Cara Sederhana Merawat Kulit Agar Tetap Cantik

Di era media sosial ini, Instagram menjadi salah satu kiblat untuk kecantikan. Para influencer atau penggiat kecantikan berlomba-lomba membahas produk kosmetik yang mereka gunakan dan tentu saja mempromosikannya. Beberapa produk kecantikan tersebut memiliki harga jual yang cukup fantastis. Maka tak heran jika kecantikan selalu diidentikan dengan mahal.

Sebenarnya untuk terlihat cantik tidak harus rumit atau mahal. kamu hanya perlu memperhatikan beberapa rahasia kecantikan dasar, hal-hal penting yang dapat membantu kamu terlihat dan merasa cantik tanpa menghabiskan banyak waktu atau uang.

Tiga Langkah Penting untuk Perawatan Kulit 

Berikut ini beberapa tips kecantikan yang dirangkum dari beberapa situs agar kamu terlihat cantik tanpa harus membuang banyak uang dan waktu.

  1. Pilih Sabun Pembersih Wajah (Cleanser) dengan Bijak

Langkah pertama untuk kulit yang sehat adalah membersihkan wajah dengan sabun pembersih wajah. Salah satu tips kecantikan terbaik adalah dengan menggunakan sabun pembersih wajah yang paling lembut yang dapat kamu temukan dan gunakan secukupnya saja.

Jangan cuci wajah terlalu sering, lebih dari dua kali sehari, karena kamu dapat merusak penghalang lipid alami, mantel pelindung dari pelumasan yang membuat kulit tetap terlihat dan terasa sehat. Jika penghalang itu hilang maka kulit menjadi kering dan dapat menyebabkan kamu terlihat lebih tua. 

  1. Gunakan Pelembab (Moisturizer)

Langkah kedua adalah gunakan pelembab atau moisturizer. Menurut Profesor Rhoda Narins, MD dari Universitas New York yang juga Presiden dari American Society of Dermatologic Surgery yang kamu butuhkan hanya pelembab yang baik dan pembersih wajah yang ringan dan kamu dapat terlihat lebih muda. Ketika kulit kamu kering, setiap kerutan terlihat menonjol sehingga kamu terlihat lebih tua. 

Jika kamu berusia 20-an atau 30-an, pelembab akan memberi kamu beberapa perlindungan yang kamu butuhkan untuk menjaga kulit dari penuaan dini.

Pelembab seperti apa yang kamu butuhkan?

Menurut Charles E. Crutchfield III, MD, seorang ahli dermatologi, profesor klinis dermatologi dari fakultas kedokteran Universita Minnesota, pelembab yang baik adalah produk yang akan melakukan apa saja dari menambahkan kelembapan, menjaga kelembaban yang telah kamu dapatkan, hingga membantu kulit kamu menghasilkan lebih banyak kelembaban. Jenis pelembab yang kamu pilih harus didasarkan pada kebutuhan individu kulit kamu.

Jika kulit normal kering, cari pelembab yang mengandung asam alfa hidroksi. Asam alfa hidroksi dapat membantu kulit menghasilkan lebih banyak kelembaban sendiri. 

Jika kulit sangat kering, Crutchfield juga menyarankan produk menggunakan teknologi yang disebut emulsi vesicular yang dapat memberikan kelembaban yang terus-menerus sepanjang hari.

Jika kamu kulit berminyak, carilah pelembab yang ringan dan lembut. Ingat bahwa minyak bukan pelembab. Jadi walaupun kulit kamu berminyak, kamu tetap membutuhkan pelembab. 

  1. Gunakan Sunscreen/tabir surya

Terakhir, lindungilah kulit kamu dengan sunscreen atau tabir surya. kamu pasti sudah tahu bahwa sunscreen atau tabir surya mengurangi risiko kanker kulit. Namun apakah kamu tahu juga bahwa tabir surya merupakan rahasia kecantikan luar biasa yang dapat membantu menjaga kulit tampak muda?

Ketika tabir surya menghalangi sinar matahari yang merusak, itu juga menghalangi efek penuaan dari sinar matahari. Menurut hasil penelitian gabungan dari Fr. Muller Medical College, Dr. Reddy’s Laboratories Ltd, Azeezia Medical College, dan Clinical Research Consultant, India Penggunaan tabir surya disarankan pada orang dewasa muda untuk mencegah dan meminimalkan efek photodamage (sejenis penuaan dini) lainnya.

Menurut American Academy of Dermatology tanpa perlindungan tabir surya, hanya beberapa menit dari paparan sinar matahari setiap hari selama bertahun-tahun dapat menyebabkan perubahan nyata pada bagaimana kulit terlihat dan terasa. kamu tidak hanya akan melihat lebih banyak kerutan dan garis-garis halus, tetapi juga lebih banyak bintik-bintik, age spots atau bintik-bintik gelap, dan spider veins atau terlihatnya pembuluh darah di wajah. 

Tabir surya dengan SPF 15 atau lebih tinggi disarankan oleh Crutchfield. jika kamu akan berada di bawah sinar matahari langsung untuk waktu yang lama, gunakan tabir surya setiap satu atau dua jam.

Produk-produk tersebut tersedia dengan variasi harga, mulai dari yang terjangkau sampai dengan yang mahal. Pilihlah produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kulit kamu, tentunya juga dengan mempertimbangkan dana yang siap kamu keluarkan untuk merawat wajah.  

Review : dr. Denita

Yuk, konsultasi dokter gratis dengan dokter SEHATI:  http://line.me/ti/p/~@Wecare.id

Sumber: 

https://www.eviemagazine.com/post/what-makes-a-woman-beautiful/

https://www.webmd.com/beauty/features/5-beauty-tips-secrets-women#1

https://www.thankyourbody.com/10-super-simple-all-natural-beauty-tips/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *