Kunyit untuk Mengatasi Jerawat, Bagaimana Caranya?

Kunyit untuk Mengatasi Jerawat, Bagaimana Caranya?

Siapa yang tidak mengenal salah satu tanaman apotek hidup, kunyit? Tanaman ini cukup terkenal memiliki khasiat menyehatkan tubuh. Namun, tahukah kamu, ternyata tanaman rempah-rempah ini juga dapat mengatasi jerawat yang meradang pada wajah. Bagaimana caranya? Yuk, cari tahu penjelasannya dengan menyimak artikel di bawah ini.

Klik Untuk Donasi - Sebagian Wajahnya Rusak Akibat Tumor Ganas di Pipinya, Mesdalena Butuh Bantuanmu!
Tumor
Mesdalena
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.894,650
  2. Pencapaian 5.19%
  3. Donatur 30

Daftar isi:

  1. 1. Kandungan Kunyit
  2. 2. Cara Menggunakan Kunyit untuk Mengatasi Jerawat

Kandungan Kunyit

Kunyit atau kunir merupakan salah satu rempah-rempah yang mudah ditemukan di dapur. Tanaman ini memiliki kandungan yang sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Tanaman ini juga sering diolah sebagai minuman kesehatan (jamu), pelengkap bumbu untuk masakan, dan obat untuk jerawat.

Kunir memiliki kandungan nutrisi yang beragam. Sebut saja protein, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, vitamin C, zat besi, dan senyawa yang bersifat antiinflamasi dan antioksidan. Senyawa yang bernama kurkumin dipercaya sebagai zat antiradang yang dapat mengusir bakteri penyebab jerawat, Propionibacterium acnes (P. acnes).

Cara Menggunakan Kunyit untuk Mengatasi Jerawat

Jerawat pada wajah sering menurunkan tingkat kepercayaan diri. Apalagi jika jerawat tersebut tumbuh semakin banyak. Apabila kamu pusing dengan masalah ini, coba gunakan kunyit sebagai solusinya. Tanaman rempah-rempah ini memiliki kurkumin yang berfungsi sebagai antioksidan dan antiinflamasi untuk mengurangi radang pada jerawat. Adapun cara menggunakannya sebagai berikut:

1. Memasukkan ke masakan

Cara mudah menggunakan kunir untuk mengurangi masalah jerawat adalah dengan memasukkannya ke masakan. Bumbu rempah ini dapat diolah ke dalam berbagai masakan, seperti pepes, kari, pindang, atau sup. Jika kamu sedang memasak menu tersebut, kamu tinggal memasukkan bumbu ini ke dalam masakan.

2. Menjadikan masker wajah

Jika jerawat di wajah meradang, coba buat masker wajah dengan bahan kunir. Cara membuatnya pun cukup mudah. Kamu bisa mem-blender kunir dan mencampurkannya dengan madu. 

Setelah dicampurkan, aduk campuran kedua bahan tersebut secara merata. Setelah campuran masker siap, kamu bisa mengoleskan ke wajah. Namun, pastikan kulit wajah dibersihkan terlebih dahulu. Setelah masker dioleskan ke wajah, diamkan sekitar 10 sampai 20 menit. Setelah selesai, bersihkan wajah hingga bersih. 

Indonesia, Ayo Bangkit!

3. Menjadikan minuman

Cara selanjutnya adalah dengan menjadikan minuman. Kamu bisa membuat minuman jamu yang terdiri dari ramuan kunyit dan asam. Mengonsumsi jamu ini dipercaya dapat menyembuhkan jerawat dari dalam. Untuk membuatnya pun cukup mudah. Berikut bahan dan cara membuatnya.

Bahan:

  • 1/2kg kunir
  • 3 liter air untuk membuat ramuan kunir
  • 1/4kg asam jawa
  • 1/2 liter air untuk membuat ramuan asam jawa
  • 1/4kg gula merah
  • Gula pasir (bisa ditambahkan atau tidak, sesuaikan selera)
  • 1 sdt garam

Cara membuat jamu kunyit asam:

  1. Parut atau blender kunir dengan air sedikit demi sedikit. Saring ramuan dari ampas.
  2. Rendam asam jawa dengan air, lalu saring. Campurkan air rendaman ke dalam ramuan kunir.
  3. Rebus campuran kedua ramuan. 
  4. Masukkan gula merah, gula pasir, dan garam. Lalu, diaduk hingga mendidih.
  5. Setelah selesai, diamkan ramuan tersebut hingga dingin.
  6. Saring ramuan jamu dari ampas yang tersisa. 
  7. Jamu siap diminum. 

Inilah khasiat kunyit serta cara menggunakan tanaman rempah-rempah ini untuk mengatasi jerawat di kulit wajah. Apabila jerawat di wajah semakin parah, ada baiknya kamu ke dokter kulit. Dokter akan memeriksa dan memberikan treatment sesuai dengan kondisi kulit wajah.

Ketika penyakit menjadi parah tentu saja kita harus segera berobat ke dokter. Namun, banyak orang yang tidak mampu berobat karena keterbatasan biaya. Di Wecare.id, kamu bisa berdonasi untuk membantu biaya mereka berobat. Donasi kamu sangat berarti bagi mereka. Yuk, ulurkan tangan kita untuk bantu mereka sehat kembali dengan berdonasi di Wecare.id.

Klik Untuk Donasi - Benjolan Kian Membesar Akibat Sel Kanker Ganas, Taing Mengharapkan Bantuanmu!
Kanker Payudara
Taing
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.1,552,000
  2. Pencapaian 3.37%
  3. Donatur 55

Referensi

Andini, Widya Citra. (2021, 3 Maret). Benarkah Kunyit Manjur Atasi  Masalah Jerawat? Diakses pada tanggal 17 Agustus 2021, dari https://hellosehat.com/penyakit-kulit/jerawat/kunyit-untuk-jerawat/

Christvidya, Keiza Prasetya. (2020, 29 April). Resep Jamu untuk Menyembuhkan Jerawat Secara Alami. Diakses pada tanggal 17 Agustus 2021, dari  https://www.fimela.com/lifestyle/read/4240136/resep-jamu-untuk-menyembuhkan-jerawat-secara-alami

Tamin, Rizki. (2021, 15 Juni). Inilah Manfaat Kunyit untuk Jerawat dan Cara Penggunaanya. Diakses pada tanggal 17 Agustus 2021, dari  https://www.alodokter.com/inilah-manfaat-kunyit-untuk-jerawat-dan-cara-penggunaanya