Mau Tahu Cara Mengecek Mental Health yang Benar?

Mau Tahu Cara Mengecek Mental Health yang Benar?

Pernahkah kamu merasa khawatir dengan kesehatan mentalmu karena sering mengalami depresi atau mood swing? Jika itu penyakit fisik biasa, kamu bisa tahu kondisi kesehatanmu dari gejala yang muncul. Bagaimana dengan kesehatan mental atau mental health. Adakah cara mengecek mental health? Dan apa itu mental health?

Apa itu kesehatan mental?

Kesehatan mental mencakup kesejahteraan emosional, psikologis juga sosial seseorang. Mental health mempengaruhi cara seseorang berpikir, merasa, dan bertindak. Tak hanya itu, mental health juga dapat membantu untuk mengetahui bagaimana dia saat menangani stress atau berhubungan dengan orang lain juga saat dia menentukan pilihan yang sehat. Di setiap tahap kehidupan, mulai dari masa kanak-kanakan dan remaja sampai dewasa, kesehatan mental itu penting. 

Mungkin kamu pernah mendengar istilah penyakit mental dan kesehatan mental yang buruk. Apakah keduanya sama? Ternyata meski istilah itu kerap kali digunakan secara bergantian, keduanya berbeda. Seseorang bisa mengalami kondisi kesehatan yang buruk tetapi tidak didiagnosis mengalami penyakit mental. Begitu pula, seseorang yang hasil diagnosisnya menunjukkan mengalami penyakit mental bisa mengalami kesejahteraan baik fisik, mental juga sosialnya.

Mengapa mental health penting untuk kesehatan secara keseluruhan?

Kesehatan mental dan fisik merupakan komponen yang sama-sama penting dari kesehatan secara keseluruhan. Contohnya saja, depresi dapat meningkatkan risiko beragam jenis masalah kesehatan fisik, khususnya kondisi jangka panjang seperti penyakit jantung, diabetes, dan stroke. Sama halnya adanya kondisi kronis dapat meningkatkan risiko penyakit mental.

Bisakah kesehatan mental seseorang berubah dengan berjalannya waktu?

Jawabannya adalah bisa. Penting untuk diingat bahwa seiring waktu kesehatan mental seseorang bisa berubah, bergantung pada banyak faktor. Saat seseorang mendapatkan tuntutan yang melebihi sumber daya serta kemampuannya dalam mengatasinya, kesehatan mental mereka bisa terpengaruh. Contohnya, bila seseorang harus bekerja berjam-jam, kemudian merawat saudara, atau mengalami kesulitan ekonomi, mungkin mereka akan mengalami kesehatan mental yang buruk. Terdapat beberapa cara mengecek mental health agar bisa mengetahuinya secara pasti.

Tanda peringatan dini

Mungkin kamu bertanya-tanya, bagaimana kamu bisa tahu apakah dirimu atau orang-orang yang dekat denganmu mengalami masalah kesehatan mental? Adakah cara mengecek mental health agar kamu bisa mengetahuinya? 

Mengalami satu ataupun lebih perasaan atau perilaku yang berikut ini bisa jadi tanda peringatan dini untuk tahu apakah kamu atau orang-orang terdekatmu mengalami masalah kesehatan mental:

  • Terlalu banyak atau kurang tidur 
  • Merasa mati rasa atau tak berarti
  • Menarik diri dari orang-orang dan aktivitas biasanya
  • Tidak atau kurang bersemangat
  • Merasa tidak berdaya atau putus asa
  • Merasakan rasa sakit dan nyeri yang tidak bisa dijelaskan
  • Minum, merokok, atau memakai narkoba lebih dari biasanya
  • Berteriak atau bertengkar dengan anggota keluarga dan teman
  • Merasa kebingungan, gelisah, pelupa, kesal, marah, khawatir maupun takut yang luar biasa
  • Mempunyai pikiran dan ingatan yang kuat yang tak dapat dihilangkan dari kepala 
  • Terjadi perubahan mood yang parah yang mengakibatkan masalah dalam hubungan
  • Berpikir untuk menyakiti diri ataupun orang lain
  • Mendengar suara ataupun mempercayai hal-hal yang tidak benar
  • Ketidakmampuan untuk melakukan tugas sehari-hari seperti merawat anak-anak atau pergi bekerja maupun sekolah

Bagaimana cara mengecek mental health?

Jika kamu mengalami perubahan pikiran, perilaku, atau suasana hati yang mengganggu pekerjaan maupun hubunganmu selama lebih dari 2 minggu, bisa jadi kamu mengalami masalah kesehatan mental. Sulit untuk mengetahui apakah kamu mempunyai kondisi kesehatan mental bila kamu sering merasa cemas, sedih maupun emosi intens lainnya. Kebanyakan kondisi kesehatan mental pertama kali muncul di awal kehidupan, umumnya sebelum usia 25 tahun.

Gejala kondisi kesehatan mental bisa mencakup kecemasan ekstrem yang terjadi hampir sepanjang waktu, perasaan putus asa akan segala hal maupun penyalahgunaan obat atau alkohol. Kalau kamu merasa ragu, cara mengecek mental health yang bisa kamu pilih adalah dengan menghubungi dokter atau perawat, profesional kesehatan mental maupun orang yang kamu cintai untuk mendapatkan bantuan. 

Coba Lakukan Tes Kesehatan Mental

Skrining online merupakan salah satu cara mengecek kesehatan mental yang tercepat dan termudah untuk menentukan apakah kamu mengalami gejala kondisi kesehatan mental. Kondisi kesehatan mental, misalnya depresi atau kecemasan, merupakan hal yang nyata, umum, dan bisa diobati serta pemulihan memungkinan untuk dilakukan.

Bagaimana cara kerjanya?

Banyak laman situs web yang memberikan tes sebagai cara mengecek mental health. Namun harus diperhatikan kalau alat skrining online dimaksudkan untuk menjadi gambaran singkat mengenai kesehatan mentalmu. Jika hasilnya menunjukkan bahwa kamu mungkin mengalami gejala penyakit mental, pertimbangkan untuk membagikan hasilnya dengan seseorang. Penyedia kesehatan mental, seperti dokter ataupun terapis, bisa memberikan penilaian lengkap dan berbicara denganmu mengenai cara mengatasi masalah kesehatan yang kamu hadapi agar kamu merasa lebih baik.

Kesehatan mental adalah yang sangat penting untuk diperhatikan karena bisa juga berpengaruh pada kesehatan fisikmu. Cara mengecek mental health bisa dilakukan dengan menemui dokter atau ahli terapi. Sebelum menemui keduanya, kamu bisa mencoba melakukan tes online untuk mendapatkan gambaran kasarnya. Salah satu hal yang bisa membantu kesehatan mental adalah melakukan kebaikan seperti menolong orang lain. Kamu bisa melakukannya dengan menolong pasien yang mengalami masalah biaya pengobatan. Caranya mudah saja, yaitu dengan men-downloadaplikasi WeCare.id di Google Play atau App Store untuk donasi mudah dan praktis kapan saja. 

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

About Mental Health. (2018). Diambil kembali dari cdc.gov.

Mental Health. (2018). Diambil kembali dari womenshealth.gov.

Take a Mental Health Test. (2019). Diambil kembali dari screening.mhanational.org.What Is Mental Health? (2014). Diambil kembali dari mentalhealth.gov.

Sumber Featured Image : Tumisu dari Pixabay