Self Reminder Untuk Membangun Kepercayaan Diri

Self Reminder Untuk Membangun Kepercayaan Diri

Mungkin kamu setiap hari berusaha keras untuk terus membangun kepercayaan diri yang tinggi. Tapi kamu mungkin terlalu lelah untuk terus membangun kepercayaan dirimu. Itu sebabnya penting sekali untuk memiliki self reminder agar kamu bisa tampil dengan penuh percaya diri setiap hari.

Klik Untuk Donasi - Mari kita bantu wujudkan impian para penghafal quran untuk punya seragam baru
  1. Terdanai Rp.285,000
  2. Pencapaian 2.47%
  3. Donatur 4

Daftar isi:

  1. 1. Pentingnya memiliki kepercayaan diri
  2. 2. Tips untuk membangun kepercayaan diri yang tinggi

Pentingnya memiliki kepercayaan diri

Memiliki kepercayaan diri yang tinggi dapat memberikan banyak manfaat untukmu. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya, yaitu:

Kinerja yang lebih baik

Rasa khawatir yang muncul dapat membuat waktu dan tenagamu terbuang sia-sia. Karena itu tidak ada salahnya untuk selalu memberikan self reminder agar kamu fokus pada upayamu untuk meningkatkan kinerjamu.

Hubungan yang lebih sehat

Memiliki kepercayaan diri yang tinggi bukan hanya berdampak pada apa yang kamu rasakan sendiri, tapi juga membantumu untuk dapat memahami dan menyayangi orang lain. Rasa percaya diri juga bisa memberikanmu kekuatan untuk menghindari hubungan yang tidak sehat.

Keterbukaan dalam mempelajari hal baru

Jika kamu percaya diri, kamu akan lebih bersedia untuk mencoba hal-hal baru. Mungkin kamu bisa lebih percaya diri untuk mengajukan promosi pekerjaan atau belajar sesuatu yang baru seperti mengikuti kelas makeup

Ketahanan diri yang lebih tinggi

Percaya diri dapat membantumu untuk bangkit kembali saat menghadapi tantangan atau masalah. Semakin tinggi kepercayaan diri yang kamu miliki, semakin besar pula ketahanan mentalmu dalam menghadapi sebuah masalah.

Lalu bagaimana caranya untuk membangun kepercayaan diri yang tinggi? Untungnya, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan sebagai self reminder untuk tetap menjaga rasa percaya dirimu.

KURBANESIA: Berbuat kebaikan dan kurban online #dariRUMAHaja!

Tips untuk membangun kepercayaan diri yang tinggi

Kepercayaan diri tidak akan tumbuh jika kamu dikelilingi oleh banyak hal yang justru membuatmu lebih minder. Karena itu, menciptakan self reminder merupakan cara terbaik untuk tetap memiliki rasa percaya diri yang tinggi.

Berhenti membandingkan

Kamu mungkin pernah membandingkan diri dengan orang lain, baik itu dalam hal fisik, atau bahkan besaran gaji. Apa pun yang kamu lakukan, membandingkan diri dengan orang lain tidak sehat untuk kesehatan mentalmu.

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan pada 2018 dengan judul Personality and Individual Differences menemukan bahwa mereka yang membandingkan diri dengan orang lain menimbulkan rasa iri. Semakin besar rasa iri tersebut, semakin buruk tingkat kepercayaan diri mereka.

Jika kamu merasa iri terhadap hidup seseorang, jadikan kekuatan dan kesuksesanmu sendiri sebagai self reminder. Dengan menuliskan pencapaianmu sendiri, kamu bisa lebih fokus pada kehidupan yang sedang kamu jalani.

Masuki lingkungan yang positif

Coba perhatikan apa yang kamu rasakan saat berada di sekitar teman-temanmu. Apakah mereka dapat membuatmu lebih percaya diri atau justru sering menjatuhkanmu? Orang-orang yang ada di sekitarmu dapat mempengaruhi pikiran dan perilakumu. Jadi pastikan untuk memasuki lingkungan yang dapat memberi pengaruh positif untukmu.

Rawat dirimu

Ingin tampil lebih percaya diri? Jika ya, sebaiknya mulai merawat tubuhmu. Dengan merawat diri, kamu bisa membangun hal positif dalam dirimu sehingga kepercayaan dirimu otomatis akan meningkat juga.

Cobalah untuk berolahraga, bermeditasi, diet, dan istirahat yang cukup. Semakin kamu terbiasa merawat diri, maka kebiasaan tersebut dapat menjadi self reminder jika suatu saat kamu lupa melakukannya.

Berbaik Hatilah pada Diri Sendiri

Setiap orang pernah mengalami masa sulit dalam hidupnya. Kamu juga pasti pernah mengalami hal tersebut. Saat hal tersebut terjadi, jangan meratapi dirimu. Terima setiap kegagalan yang pernah terjadi dalam hidup dan kenali bahwa kegagalan adalah bagian dari hidup yang wajar dialami semua orang.

Berlatih bicara positif pada diri sendiri

Berbicara hal yang positif pada diri sendiri dapat membantumu menyayangi diri sendiri, mengatasi keraguan, dan menghadapi tantangan baru. Jadi saat lain kali kamu menghadapi situasi yang menantang, cobalah untuk menyemangati diri sendiri dengan kata-kata positif.

Hadapi ketakutanmu

Berhentilah untuk menghindari hal-hal yang kamu takuti. Cara terbaik untuk membangun kepercayaan diri adalah dengan menghadapi rasa takutmu. Cobalah untuk menghadapi rasa takut yang menjadi penyebab ketidakpercayaan dirimu.

Jika kamu merasa bahwa kamu akan mempermalukan diri, yakinkanlah dirimu bahwa hal tersebut hanyalah uji coba. Setelah menghadapinya, kamu dapat merasakan bahwa rasa cemas dan kesalahan yang kamu lakukan tidaklah seburuk yang kamu perkirakan sebelumnya.

Bahagiakan dirimu

Terkadang kamu disibukkan dengan berbagai tanggung jawab sehingga sering kali lupa untuk melakukan hal yang kamu sukai. Jadi luangkan waktu setidaknya 1 menit setiap hari untuk melakukan sesuatu yang membuat kamu nyaman.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membangun kepercayaan diri. Kamu tidak perlu melakukan semuanya sekaligus. Cobalah secara bertahap. Jika kamu sudah terbiasa, tubuh dan pikiranmu bisa menjadi self reminder jika kamu lupa melakukannya.

Dengan melakukan tips di atas secara konsisten, kamu bisa membangun rasa percaya diri yang lebih tinggi. Sambil membangun kepercayaan diri yang lebih baik, tidak ada salahnya untuk berbagi kebaikan dengan meluangkan waktu membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit.

Kamu juga bisa berdonasi lebih mudah melalui aplikasi WeCare.id. Caranya, download aplikasi WeCare.id di ponselmu. Donasi yang kamu berikan tentu sangat berharga untuk teman-teman yang membutuhkan.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Klik Untuk Donasi - Ukuran Kepala Reynand Membesar dan Terus Membesar, Uluran Tanganmu Sangat di Harapkan!
Hidrosefalus
Muhammad Reynand
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.404,000
  2. Pencapaian 2.00%
  3. Donatur 21

Referensi

Amy Morin, L. (2021, April 30). 6 Ways to Build Your Self-Confidence. Diambil kembali dari verywellmind.com

Day Designer. (2018, Mei 18). 6 Simple Reminders for Building Your Confidence. Diambil kembali dari blog.daydesigner.comSeetubtim, M. (2017, Januari 17). 10 Things To Keep Reminding Yourself Everyday. Diambil kembali dari thehappinessplanner.com

Sumber Featured Image : Freepik.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *