karbondioksida. Hal ini adalah salah. Faktanya, tidak pernah ditemukan kasus nyawa terancam dikarenakan penggunaan masker bahkan hingga berlapis.

Namun perlu diingat bahwa maksimal penggunaan masker ini adalah empat jam. Karenanya, selalu simpan masker pengganti apabila masker sebelumnya sudah dipakai selama empat jam. Lebih lanjut, gunakan masker yang mampu menutupi hidung, dagu, dan mulut secara sempurna.

Cara Kerja Masker Kain

Masker kain cukup efektif melindungi kita dari virus COVID-19. Walaupun begitu, masker kain masih mudah ditembus virus ini dibandingkan masker bedah. Karena itu sebaiknya ganti empat jam sekali. Setelah dipakai selama empat jam, lepas dan cuci masker tadi.

Dalam memilih masker kain yang tepat, pastikan saat kamu menggunakannya, hidung, dagu, dan kedua sisi wajah tertutup dengan sempurna. Masker kain memiliki beberapa model, diantaranya dengan tali yang diikat ke belakang, atau karet yang dipasang di telinga. 

Pilih kain yang halus. Bahan anti air lebih diutamakan. Pastikan juga bahwa kamu masih bisa bernafas dengan baik saat masker terpasang di wajah. Selanjutnya, selalu cuci tangan sebelum mengenakan masker. Selain itu, jangan sering-sering menurunkan masker ke dagu terutama saat berada di keramaian.

Klik Untuk Donasi - Bantu Tenaga Medis Melawan Covid-19!
  1. Terdanai Rp.6,899,700
  2. Pencapaian 0.69%
  3. Donatur 157

Tipe Masker Kain Terbaik

Dilansir dari Smart Air Filters, ahli dari Cambridge University, ada beberapa jenis bahan kain yang berfungsi baik sebagai pencegahan virus COVID 19 dan bakteri. Beberapa bahan tadi adalah lap dapur, katun, linen, kaus katun, dan sarung bantal.

Jika masker bedah mampu menangkis virus hingga 89 persen, maka lap dapur memiliki efektivitas 73 persen sedangkan kain katun berfungsi hingga 70 persen. Kain linen dan sarung bantal, di lain pihak, efektif menangkal kuman dan virus hingga 62 persen dan 51 persen. Nah jadi tahu kan bahwa kain masker mampu melindungi kita dari virus dan kuman hingga lebih dari 50 persen.

Perlukah memakai masker kain hingga berlapis? Kain dobel memang lebih efektif menangkal penyakit, tapi kita juga perlu mempertimbangkan kenyamanan saat memakainya. Masker berlapis seperti ini biasanya membuat si pemakai pengap atau kesulitan bernapas. 

Apabila memang ingin menggunakan masker kain dobel, bahan yang paling nyaman adalah kaus katun dan katun sarung bantal yang tidak mudah melar. Selain menggunakan masker, jaga juga kesehatan dengan makan makanan bergizi serta sebisa mungkin menghindari keramaian.

Jadi, jangan ragu untuk menggunakan masker kain. Dengan efektivitas lebih dari 50 persen, kita masih aman dari paparan virus, kuman, dan bakteri. Perhatikan juga kebersihan masker kamu ya

Selain memilih masker yang tepat guna mencegah penularan COVID-19, ada banyak tips kesehatan lain yang akan membantu kamu. Caranya, unduh aplikasi WeCare.id di ponselmu, karena di sini, kamu bakal dapetin banyak sekali info seputar kesehatan, kecantikan, dan donasi untuk menolong sesama. Yuk kunjungi WeCare.id sekarang!

download_app

Referensi

dr. Meva Nareza. 27 Mei 2020. AloDokter. Inilah Pilihan Masker untuk Virus Corona

Seremonia. 05 Maret 2020. Pentingnya Pengetahuan Seputar Masker Anti Virus Bagi Banyak Orang

Dandy Bayu Bramasta. 23 Juni 2020. Kompas.com. Ayo Disiplin, Berikut Alasan Mengapa Harus Tetap Menggunakan Masker Saat Pandemi Corona

dr. Fitrie Rahayu Sari, Sp.P. Diakses tanggal 12Maret 2021. Efektivitas Penggunaan Masker Kain dalam Mencegah Covid-19Kompas.com. 03 April 2020. Jenis Bahan Masker Kain Nonmedis Terbaik untuk Cegah Virus Corona

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *