Berbagai Manfaat Spirulina bagi Kesehatan dan Kecantikan

Berbagai Manfaat Spirulina bagi Kesehatan dan Kecantikan

Tumbuh di perairan, spirulina merupakan salah satu spesies alga biru hijau. Menurut Food and Drug Administration Amerika Serikat, alga tersebut memiliki kandungan kalium, magnesium, asam amino, dan kalsium tinggi. Selain itu, spirulina mengandung protein sekitar 60—70 persen dari beratnya.

Karena nutrisinya melimpah, spirulina diolah menjadi suplemen berbentuk padatan, seperti tablet dan kapsul. Ada pula yang dijadikan bubuk untuk dicampurkan ke dalam makanan. Bahkan, sebagian orang menggunakan superfood ini sebagai bahan dasar masker wajah, contohnya spirulina Tiens.

Klik Untuk Donasi - Sedekah bibit pohon untuk petani kurang mampu di Kalimantan untuk pengobatan di KLINIK ASRI
  1. Terdanai Rp.12,889,501
  2. Pencapaian 11.16%
  3. Donatur 168

Manfaat Spirulina

Spirulina aman dikonsumsi oleh siapa pun, kecuali ibu hamil dan menyusui. Selain telah mendapatkan izin BPOM, superfood ini telah teruji memberikan manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. 

Manfaat untuk Kesehatan

Berikut ini khasiat suplemen dari mikroalga hijau-biru untuk kesehatan tubuh kamu.

Menstabilkan Tekanan Darah

Menurut riset National Autonomous University of Mexico, spirulina bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Syaratnya, kamu harus mengonsumsi superfood ini sebanyak 4,5 gram secara rutin selama enam minggu. 

Beberapa merek superfood alga biru-hijau yang direkomendasi, antara lain walatra spirulina dan spirulina hpai.

Sumber Antioksidan bagi Tubuh

Mikroalga biru-hijau mengandung zat antioksidan, seperti beta karoten,  phenolic, phycocyanin, dan tocopherol. Dengan antioksidan, tubuh terjaga dari paparan radikal bebas. Jadi, risiko penyakit kronis dan kanker dapat dikurangi dengan mengonsumsi superfood ini.

Mengurangi Kolesterol

Kolesterol jahat dalam darah kerap menyebabkan gangguan kesehatan yang kompleks. Dalam hal ini, spirulina membantu mengurangi kadar kolesterol dengan kandungan senyawa C-phycocyanin

Mencegah Kanker

Kanker merupakan golongan penyakit paling berbahaya di dunia. Salah satunya adalah kanker mulut yang pernah menyerang hampir 90 persen warga India. Namun, dengan mengonsumsi superfood dari alga hijau-biru, kanker tersebut bisa dicegah sejak dini. 

Klik Untuk Donasi - Bantu Pembudidaya Ikan yang Kesulitan Saat Pandemi!
  1. Terdanai Rp.5,849,464
  2. Pencapaian 16.88%
  3. Donatur 154

Mencegah Diabetes

Salah satu penyebab diabetes adalah naiknya kadar gula darah. Hal itu dapat dicegah dengan rutin mengonsumsi spirulina. Pasalnya, superfood ini mampu mengontrol gula darah agar tetap di batas normal.

Manfaat untuk Kecantikan

Kandungan nutrisi spirulina juga bisa menambah dan merawat kecantikan kamu dengan memberikan khasiat berikut ini.

Mencegah Penuaan Dini

Spirulina yang memiliki kandungan fitonutrien dan karotenoid. Kedua senyawa ini dapat melindungi kulit dari radikal bebas. Dengan demikian, kulit terhindar dari keriput, noda hitam, dan bintik-bintik cokelat.

Menyembuhkan Jerawat

Zat antiinflamasi dalam bubuk alga biru-hijau mampu mengurangi efek pembengkakan, termasuk pada jerawat. Zat tersebut juga mencegah jerawat tumbuh kembali. Selain itu, metabolisme kulit kamu menjadi lancar sehingga penyembuhan jerawat lebih cepat.

Mengencangkan Kulit

Kulit kendur merupakan bagian dari tanda-tanda penuaan dini. Untuk mengencangkan kembali, kulit membutuhkan asam amino. Senyawa inilah yang membantu memproduksi kolagen. Fungsi kolagen tersebut untuk menjaga elastisitas dan kelembutan kulit.

Mengurangi Kantung Mata

Kamu sering begadang? Biasanya, orang yang suka begadang memiliki kantung mata tebal. Jika dibiarkan, kantung mata bisa mengganggu penampilan.

Menjawab permasalahan itu, beberapa perusahaan kosmetik membuat masker berbahan alga biru-hijau. Masker spirulina ini dipercaya mampu mengurangi ketebalan kantung mata. Agar hasilnya maksimal, pastikan kamu mengetahui cara menggunakan masker spirulina. 

Sudahkah kamu membeli spirulina sekarang? Meski relatif mahal, produk ini penting untuk menjaga kesehatan. Sayangnya, tidak semua orang bisa membelinya. Jadi, mari donasikan sebagian dana kita untuk membantu mereka yang membutuhkan melalui WeCare.id.

WeCare.id bersama Yayasan ASRI mengajak kamu berdonasi mulai dari Rp1.000 saja. Untuk memudahkan donasi, unduh aplikasi WeCare.id di ponselmu, Tunggu apa lagi?

download_app

Referensi :

Joe Lech, MS (2018). 10 Health Benefits of Spirulina. healthline.com

Karinta Ariani Setiaputri (2020). Menguak 4 Manfaat Penting Spirulina Bagi Kesehatan Tubuh. hellosehat.com

Ravi Teja Tadimalla (2020). Benefits Of Spirulina: 14 Major Reasons To Try This Superfood. stylecraze.com