Mudah dan Simpel! Workout 10 Menit Untuk Kamu yang Sibuk

Mudah dan Simpel! Workout 10 Menit Untuk Kamu yang Sibuk

Workout merupakan aktivitas penting untuk kita jalani agar kita tetap sehat secara fisik dan mental. Sayangnya, jadwal kerja yang padat dapat membuat kita sulit untuk meluangkan waktu untuk berolahraga.

Padahal, melakukan olahraga rutin di pagi hari bisa membuat kita lebih bersemangat dalam menjalani hari. Lalu, bagaimana jika tidak punya banyak waktu untuk berolahraga? Tenang, kamu bisa melakukan olahraga 10 menit yang mudah dan menyenangkan. 

Yuk, simak caranya baik-baik!

Jump Rope (3 Menit)

Tahukah kamu? Melakukan skipping dapat membakar kalori lebih banyak dibandingkan dengan jogging selama 30 menit lho. 

Maka dari itu, olahraga ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan. Tidak hanya itu, gerakan pada olahraga ini dapat melatih kamu untuk lebih fokus.

Hal tersebut dikarenakan kamu harus melakukan koordinasi antara gerakan melompat dan juga mengayunkan tali. Nah, sebagai permulaan, kamu bisa mulai skipping selama 3 menit terlebih dahulu. Jika sudah terbiasa, kamu bisa menambah durasi hingga 10-15 menit.

Jumping Jacks (2 Menit)

Gerakan workout selanjutnya adalah jumping jacks. Cara melakukannya ialah dengan berdiri tegak dan kedua tangan di samping badan.

Kemudian, melompat dengan membuka lebar kaki. Buka juga tangan ke arah samping secara bersamaan. 

Setelah kamu melompat, kembali berdiri ke posisi awal. Lalu, apa sih fungsi dari gerakan ini? Nah, gerakan ini dapat melatih otot-otot tubuh utama. Termasuk perut, kaki, lengan, dada, dan bahu.

Squat (3 Menit)

Sekarang, saatnya melatih otot bagian bawah! Squat bisa menjadi opsi olahraga paling tepat. 

Kamu bisa memulai latihan ini dengan posisi berdiri tegak. Posisikan tangan di samping tangan. Kemudian, berjongkok sampai posisi paha sejajar dengan lantai dan mengangkat kedua tangan ke depan badan.

Plank (1 Menit)

Walaupun gerakan ini terlihat mudah, namun bisa jadi sulit untuk orang yang pertama kali melakukannya. Plank bermanfaat untuk  melatih otot perut.

Selain itu, gerakan ini juga berguna untuk mengurangi rasa nyeri di punggung. Terlebih untuk kamu yang duduk lama di depan komputer atau laptop.

Cara melakukan latihan ini adalah dengan memposisikan badanmu seperti latihan push up. Namun bedanya dalah posisi siku ditekuk 90 derajat. Sementara itu, bagian lengan yang berhadapan langsung dengan lantai berfungsi untuk menumpu berat badan.

Lakukan posisi ini selama mungkin. Akan tetapi, jika kamu belum terbiasa, kamu cukup melakukannya selama satu menit saja.

Push up (1 Menit)

Jika kamu ingin melatih otot bagian atas, push up bisa menjadi gerakan yang efektif. Tidak hanya itu, dengan gerakan ini, kamu juga dapat melatih otot perut serta meningkatkan metabolisme tubuh dan memicu pembakaran lemak. 

Dengan begitu, rajin melakukan push up juga dapat mencegah perut agar tidak buncit. Sebagai permulaan, kamu bisa melakukan gerakan ini selama satu menit. 

Olahraga merupakan kunci utama memiliki tubuh yang bugar dan ideal. Dengan lima gerakan olahraga yang mudah tadi, kendala waktu tidak lagi menjadi alasan untuk rutin berolahraga setiap hari. 

Dengan rutin berolahraga, kamu bisa menjaga kesehatan jasmani dan rohani. Jika kamu memiliki tujuan untuk menurunkan berat badan atau memiliki tujuan kebugaran tertentu, maka intensitas olahraga dapat ditingkatkan.

Itulah beberapa gerakan workout mudah dan simpel yang bisa kamu lakukan selama 10 menit saja. Dengan berbagai gerakan di atas, kamu bisa rutin berolahraga walau memiliki aktivitas yang padat.

Selain menjaga kesehatan diri dengan rajin berolahraga, mari jaga kesehatan sesama dengan berdonasi di WeCare.id di sini. Berdonasi juga makin mudah dengan aplikasi WeCare.id. Instal aplikasinya di Google Play Store atau App Store, dan kamu bisa berdonasi secara mudah!

Daftar Pustaka

Listerine. Sibuk? Yuk, Workout Hanya 10 Menit Aja!. Diakses melalui https://www.listerine.co.id/artikel/nggak-sempat-olahraga-lakukan-workout-ini-dalam-10-menit , pada 17 Agustus 2021Hellosehat. (2021, 17 Maret). Kiat Sukses Membakar 100 Kalori dalam 10 Menit Setiap Hari. Diakses melalui https://hellosehat.com/kebugaran/kardio/10-menit-cara-membakar-kalori/ pada 17 Agustus 2021

Sumber Featured Image : Sasin Tipchai dari Pixabay