5 Cara Membantu Keluarga Korban Virus Corona

5 Cara Membantu Keluarga Korban Virus Corona

Menjadi salah satu anggota keluarga korban virus Corona atau COVID-19 adalah sebuah ujian yang cukup berat. Selain harus memperhatikan kondisi anggota keluarga yang terpapar, keluarga korban juga dihantui oleh bayang-bayang penularan virus, tertimpa stigma buruk dari orang sekitar, hingga kehilangan sosok pencari nafkah. 

Sebagai sesama manusia, sudah selayaknya kamu ikut membantu para keluarga korban virus COVID-19. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meringankan beban mereka:

Mencukupi Kebutuhan Primer dan Berdonasi

Korban keluarga virus COVID-19 dapat kehilangan sumber penghasilan karena PHK atau meninggalnya sosok pencari nafkah di dalam keluarga. Kamu bisa membantu mereka dengan mencukupi kebutuhan primer seperti sandang, pangan, dan papan. Donasi untuk keluarga korban COVID-19 juga bisa kamu salurkan melalui platform crowdfunding tepercaya WeCare.id.

Kamu juga dapat mengajak rekan-rekanmu untuk turut berdonasi. Semakin banyak uluran tangan, ujian ini akan semakin mudah untuk dilewati oleh masyarakat Indonesia.

Klik Untuk Donasi - Bangun Rumah dan Sekolah Yatim dan Dhuafa
  1. Terdanai Rp.486,000
  2. Pencapaian 0.04%
  3. Donatur 39

Selalu Memberikan Perhatian

Dukungan yang dibutuhkan oleh keluarga korban bukan hanya dukungan materi, tetapi juga dukungan moril. Kamu bisa memulainya dengan bertanya mengenai apa yang mereka butuhkan. Banyak di antara mereka yang membutuhkan teman untuk curhat agar dapat keluar dari situasi yang sulit ini.

Menggunakan kemajuan teknologi, kamu dapat terhubung dengan keluarga korban. Telepon atau gunakan fitur video call jika mereka membutuhkan kawan. Bantuanmu ini akan sangat berarti bagi mereka.

Tidak Menghakimi

Penderita virus COVID-19 kerap dihantui oleh stigma buruk. Seringkali, mereka dianggap sebagai orang yang lalai dalam menjaga kesehatan, tidak mematuhi prokes, dan juga dianggap membawa penyakit berbahaya.

Kita tidak tahu mengapa seseorang bisa terkena virus COVID-19. Nyatanya, ada banyak orang yang terkena virus ini meskipun telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Tidak ada salahnya memberikan saran mengenai gaya hidup sehat dan cara untuk cepat sembuh dari COVID-19. Namun, pastikan kamu tidak menghakimi dan menuduh mereka.

Membantu Pemulihan Korban

Anggota keluarga korban kerap kesulitan memenuhi kebutuhan korban saat isolasi mandiri. Jika ada salah satu saudara atau tetangga yang terkena COVID-19, tanyakan kepada mereka atau kepada anggota keluarga satu rumah mengenai apa yang dibutuhkan. Biasanya, mereka akan membutuhkan suplai makanan, vitamin, dan obat-obatan tertentu.

Kamu bisa menggantungkan makanan dan kebutuhan obat-obatan di pagar rumah, sehingga mereka akan terbantu tanpa harus melakukan interaksi denganmu.

Meringankan Beban Pekerjaan

Jika ada anak buahmu atau rekan kerjamu yang terkena COVID-19, kamu dapat meringankan beban mereka dengan tidak memberikan target pekerjaan yang mengikat. Delegasikan tugas mereka kepada orang lain dan jangan terlalu menekan mereka. Biarkan mereka menjalani masa pemulihan.

Sebagai rekan kerja, kamu dapat membantu dengan melakukan take over pekerjaan mereka, jika kamu mampu. Dunia kerja memang melalui banyak cobaan pada masa pandemi, tetapi dengan empati dan kerja sama yang kuat, semuanya akan terlewati dengan baik.

Dengan memberikan dukungan moril dan materi kepada keluarga korban virus Corona, kamu dapat meringankan beban mereka dan juga membantu menekan kenaikan angka COVID-19. Ulurkan tanganmu kepada sesama melalui donasi di WeCare.id dan unduh platform crowdfunding ini melalui Play Store atau App Store sekarang juga.

Daftar Pustaka:

  1. WHO. (n.d.). #HealthyAtHome – Healthy Diet. 2020. Diakses dari https://www.who.int/campaigns/connecting-the-world-to-combat-coronavirus/healthyathome/healthyathome—healthy-diet

WHO. (n.d.). #HealthyAtHome – Mental health. Diakses dari https://www.who.int/campaigns/connecting-the-world-to-combat-coronavirus/healthyathome/healthyathome—mental-health

Sumber Featured Image : Önder Örtel dari Pixabay 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *