Berbagi Kebahagiaan Dengan Anak Yatim

Berbagi Kebahagiaan Dengan Anak Yatim

Tidak semua anak mampu menghabiskan waktu spesial ini dengan keluarga inti mereka. Salah satunya adalah anak yatim. Karenanya, sangatlah penting untuk bisa berbagi kebahagiaan kepada anak yatim. Berbagi dengan mereka juga memberikan banyak keutamaan bagi kita. Apa saja keutamaan tersebut? Yuk simak bersama.

Klik Untuk Donasi - Khitanan Massal Anak Yatim & Dhuafa
  1. Terdanai Rp.1,183,000
  2. Pencapaian 3.82%
  3. Donatur 30

Daftar isi:

  1. 1. Keutamaan Memuliakan Anak Yatim
  2. 2. Cara Menyantuni Anak Yatim Sesuai Anjuran Nabi Muhammad SAW

Keutamaan Memuliakan Anak Yatim

1. Menjadi Teman Rasulullah

Umat muslim tentunya memiliki tujuan untuk bisa mendapatkan surga dan bertemu Rasulullah SAW. Salah satunya adalah dengan senantiasa menyantuni anak yatim. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda dalam hadist riwayat Imam Bukhari, “Saya dan orang yang memelihara anak yatim itu dalam surga seperti ini.” Rasulullah SAW kemudian mengisyaratkan dengan jari telunjuk dan jari tengahnya. 

2. Pertolongan Dari Allah

Menolong sesama tidak akan memberikan kerugian bagi kita. Bahkan, Allah SWT akan memberi pertolongan bagi hamba-Nya yang senang menolong umatnya. Dari HR Muslim dan Ashhabus Sunan dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW bersabda, “….Allah akan menolong hamba-Nya selama hamba itu menolong saudaranya.”

3. Masuk Surga

Dengan memelihara dan menolong anak yatim, kita akan mendapat tiket untuk ke surga. Dalam HR Tirmidzi dari Ibnu Abbas, Rasulullah SAW bersabda, “Orang yang memelihara anak yatim di kalangan umat muslim, memberikannya makan dan minum, pasti Allah akan masukkan ke dalam surga, kecuali ia melakukan dosa yang tidak bisa diampuni.”

Peduli Anak Panti Asuhan Ende dan Sumba bersama negerianak.id

4. Gelar Abror atau Taat Kepada Allah SWT

Keutamaan lain berbagi kebahagiaan untuk lebaran anak yatim adalah mendapatkan predikat abror. QS. Al-Insan: 5-6 berbunyi, “Sesungguhnya orang-orang yang berbuat kebajikan (abror) minum dari gelas (berisi minuman) yang campurannya adalah air kafur. Yaitu mata air (dalam surga) yang diminum oleh hamba-hamba Allah dan mereka dapat memancarkannya dengan sebaik-baiknya. Mereka menunaikan nazar dan takut akan suatu hari yang azabnya merata di mana-mana. Dan mereka memberikan makanan yang disukainya kepada orang miskin, anak yatim dan orang yang ditawan.”

5. Terhindar Siksa Neraka

Memelihara anak yatim juga akan menghindarkan kita dari siksa neraka. Rasulullah SAW bersabda, “Demi Yang Mengutusku dengan hak, Allah tidak akan menyiksa pada hari kiamat nanti orang yang menyayangi anak yatim, lemah lembut pembicaraan dengannya, menyayangi keyatiman dan kelemahannya.” (HR. Thabrani dari Abu Hurairah).

Cara Menyantuni Anak Yatim Sesuai Anjuran Nabi Muhammad SAW

Ada banyak cara membantu anak yatim, mulai dari memberikan zakat, sedekah, hingga memelihara dan memuliakan mereka. Beberapa kebutuhan mereka yang patut kita penuhi antara lain kebutuhan pendidikan, pangan, dan kesehatan. 

“Diriwayatkan dari Abu Hurairah, bahwa ada seorang laki-laki yang mengadukan kekerasan hatinya kepada Rasulullah SAW, maka beliau bersabda: ‘Usaplah kepala anak yatim dan berilah makan orang miskin.’” [HR. Ahmad dengan perawi shahih].

Selain memberikan manfaat dan kebahagiaan untuk anak yatim, kita pun mendapat banyak sekali kebaikan. Jika kamu bingung harus memulai donasi dari mana, cukup kunjungi website WeCare.id atau download aplikasinya di Play Store atau App Store. Di sini, kamu akan bertemu banyak sekali orang yang menunggu uluran tangan kamu. Yuk download aplikasinya sekarang dan dapatkan kebaikan dengan menolong sesama. Donasi bisa dimulai dari 1000.

Klik Untuk Donasi - Sedekah Beras dan Makanan Bergizi untuk Yatim Terlantar
  1. Terdanai Rp.7,220,375
  2. Pencapaian 1.25%
  3. Donatur 51

Referensi

Oktober 2020. 10 Keutamaan Menyantuni Anak Yatim. insanbumimandiri.org

Lusiana Mustinda (November 2019). 7 Keutamaan Menyayangi Anak Yatim dalam Islam. news.detik.com

Hasanul Rizqa (Mei 2020). Cara Menyantuni Anak Yatim Sesuai Anjuran Nabi. Republika.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *