Merawat Lansia, Ini Hal yaang Perlu Kamu Perhatikan

Merawat Lansia, Ini Hal yaang Perlu Kamu Perhatikan

Merawat lansia bukanlah hal yang mudah. Keadaan fisik yang melemah membuat lansia sulit melakukan aktivitasnya secara normal. Hal ini bisa terjadi karena penurunan kemampuan otot dan penurunan keseimbangan tubuh yang dialami oleh lansia (Puji, 2021). Oleh karena itu, dalam merawat lansia, kamu harus memperhatikan beberapa hal. Berikut adalah hal-hal yang harus kamu lakukan supaya dapat merawat lansia dengan baik.

Klik Untuk Donasi - Sehat Bersama Hermina Depok dan Wecare.id
  1. Terdanai Rp.10,000
  2. Pencapaian 0.01%
  3. Donatur 1

Memastikan Keamanan Tempat Tinggal

Penurunan kemampuan fisik pada lansia membuatnya susah berkegiatan secara normal. Jika lingkungan sekitarnya tidak ramah lansia, lansia bisa berada dalam bahaya. Oleh karena itu, kita harus memastikan keamanan tempat tinggalnya. Sebagai contoh, kita dapat mengatur ulang tata letak barang-barang yang ada di rumah untuk memudahkan lansia beraktivitas. Kita bisa memindahkan barang-barang yang sering ia butuhkan ke dekatnya supaya lansia lebih mudah menjangkaunya dan tidak perlu bergerak banyak.

Selain tata letak barang, kita juga harus memastikan lantai di tempat yang lansia tinggali tidak licin karena lantai yang licin dapat membahayakannya. Hal lain yang harus diperhatikan juga adalah pencahayaan. Pastikan pencahayaan di tempat tinggalnya tidak redup untuk memudahkannya dalam melihat. 

Memerhatikan Kebutuhan Nutrisi

Hal penting lain yang harus diperhatikan dalam merawat lansia adalah kebutuhan nutrisinya. Kita harus memastikan kebutuhan nutrisinya selalu terpenuhi. Jika selera makannya kecil, kita dapat memberinya porsi makan kecil dengan frekuensi yang lebih sering. Jika ia memiliki kesulitan dalam mengunyah, kita bisa membuat jus buah atau jus sayur. Jika ia tidak bisa minum banyak air, kita bisa memberinya makanan berkuah atau buah yang sarat akan air.

Memenuhi Kebutuhan Lainnya

Perawatan kita terhadap lansia tergantung pada kebutuhannya. Jika lansia mengalami kesulitan gerak, kita akan harus membantunya dalam setiap kebutuhannya. Kita harus menyuapinya makan, membantunya mandi dan buang air, membantunya berpindah tempat, dan membantunya berpakaian. Jika lansia masih bisa bergerak dengan baik, perawatannya akan lebih mudah. Oleh karena itu, ketika kita merawat lansia, kita harus mengetahui kebutuhannya secara spesifik karena setiap lansia memiliki kebutuhan yang berbeda.

Bantu Bersosialisasi

Selain kebutuhan fisiknya, kita juga harus memerhatikan kesehatan mentalnya. Lansia yang tidak bersosialisasi akan cenderung merasa kesepian. Hal ini dapat menyebabkan depresi atau stres (Hapsari, 2021). Untuk menghindari itu, kita bisa sering mengajaknya bicara. Kita juga bisa mengundang tetangga atau saudara supaya lansia memiliki teman untuk berbicara.

Bantu Ibu Castiah Melawan Kanker Mata, Tak Punya Biaya Operasi Bu Castiah Menahannya dengan Obat dari Warung

Merawat Bergantian dengan Anggota Keluarga Lain

Merawat lansia dapat menjadi pekerjaan yang sangat berat jika dilakukan sendiri. Oleh karena itu, jika terdapat anggota keluarga lain, kamu dapat merawatnya secara bergantian dengan mereka. Dengan demikian, kamu tidak akan merasa kelelahan dan lansia pun tetap terawat dengan baik.

Selalu mengawasi Lansia

Merawat lansia memang akan menjadi lebih mudah jika ia masih bisa bergerak dan melakukan aktivitasnya dengan baik. Meskipun demikian, kita tetap harus mengawasinya karena kita tidak tahu apa yang dapat terjadi padanya ketika ia sendirian. Oleh karena itu, kita harus memastikan bahwa ia selalu berada dalam pengawasan. Kamu bisa mengawasinya sendiri atau meminta orang lain untuk mengawasinya.

Membuat Jadwal

Ketika merawat lansia, kamu akan memiliki banyak kegiatan untuk dilakukan, baik kegiatanmu atau pun kegiatan yang berhubungan dengan perawatan lansia. Jika kamu tidak mengingatnya dengan baik, kamu mungkin akan melupakan beberapa kegiatan penting dalam merawat lansia. Untuk mengantisipasi hal ini, kamu dapat membuat jadwal perawatan lansia yang harus kamu lakukan setiap hari. Dengan demikian, kamu tidak akan melewatkan satu hal penting pun.

Yuk, bantu seorang ibu janda tua kurang mampu memenuhi kebutuhannya dengan berdonasi di WeCare.id! Kamu juga dapat berdonasi melalui aplikasi WeCare.id, loh! Download aplikasinya di Google Play Store atau App Store!

Klik Untuk Donasi - Aksi Peduli Lansia
  1. Terdanai Rp.172,500
  2. Pencapaian 0.20%
  3. Donatur 4

Referensi

Hapsari, A. (2021, April 6). 10 Hal yang Harus Anda Perhatikan untuk Perawatan Lansia. Retrieved from hellosehat: https://hellosehat.com/lansia/perawatan-lansia/tips-merawat-lansia-di-rumah/

Puji, A. (2021, April 21). hellosehat. Retrieved from Khawatir Lansia Jatuh? Simak Penyebab dan Cara Mencegahnya: https://hellosehat.com/lansia/perawatan-lansia/lansia-jatuh/