Probiotik, Membantu Menjaga Sistem Pencernaan

Probiotik, Membantu Menjaga Sistem Pencernaan

Kamu pernah dengan istilah probiotik? Tentu saja pernah kan? Nah, bagi yang belum tahu, probiotik adalah suatu suplemen berupa bakteri hidup yang menguntungkan bagi tubuh manusia. Apa saja keuntungan mengonsumsinya? Mari simak artikel ini!

Klik Untuk Donasi - Menderita Gangguan Pencernaan, Perut Indah Kian Membesar dan Tubuhnya Semakin Kurus!
Hirschsprung Disease
Indah Rahayu Putri
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.735,500
  2. Pencapaian 4.26%
  3. Donatur 26

Manfaat Probiotik

Tidak semua bakteri dapat dikategorikan dalam probiotik. Banyak dari kita mungkin mengenal bahwa bakteri adalah makhluk kecil yang sebaiknya dihindari, contohnya Salmonella. Maka dari itu, probiotik sering disebut sebagai “bakteri baik”, karena salah satu manfaat utamanya adalah menjaga kesehatan sistem pencernaan kita. Berikut adalah beberapa contoh probiotik yang sering dijumpai dalam makanan:

Jenis – Jenis Probiotik dan Contoh Makanannya

Lactobacillus

Lactobacillus adalah bakteri baik yang biasanya ditemukan pada makanan yang sudah melalui proses fermentasi. Contoh makanannya, seperti tempe, acar, kimchi, sup miso, kombucha dll.

Saccharomyces boulardii

Saccharomyces boulardii adalah bakteri baik yang biasanya ditemukan pada makanan yang memiliki kandungan ragi. Dapat ditemukan juga pada kulit leci dan manggis. Contoh lainnya adalah roti sourdough.

Bifidobacterium

Bifidobacterium adalah bakteri baik yang biasanya ditemukan pada produk olahan susu. Contoh olahan susu yang mengandung bakteri tersebut adalah yogurt dan keju cottage.

Selain jenis – jenis bakteri di atas, terdapat banyak lagi bakteri baik. ohon diperhatikan ya, karena ada satu kata atau istilah yang mirip yaitu prebiotik. Perbedaan satu huruf tersebut menyebabkan berubahnya arti. Lantas, apa perbedaannya?

Apa Bedanya dengan Prebiotik?

Prebiotik adalah suatu jenis serat yang berasal dari tanaman. Serat tersebut tidak bisa dicerna secara langsung oleh tubuh manusia, melainkan harus dibantu dengan probiotik. Interaksi tersebut menyebabkan prebiotik untuk langsung menuju ke tempat dimana bakteri – bakteri baik itu berada, yaitu di perut bagian bawah.

Sebuah interaksi pun terjadi pada perut bagian bawahmu. Disana, prebiotik menjadi penyubur untuk para bakteri baik. Sehingga, dapat memberikan manfaat untuk usus besarmu.  Salah satu hasilnya adalah sebuah asam lemak rantai pendek yang dapat diserap oleh darah dan membantu menyehatkan tubuh.

Bantu Pejuang Disabilitas di masa Pandemi

Apakah Probiotik Berperan pada Pasien COVID-19?

Hingga saat ini, belum ditemukan obat yang dapat mengobati penyakit Covid-19. Hal ini membuat kita merasa cemas, dan itu wajar, asal tidak berlebihan. Cemas yang berlebihan justru akan membuatmu stress, itu tidak baik.

Ikuti program vaksinasi yang diadakan oleh pemerintah adalah satu hal yang bisa kita lakukan untuk mengamankan diri dan orang lain. Selain itu tetap lakukan juga protokol kesehatan yang sudah disosialisasikan. 

Terdapat studi atau penelitian yang sudah diterbitkan pada 2010 bahwa probiotik bisa membantu mengikat dan melawan virus yang masuk ke dalam tubuh manusia. Dalam studi lain yang melibatkan tikus sebagai objek penelitiannya menyimpulkan bahwa, bakteri – bakteri baik seperti Bifidobacterium dan Lactobacillus mampu menurunkan penyebaran virus pada paru – paru, sekaligus meningkatkan kesehatannya.

Jangan langsung memborong produk – produk ya, karena hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Selain itu, tidak semua orang bisa mengonsumsi makanan yang mengandung bakteri – bakteri baik ini. Konsultasikan kepada dokter yang kamu percaya, agar tidak salah makan. Meskipun bisa, jangan berlebihan, karena mengonsumsi seuatu secara berlebihan itu tidak sehat.

Kesimpulannya, probiotik memiliki peran dan manfaat yang sangat baik dalam tubuh kita. Belum terbukti dapat menyembuhkan COVID-19, namun (sesuai dengan anjuran dokter) dapat membantu pasien untuk meningkatkan kembali kesehatannya. Sayangnya, masih banyak saudara – saudara kita di luar sana yang kurang beruntung. Ayo berdonasi di WeCare.id untuk membantu mereka mendapatkan pangan yang layak dan bergizi. Kamu juga bisa berdonasi di WeCare.id dengan mudah melalui aplikasinya yang tersedia di App Store dan Google Play Store, ayo download sekarang!

Klik Untuk Donasi - Bertahan Hidup dengan Mesin Cuci Darah, Ibu Desi Sangat Mengharapkan Bantuanmu!
Gagal Ginjal Kronis
Desy Arizandi
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.2,166,000
  2. Pencapaian 9.02%
  3. Donatur 59

Referensi:

Dije, Anita. 2019. 11 Makanan yang Mengandung Probiotik Ini Baik untuk Pencernaan. Diakses dari: https://www.sehatq.com/artikel/makanan-probiotik-untuk-lancarkan-pencernaan/ 

Mutmainah, Isti. Peran Probiotik pada Pasien COVID-19. Diakses dari: http://iaidiy.com/detail/berita/peran_probiotik_pada_pasien_covid19/ 

Pane, Merry. 2021. Probiotik. Diakses dari: https://www.alodokter.com/probiotik/ 

Samiadi, Lika. 2021. Sama-sana Baik bagi Usus, Apa Beda Probiotik dan Prebiotik?. Diakses dari: https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/probiotik-dan-prebiotik-apa-bedanya/ 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *