Pengertian, Manfaat, dan Cara Physical Distancing

Pengertian, Manfaat, dan Cara Physical Distancing

Physical distancing merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi di telinga pada masa pandemi seperti saat ini. Physical distancing dilakukan sebagai langkah pencegahan penyebaran virus Corona yang dianjurkan oleh pemerintah.  Pembatasan fisik ini dilakukan baik saat di luar rumah bahkan di dalam rumah.

Klik Untuk Donasi - Saling Bantu Untuk Indonesia Sehat
  1. Terdanai Rp.1,262,759,500
  2. Pencapaian 63.14%
  3. Donatur 149

Pasalnya, pandemi masih terus berlanjut  dan orang yang terkena infeksi virus Corona di Indonesia semakin meningkat. Oleh karenanya pemerintah pun menyerukan agar masyarakat mengikuti protokol kesehatan yang salah satunya adalah menjaga jarak aman dengan physical distancing ini.

Daftar isi:

  1. 1. Pengertian Physical Distancing
  2. 2. Manfaat Physical Distancing
  3. 3. Cara Physical Distancing

Pengertian Physical Distancing

Physical distancing atau jaga jarak aman minimal satu meter merupakan upaya pemerintah dalam mencegah penyebaran virus Corona. Masyarakat dihimbau untuk tidak berkerumun atau pergi ke tempat umum yang ramai serta tidak bersentuhan tangan. Disarankan juga agar saat bepergian masyarakat tidak naik transportasi padat penumpang seperti bus atau KRL.

Manfaat Physical Distancing

Banyak yang tidak menyadari Physical Distancing memiliki manfaat beragam tidak hanya untuk mencegah penularan virus Corona saja. Berikut ini penjelasannya. 

1. Mencegah Penyebaran Virus Corona

Tujuan utama dari diberlakukannya protokol jaga jarak ini adalah untuk mencegah penyebaran virus Corona agar tidak semakin meluas. Pasalnya, penularan virus Corona ini menyebar melalui droplet yaitu tetesan flu atau batuk penderita. Oleh karenanya dengan tetap tinggal di rumah kita akan lebih terlindung dari penularan ini.

2. Quality Time bersama Keluarga

Tidak banyak yang menyadari jika physical distancing justru memberikan manfaat lain yaitu memiliki waktu berkualitas baik me time maupun bersama keluarga yang jarang bisa diperoleh. Kita bisa bercengkerama, menonton TV bersama, bermain game, memasak dan masih banyak lagi.

3. Lebih Banyak Waktu untuk Rileks

Dengan bekerja di rumah atau work from home membuat waktu kita untuk bersantai jadi lebih banyak dibandingkan jika kita harus pergi bekerja ke kantor. Tidak hanya rileks, kita pun bisa memiliki banyak  waktu berolahraga agar badan tetap bugar.

4. Hobi dapat Tersalurkan 

Saat tinggal di rumah kita lebih banyak waktu untuk menyalurkan hobi  seperti memasak dan menambah skill dari hobi tersebut. Dengan demikian, kemampuan diri semakin meningkat bahkan hobi bisa berubah menjadi sumber pemasukan. 

5. Keuangan Lebih Terjaga

Berkurangnya aktivitas di luar rumah tentunya membuat keuangan kita dapat lebih aman. Tidak ada lagi acara kumpul bareng teman, nobar, ataupun berbelanja ke mal. Satu-satunya ancaman hanyalah belanja online yang bisa dilakukan dengan sekali klik.

Bantu Penuhi Kebutuhan Sembako Saudara Terdampak Covid-19

Cara Physical Distancing

Bagaimana caranya agar kita dapat melakukan physical distancing atau jaga jarak aman setidaknya 1 meter dari orang lain?

Berikut cara jaga jarak aman saat kita berada di luar rumah.

1. Memilih transportasi yang aman

2. Melakukan aktivitas sosial yang aman

3. Saat berada di suatu acara tetap jaga jarak aman

4. Membatasi kontak fisik seminimal mungkin

5. Saat berolahraga tetap jaga jarak

Nah, itulah ulasan tentang physical distancing yang memiliki banyak manfaat di luar kesehatan kita. WeCare.id mengajak kamu untuk berderma menyisihkan sedikit dana bagi mereka yang saat ini sedang terbaring sakit. Yuk, kita bantu mereka dengan berdonasi mulai dari Rp1.000 saja di WeCare.id. Bila ingin berdonasi dengan lebih praktis, kamu juga bisa mengunduh aplikasinya di App Store atau Google Play.  Let’s fight Corona virus together!

Klik Untuk Donasi - Academics in Australia Supporting Indonesia's Covid-19 Response
  1. Terdanai Rp.77,294,000
  2. Pencapaian 70.27%
  3. Donatur 82

Referensi :

Dr. Fadhli Rizal Makarim (2021). Ini 5 Cara Melakukan Physical Distancing dari link https://www.halodoc.com/artikel/ini-5-cara-melakukan-physical-distancing.

Dr. Kevin Adrian, Alodokter (2021). Terapkan physical distancing saat ini juga. Diakses pada 25/5/2021 dari link https://www.alodokter.com/terapkan-physical-distancing-saat-ini-juga

Rizka Mifta (2020). 7 Manfaat physical distancing yang nggak kamu sadari. Diakses pada 25/5/2021 dari link https://www.brilio.net/kesehatan/7-manfaat-physical-distancing-yang-nggak-kamu-sadari-2004083.html

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *