Apa Itu Kista? Mari Kenali Gejala, Penyebab, dan Penanganannya

Apa Itu Kista? Mari Kenali Gejala, Penyebab, dan Penanganannya

Kista merupakan suatu kondisi munculnya kantong di bagian tubuh yang dapat berisi cairan, gas, maupun zat padat. Kista dapat muncul di mana saja, bisa di bagian wajah, kepala, tangan, maupun kaki. Kista juga dapat muncul pada organ bagian dalam seperti ovarium, ginjal, hati, otak, maupun rahim (Adrian, 2020). Tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang kista? Yuk, simak ulasan tentang pengertian kista, gejala, dan obatnya berikut ini.

Klik Untuk Donasi - Ibu hamil ini memiliki kista pada ginjalnya, bantuanmu sangat diharapkan!
Kista
Tati R
Oleh Medikator WeCare.id
  1. Terdanai Rp.14,421,207
  2. Pencapaian 52.44%
  3. Donatur 84

Daftar isi:

  1. 1. Penyebab Kista
  2. 2. Gejala Kista
  3. 3. Pengobatan Kista

Penyebab Kista

Penyebab kista secara pasti memang belum bisa disimpulkan, sama halnya dengan penyakit kanker. Namun, berikut terdapat beberapa hal yang disinyalir kuat menjadi penyebab munculnya penyakit kista di dalam tubuh:

  • Riwayat kista pada keluarga (faktor genetik)
  • Infeksi
  • Adanya tumor
  • Gangguan kromosom dan DNA
  • Gangguan perkembangan embrio
  • Inflamasi dalam jangka waktu yang lama
  • Adanya sumbatan pada salah satu saluran tubuh
  • Terkontaminasi parasit
  • Adanya cedera (Halodoc, 2020)

Selain itu ada beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan seseorang mengalami penyakit kista, yaitu:

1. Usia

Wanita dengan usia subur memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami kista ovarium. Hal ini berkaitan erat dengan periode menstruasi yang dialami oleh wanita usia subur.

2. PCOS (Sindrom Policystic Ovarium)

Sindrom Polikistik Ovarium terjadi akibat ketidakstabilan hormon yang menyebabkan terjadinya gangguan pembentukan folikel untuk pelepasan telur. Hal ini menyebabkan gangguan pada sistem reproduksi wanita dan meningkatkan risiko munculnya kista di dalam ovarium.

3. Penggunaan Obat Penyubur Kandungan

Penggunaan obat penyubur kandungan dapat mempengaruhi hormon di dalam tubuh.  Obat penyubur kandungan juga meningkatkan pelepasan telur atau membantu terjadinya ovulasi. Namun, obat penyubur kandungan juga meningkatkan risiko terjadinya sindrom hiperstimulasi ovarium yang dapat menimbulkan  kista dalam jumlah banyak atau besar (Halodoc, 2020).

4. Endometriosis

Endometriosis merupakan suatu kondisi ketika jaringan yang seharusnya melapisi rahim mengalami penumpukan dan tumbuh di luar rahim (Upahita, 2021). Penumpukan jaringan ini dapat menimbulkan terjadinya kista di dalam rahim.

Gejala Kista

Gejala kista yang utama yaitu adanya benjolan di salah satu organ tubuh. Pada awalnya, sering kali kista tidak menimbulkan gejala, namun lambat laun ketika kista ini semakin membesar maka dapat menimbulkan berbagai gejala, antara lain:

  • Infeksi di area kista dan sekitarnya. Infeksi ditandai dengan kemerahan, perubahan struktur dan fungsi jaringan, pembengkakan, dan nyeri.
  • Terdapat nanah atau darah pada area kista
  • Mual, kadang disertai muntah
  • Demam
  • Sakit Kepala (Mukaromah, 2020).

Berat ringannya gejala yang dialami penderita kista dapat bervariasi, tergantung tingkat keparahan, lokasi, dan ukuran kista.

Nasi Rames untuk Penunggu Pasien di Rumah Sakit

Pengobatan Kista

Beberapa tindakan medis yang dilakukan untuk mengobati kista yaitu:

1. Pemberian Kortikosteroid

Pemberian kortikosteroid digunakan untuk mengurangi peradangan atau inflamasi pada kista dan daerah di sekitarnya.

2. Biopsi dan Aspirasi

Biopsi merupakan tindakan pengambilan contoh jaringan untuk mengetahui apakah jaringan tersebut tergolong jinak atau ganas. Tindakan aspirasi atau pengambilan cairan menggunakan jarum khusus terkadang dilakukan untuk mengatasi kista yang berisi cairan.

3. Operasi

Tindakan operasi dilakukan jika tindakan aspirasi tidak dapat dilakukan atau tidak berhasil.

Demikian ulasan tentang pengertian kista, gejala, dan obatnya. Saat ini masih banyak saudara kita yang menderita kista dan membutuhkan bantuan untuk melakukan operasi pengangkatan kista. Ingin turut serta membantu meringankan beban mereka? Donasi saja melalui Wecare.id, kapan saja  dan di mana saja.

Klik Untuk Donasi - Alami Gejala Bronkopneumonia Berkepanjangan, Achazia Butuh Uluran Tanganmu Segera!
Bronkopneumonia
Achazia Aditama
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.619,000
  2. Pencapaian 14.47%
  3. Donatur 16

Referensi:

Adrian, K. (2020). Mengenal Macam-macam Kista di Tubuh – Alodokter. 2020. https://www.alodokter.com/mengenal-macam-macam-kista-di-tubuh

Halodoc, R. (2020). Kista – Pengertian, Gejala, Penyebab, Faktor Risiko, Diagnosis, Pencegahan, Pengobatan, Kapan Harus ke Dokter | Halodoc.com. 2020. https://www.halodoc.com/kesehatan/kista

Mukaromah, V. (2020). Apa Itu Kista? Simak Jenis, Gejala, dan Pencegahannya Halaman all – Kompas.com. 2020. https://www.kompas.com/tren/read/2020/07/20/190300165/apa-itu-kista-simak-jenis-gejala-dan-pencegahannya?page=all

Upahita, D. (2021). Endometriosis: Pengertian, Gejala dan Pengobatan • Hello Sehat. 2021. https://hellosehat.com/wanita/penyakit-wanita/endometriosis/

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *