4 Vitamin Daya Tahan Tubuh Andalan

4  Vitamin Daya Tahan Tubuh Andalan

Makan dengan gizi seimbang dan mengonsumsi vitamin daya tahan tubuh sangat diperlukan untuk mempertahankan kondisi agar tetap fit di situasi pandemi yang tak kunjung usai seperti saat ini. Berikut empat vitamin yang dapat membuat kesehatanmu senantiasa terjaga.

Jakarta Bergerak Bantu Masyarakat Terdampak

Daftar isi:

  1. 1. Vitamin A
  2. 2. Vitamin C
  3. 3. Vitamin E
  4. 3. Vitamin D

Vitamin A

Selain bermanfaat untuk memelihara kesehatan mata, vitamin A juga berperan dalam mengatur fungsi imun di tubuh kita. Kekurangan vitamin A berakibat menurunnya jumlah leukosit dan antibodi. Hasil eksperimen memperlihatkan hubungan vitamin A dengan fungsi sistem imun dimana diketahui retinoat dapat merangsang respon imun.

Vitamin A bisa berasal dari produk hewani, buah-buahan, sayuran, ataupun suplemen. Produk hewani di antaranya susu dan produk turunannya, ikan (salmon, makarel, trout), minyak ikan kod, margarin, dan kuning telur. Sedangkan buah-buahan yang kaya vitamin A adalah yang berwarna oranye tua, contohnya pepaya dan mangga. Sayuran berwarna hijau tua seperti bayam dan kangkung juga mengandung vitamin A.

Pada tubuh kita, vitamin A akan tersimpan di organ hati yang di keadaan normal cadangannya bisa bertahan hingga enam bulan.

Vitamin C

Ini adalah vitamin yang paling populer di masyarakat dan banyak dikonsumsi dalam berbagai bentuk. Tidak mengherankan karena memang vitamin C memiliki segudang manfaat, sebagai vitamin daya tahan tubuh hingga dapat mempersingkat durasi saat sakit. 

Sayangnya tubuh kita tidak dapat memproduksi vitamin C sendiri ataupun menyimpan cadangannya seperti vitamin A tadi. Meski begitu, kita dapat memperoleh asupan vitamin C dari buah dan sayur yang mudah dijumpai sehari-hari, seperti jeruk, stroberi, kiwi, daun kelor, bayam, atau brokoli. Dengan mengonsumsi makanan-makanan tersebut, kita nyaris tidak perlu menambahkan suplemen vitamin C lagi sebab terlalu banyak vitamin C justru  menimbulkan masalah pencernaan dan gangguan ginjal.

Klik Untuk Donasi - Tubuh Figo Membiru akibat Alami Jantung Bocor Sejak Lahir!
Patent Ductus Arteriosus (PDA)
Figo Reine Maldini
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.3,898,500
  2. Pencapaian 22.60%
  3. Donatur 54

Vitamin E

Tidak hanya vitamin C, vitamin E juga mengandung antioksidan tinggi sehingga termasuk vitamin daya tahan tubuh yang dapat diandalkan. Dari hasil penelitian diketahui keterkaitan antara vitamin E dalam dosis tertentu dengan sistem imun. Vitamin E dalam dosis 200 mg per hari memiliki peran yang penting bagi sistem imunitas tubuh.

Kita dapat memenuhi kebutuhan akan vitamin E dengan mengonsumsi sayuran hijau, kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan, dan makanan laut.

Vitamin D

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa vitamin D mempunyai manfaat yang jauh lebih besar dari sekadar menunjang pertumbuhan tulang dan gigi melainkan juga dapat meningkatkan imun. Unsur 25-hydroxyvitamin D merupakan metabolit utama yang berhubungan dengan imunitas.     

Jika vitamin-vitamin sebelumnya dapat terpenuhi melalui sumber alami ataupun suplemen, lain halnya dengan vitamin D. Selain dari makanan  dan suplemen, tubuh kita juga memerlukan bantuan cahaya matahari untuk mencukupi kebutuhan asupan vitamin D. Terpapar UVB selama setidaknya 15 menit di jam sepuluh pagi akan mengaktifkan senyawa 7-dehidrokolesterol yang berada di lapisan epidermis dan dermis kulit. Berjemur seminggu dua kali atau tiga kali secara rutin dengan 20% permukaan kulit terkena sinar matahari itu sudah cukup. 

Itulah empat vitamin daya tahan tubuh yang sangat direkomendasikan untuk dipenuhi sesuai dosis yang dibutuhkan agar kita bisa tetap sehat dan terus produktif di masa pandemi. 

Donasimu bagi mereka yang terdampak pandemi akan sangat berarti, unduh aplikasi donasi WeCare.id di Playstore dan App Store dari ponselmu atau klik  https://wecare.id/  untuk informasi lebih lengkap.

Klik Untuk Donasi - Bantu Warga Isoman Jambi
  1. Terdanai Rp.0
  2. Pencapaian 0.00%
  3. Donatur 0

Referensi:

  • alodokter.com. Vitamin E. Diakses 17/8/21 dari: https://www.alodokter.com/vitamin-e
  • halodoc.com  (30/12/19). Mengenal Lebih Dalam tentang Vitamin A. Diakses 17/8/21 dari: https://www.halodoc.com/artikel/mengenal-lebih-dalam-tentang-vitamin-a
  • jovee.id (17/7/20). 9 Manfaat dan Sumber Vitamin A. Diakses 17/8/21 dari: https://jovee.id/9-manfaat-dan-sumber-makanan-vitamin-a/
  • kontan.co.id (24/6/21). Waspada Covid-19! Konsumsi 4 Vitamin ini untuk Daya Tahan Tubuh.  Diakses 17/8/21 dari: https://kesehatan.kontan.co.id/news/waspada-covid-19-konsumsi-4-vitamin-ini-untuk-daya-tahan-tubuh

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *