6 Teknik Meditasi untuk Menenangkan Pikiran yang Patut Dicoba

6 Teknik Meditasi untuk Menenangkan Pikiran yang Patut Dicoba

Salah satu cara efektif untuk menenangkan pikiran adalah meditasi. Walau terlihat sederhana, teknik meditasi bisa sangat efektif untuk membantu mengurangi stres. 

Klik Untuk Donasi - Mengidap Tumor Otak Stadium Akhir, Pak Anwar Membutuhkan Uluran Tanganmu!
Tumor Cerebri Glioblastoma (WHO Gra...
Mohamad Anwar
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.335,000
  2. Pencapaian 0.86%
  3. Donatur 14

Meditasi tidak selalu membutuhkan musik khusus atau ruangan yang tenang. Kamu bisa melakukannya kapan saja. Seperti di saat macet, berjalan kaki, atau menunggu bus datang.

Terdapat beberapa jenis meditasi yang dapat kamu lakukan untuk menenangkan pikiran. Apakah saja itu? Mari simak ulasannya berikut ini. 

Meditasi Mantra

Bagi kamu yang baru mau memulai meditasi, teknik meditasi ini patut untuk dicoba. Orang yang melakukan teknik ini bisa mendapat ketenangan dari afirmasi positif dengan pengulangan suara atau kata-kata tertentu.

Biasanya, mantra yang banyak diaplikasikan adalah dengan mendengungkan kata “om”. Walau begitu, kamu juga bisa menggunakan mantra lainnya. Sebetulnya, fokus utamanya tidak pada mantra, akan tetapi pada perenungan pikiran.

Meditasi Berjalan

Sesuai namanya, teknik meditasi yang satu ini dilakukan dengan berjalan. Fokus utamanya bukan pada olahraga berjalan, tetapi mengenai bagaimana jalan pikiranmu di saat sedang berjalan.

Melakukan meditasi ini bisa ditemani dengan mantra atau musik. Namun, pikiran kita harus betul-betul jernih saat melakukan meditasi ini.

Untuk kamu yang tetap ingin aktif bergerak dan tidak terbiasa berdiam diri dalam waktu yang lama, teknik meditasi ini bisa cocok untukmu. Namun, teknik ini tentu dapat memicu hal lain yang dapat mengalihkan perhatian.

Meditasi Mindfull

Jenis meditasi yang satu ini lebih cocok untuku yang sudah terbiasa melakukan meditasi. Kunci utama dari teknik meditasi ini adalah fokus pada situasi sekarang. 

Mindfulness sendiri merupakan sebuah metode yang dapat melatih pikiran kita untuk memfokuskan pikiran terhadap apa yang terjadi saat ini. Tentu saja, pemusatan perhatian ini dilakukan dengan melibatkan kesadaran.

Meditasi Pernapasan

Cara meditasi yang satu ini sangat nyaman dan sederhana. Yang perlu kamu lakukan adalah mengambil napas secara perlahan melalui lubang hidung sebelah kanan. Lalu, tutup dengan menggunakan jari manis. Tahan sebentar sebelum kamu mengeluarkan napas melalui lubang hidung sebelah kiri. 

Lakukan cara tadi secara bergantian pada setiap lubang hidung selama lima sampai sepuluh kali. Bagusnya, kamu perlu melakukan itu selama 15-18 menit pada setiap sisinya. Manfaat yang dapat kamu dapatkan adalah tubuh yang akan terasa semakin rileks setelah melakukan meditasi ini.

Bantu Rawat ODGJ di Yayasan Jamrud Biru dapat hidup dengan sejahtera

Meditasi Makan Cokelat

Meditasi yang satu ini tentu sangat menarik untuk kamu yang menyukai cokelat. Caranya adalah fokus pada situasi saat ini sambil memakan cokelat kesukaanmu. Tidak jarang, teknik ini digunakan di berbagai kelas untuk mengatasi stres.

Teknik meditasi ini cocok untuk pemula karena dapat melibatkan beberapa indera sekaligus. Tidak hanya itu, mengonsumsi cokelat seperti dark chocolate juga dapat bermanfaat untuk kesehatan karena mengandung antioksidan.

Meditasi Mandi

Meditasi mandi merupakan cara bermeditasi yang dapat membuat kita nyaman dan tenang. Tidak hanya dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang, tapi juga membuat tubuh lebih rileks.

Apalagi, jika kamu melakukan meditasi ini dengan berendam menggunakan air hangat. Suasana yang tercipta juga dapat membuatmu istirahat sejenak dari beragam situasi yang dapat menimbulkan stres. 

Dengan melakukan teknik meditasi ini, tubuh akan terasa lebih bersih dan pikiran juga lebih tenang. Tertarik mencoba?

Itu dia 6 teknik meditasi yang bisa kamu lakukan untuk memperoleh ketenangan pikiran. Saat pikiran tenang, menghadapi hal-hal yang dapat memicu stres dapat menjadi lebih terkendali. 

Selain menenangkan pikiran melalui meditasi, terdapat hal baik lain yang dapat kita lakukan. Yakni berdonasi di WeCare.id untuk menjaga kesehatan sesama, terutama di saat pandemi. Anda bisa berdonasi lewat pranala ini atau lewat aplikasi WeCare.id. Yuk, berdonasi di WeCare.id sekarang juga!

Klik Untuk Donasi - Bangun Rumah dan Sekolah Yatim dan Dhuafa
  1. Terdanai Rp.486,000
  2. Pencapaian 0.04%
  3. Donatur 39

Referensi:

Alodokter. (2018, 8 Mei). Meditasi untuk Mengatasi Stres dan Penyakit. Diakses melalui https://www.alodokter.com/sering-sakit-dan-stres-coba-meditasi pada 17 Agustus 2021

Sehatq. (2020, 25 November). Tak Cocok dengan Keheningan? Coba 7 Teknik Meditasi Unik dan Menarik Ini. Diakses melalui https://www.sehatq.com/artikel/tak-cocok-dengan-keheningan-coba-7-teknik-meditasi-unik-dan-menarik-ini, pada 17 Agustus 2021

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *