5 Bumbu Dapur Ini Efektif Menurunkan Kolesterol Tinggi

5 Bumbu Dapur Ini Efektif Menurunkan Kolesterol Tinggi

Ketika kolesterol naik, kesehatan tubuh terganggu dan memunculkan banyak penyakit berbahaya. Oleh karena itu, kadar kolesterol dalam darah harus dikontrol. Kamu bisa menurunkan kolesterol secara alami dengan menggunakan lima bumbu dapur ini. Bumbu apa saja yang berkhasiat menurunkan kolesterol? Yuk, simak informasinya.

Klik Untuk Donasi - Terlahir Tanpa Anus, Yuk Bantu Naura Sembuh agar Bisa Hidup dengan Normal!
Atresia Ani
Naura Dwi Fitriani
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.15,800,099
  2. Pencapaian 62.45%
  3. Donatur 281

Biji Ketumbar (Coriandrum sativum)

Biji ketumbar (Coriandrum sativum) sering digunakan sebagai bumbu untuk menambah cita rasa masakan. Namun, ternyata rempah-rempah ini sangat efektif dalam menurunkan kolesterol yang tinggi.

Dari beberapa penelitian yang telah dilakukan, diperoleh bahwa biji dari tanaman Coriandrum sativum memiliki kandungan antioksidan yang berkhasiat mengurangi kadar kolesterol. Cukup dengan meminum rebusan dua sendok biji ketumbar dua kali dalam sehari, kolesterol lemak jahat menurun sekaligus meningkatkan rasio lemak baik atau HDL (high density lipoprotein) dan lipid serum.

Bawang Putih (Allium sativum)

Selain menyedapkan masakan, bawang putih (Allium sativum) memiliki khasiat dalam menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Lebih dari 100 fitokimia (zat tumbuhan yang dapat melindungi dari penyakit) yang terkandung dalam bumbu dapur ini.

Bahkan menurut hasil beberapa penelitian menjelaskan bahwa bawang putih dapat menurunkan level lemak darah yang tinggi, terutama kolesterol total dan LDL (low density lipoprotein). Cukup dengan mengonsumsi 4 siung bawang putih ditambah dengan sesendok perasan lemon setiap hari. Kadar kolesterol akan terkontrol.

Jahe (Zingiber officinale)

Dikenal karena khasiatnya dalam mengobati banyak penyakit, jahe (Zingiber officinale) juga dipercaya dapat membantu mengurangi tingginya kadar kolesterol jahat.

Dalam jurnal yang diterbitkan oleh US National Library of Medicine National Institutes of Health, dijelaskan bahwa jahe dapat menurunkan kolesterol lemak jahat, trigliserida, serta meningkatkan kolesterol lemak baik.

Kamu bisa membuat ramuan wedang jahe tanpa gula atau meminum ramuan campuran jahe, madu, dan bawang putih. Hidup lebih sehat karena kadar kolesterol yang normal.

Daun Salam (Laurus Nobilis)

Daun salam sering digunakan sebagai penyedap atau wewangian di beberapa masakan Indonesia. Namun, ternyata daun ini juga dapat menyembuhkan banyak penyakit, termasuk menurunkan kadar kolesterol. Hasil studi juga menunjukkan bahwa daun salam sudah teruji dalam menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan kadar kolesterol HDL.

Selain itu, kandungan antioksidan dan flavonoid berperan penting dalam mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Untuk membuat ramuan daun salam juga mudah. Kamu bisa merebus 15-20 lembar daun dan kulit polong kacang tanah. Hasil rebusan tersebut dapat kamu konsumsi.

Kunyit (Curcuma Longa)

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kunyit (Curcuma longa) menjadi salah satu bumbu dapur yang sering ditambahkan dalam masakan. Selain itu, banyak orang menggunakan rempah-rempah ini untuk membuat jamu atau teh. Nah, ternyata kunyit juga cukup efektif dalam menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

Dengan mengonsumsi kunyit sebanyak 2,4gr atau setara 1¼ sendok teh selama 4 minggu dapat menurunkan kadar kolesterol LDL. Jadi, jika kamu ingin cepat menurunkan kolesterol jahat secara efektif, coba konsumsi kunyit.

Inilah lima bumbu dapur yang dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Jika kamu ingin membuat kadar kolesterol dalam tubuh stabil, kamu bisa mengonsumsi salah satu rempah-rempah di atas. Pastikan untuk selalu berolahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat. Jangan lupa periksa ke dokter untuk mengetahui kondisi kesehatan, termasuk kadar kolesterol.

Sehat itu mahal harganya. Namun, tidak semua orang beruntung dikaruniai nikmat sehat. Banyak dari mereka menderita penyakit yang serius dan membutuhkan pengobatan. Yuk, tunjukkan kepedulian kita dengan berdonasi atau menggalang dana bersama Wecare.id. Kunjungi situs atau download aplikasinya untuk tahu lebih detail tentang donasi online. Hasil dari donasi ini akan diberikan kepada para pasien yang membutuhkan. Tunggu apalagi?

Klik Untuk Donasi - Aksi Peduli Lansia
  1. Terdanai Rp.172,500
  2. Pencapaian 0.20%
  3. Donatur 4

Referensi

Head, Kathi. (2019, 28 Februari). 5 Spices for a Healthy Heart – Let Food Be Your Medicine. Diakses pada tanggal 19 Agustus 2021, dari https://www.thorne.com/take-5-daily/article/5-spices-for-a-healthy-heart-let-food-be-your-medicine

Jaclyn, Adeline. (2018, 25 Oktober). Ampuhkah Turunkan Kolesterol dengan Rebusan Daun Salam? Diakses pada tanggal 19 Agustus 2021, dari https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3616828/ampuhkah-turunkan-kolesterol-dengan-rebusan-daun-salam

Panoff, Lauren. (2019, 17 September). 8 Surprising Health Benefits of Coriander. Diakses pada tanggal 19 Agustus 2021, dari https://www.healthline.com/nutrition/coriander-benefits