Apakah Bejolan Lipoma Berbahaya? Berapa Biayanya Jika Harus Operasi?

Apakah Bejolan Lipoma Berbahaya? Berapa Biayanya Jika Harus Operasi?

Bila Anda memiliki benjolan bentuknya bulat di leher, bahu, punggung, atau lengan yang terasa lembut, kenyal itu adalah lipoma. Benjolan yang bisa digerakkan dan berada di bawah kulit ini adalah tumor non-kanker yang terdiri dari sel-sel lemak yang paling umum terjadi pada orang dewasa. Kebanyakan lipoma tidak sakit kecuali jika diremas atau memar.

Lipoma bisa tumbuh di mana saja di tubuh, tetapi paling banyak ditemukan di bahu, batang tubuh, ketiak, dan leher. Benjolan ini jarang terbentuk di otot dan organ dalam. Kecenderungan benjolan ini yaitu tumbuh perlahan. Kebanyakan tumbuh selama beberapa bulan atau tahun. Ukuran lipoma biasanya kecil, kurang dari 2 inci. Namun kadang ditemui juga lipoma yang ukurannya lebih besar, mencapai hampir 8 inci.  

Terjadi pada 1 dari setiap 1.000 orang, lipoma merupakan penyakit yang umum. Biasanya orang dengan lipoma hanya mempunyai satu benjolan, walaupun ada juga yang memiliki beberapa, jumlahnya sekitar 20%. Penyakit ini dapat menjangkiti semua kelompok umur. Bahkan penyakit ini juga bisa muncul saat lahir. Umumnya penyakit ini muncul pada mereka yang berusia antara 40 dan 60 tahun.

Apakah Lipoma Bersifat Kanker?

Karena lipona hampir selalu jinak, berarti benjolan ini tidak bersifat kanker juga tidak akan berkembang jadi kanker. Ada kanker yang terjadi di dalam jaringan lemak dan sangat langka yang dikenal dengan liposarcoma. Penyakit ini mungkin terlihat seperti lipoma dalam. Jika Anda merasa benjolan di tubuh Anda tumbuh dengan cepat dan terasa sakit, segera kunjungi dokter untuk diperiksa.

Apa penyebab lipoma?

Tidak diketahui apa yang menjadi penyebab lipoma. Penyebab lipoma bisa jadi karena trauma fisik. Akan tetapi masih belum jelas apa trauma fisik yang menyebabkan lipoma. Atau kemungkinan lipoma terdeteksi karena dilakukan pemeriksaan medis pada area tubuh tersebut.

Dalam kasus lain, sindrom Gardner yang merupakan kondisi genetik dan lipomatosis multipel herediter mengakibatkan seseorang mempunyai beberapa lipoma. Penyakit Madelung adalah kondisi langka lainnya yang lebih banyak terlihat pada pria yang banyak minum alkohol. Ada juga Sindrom Cowden yaitu suatu kondisi yang ditandai dengan tumor non-kanker yang meningkatkan risiko kanker tertentu.

Jenis Lipoma

Berikut ini adalah jenis-jenis lipoma berdasarkan cara munculnya lipoma yaitu:

  • Lipoma konvensional: jenis lipoma yang sangat umum yang berisi lemak putih
  • Hibernoma: jenis lipoma yang langka yang berisi lemak coklat non-kanker
  • Fibrolipoma: jenis lipoma jinak atau non-kanker dengan sebagian besar terdiri dari jaringan lemak dan fibrosa
  • Angiolipoma: jenis lipoma langka yang menyebabkan nyeri yang berisi lemak dan sebagian besar pembuluh darah
  • Myelolipoma: jenis lipoma langka, terkait dengan sel lemak dan jaringan yang bertanggung jawab untuk pembentukan sel darah
  • Lipoma sel spindel: tumor sel lemak dan sel spindel yang tidak menimbulkan rasa sakit dan bukan kanker
  • Lipoma pleomorfik: jenis lipoma yang mengandung sel lemak dengan ukuran dan bentuk berbeda
  • Lipoma atipikal: tumor non-kanker yang terbentuk dari sel lemak yang lebih dalam

Jika Anda memiliki benjolan di bagian tubuh mana saja, terasa nyeri, panas atau merah, keras dan tidak bergerak, segera cek ke dokter. Biasanya dokter umum bisa  mengetahui apakah benjolan itu adalah lipoma. Bila terdapat keraguan, mungkin dokter akan menyarankan pada Anda untuk melakukan scan untuk memeriksa benjolan tersebut. Meski jarang terjadi, beberapa benjolan di bawah kulit bisa jadi pertanda sesuatu yang lebih serius.

Bagaimana Lipoma Didiagnosis?

Dokter mungkin akan memeriksa benjolan yang ada pada tubuh Anda dengan cara-cara berikut untuk menentukan apakah benjolan itu lipoma atau yang lainnya:

  • Pemeriksaan fisik
  • Biopsi atau pengangkatan sampel jaringan untuk pemeriksaan mikroskopis
  • Tes pencitraan, contohnya MRI, ultrasound, dan CT scan

Perawatan dan Pengobatan untuk Lipoma

Umumnya lipoma tidak perlu dirawat kecuali jika benjolan itu menganggu Anda. Akan tetapi, untuk mengetahui apakah tumor tumbuh atau berubah dengan cara lain dokter akan merekomendasikan penjadwalan pemeriksaan berkala.

Contohnya, jika ukurannya cukup besar sehingga menekan saraf di sekitarnya, lipoma bisa menjadi menyakitkan. Bisa juga kemungkinan lipoma mengandung banyak pembuluh darah. Jika kedua kasus tersebut terjadi, dokter mungkin akan menyarankan supaya lipoma diangkat dengan salah satu cara ini:

  • Operasi pembedahan adalah pengangkatan lipoma yang dilakukan melalui bedah operasi untuk menghilangkan benjolannya secara permanen.
  • Liposuction atau sedot lemak dilakukan untuk mengeluarkan isi benjolan dengan menggunakan jarum suntik besar. Sebelum dilakukan sedot lemak, terlebih dahulu akan dilakukan bius lokal.
  • Suntikan steroid adalah pilihan pengobatan lainnya. Cara ini bisa mengecilkan lipoma tapi tidak menghilangkannya

Biaya Operasi Lipoma

Mengenai biaya untuk operasi pengangkatan lipoma di tubuh bisa dibilang  sangat variatif, yaitu bergantung rumah sakitnya serta kelengkapan alat yang digunakan untuk operasinya. Ini membuat biaya operasi pengangkatan lipoma tak jauh beda dengan biaya operasi untuk prostat, hernia, atau jenis operasi lainnya.

Biaya operasi lipoma di rumah sakit di Indonesia sangat beragam, harga satu rumah sakit akan berbeda dengan rumah sakit lainnya. Akan tetapi biasanya biaya operasi lipoma atau berupa benjolan tersebut ada pada kisaran Rp6.000.000 hingga Rp20.000.000 jika operasi menggunakan biaya sendiri.

Dikutip dari Hallo Palembang.go.id biaya operasi lipoma di RSUD Bari Palembang untuk biaya operasinya saja sebagai berikut:

  • Operasi kecil

Lipoma: Rp800.000

  • Operasi Sedang – Anak

Biopsi/eksisi KGB, Lipoma, Ganglion, Atheroma:  Rp3.850.000

  • Onkologi

Ektirpasi Kista Ateroma/Ganglion/Lipoma>2 cm: Rp2.300.000

Ekstirpasi tumor jinak kulit Ø > 3cm (atheroma,lipoma, dll): Rp 8.000.000

Besaran biaya juga akan dipengaruhi oleh seberapa parah lipoma yang diderita. Semakin parah dan jumlahnya banyak maka akan semakin mahal biaya operasi tersebut. Selain itu, pelayanan rumah sakit juga bisa menentukan biaya operasi. Semakin baik pelayanannya biasanya semakin mahal.

BPJS kesehatan juga bisa digunakan untuk pengobatan lipoma karena lipoma ditanggung oleh BPJS kesehatan. Agar biaya operasi lipoma menggunakan BPJS gratis sepenuhnya, pasien harus mengikuti prosedur yang telah ditetapkan, seperti pasien merupakan peserta aktif dan tidak mempunyai tunggakan iuran. Prosedur lainnya yaitu menjalani pemeriksaan awal di fakses 1 dan agar mendapat rujukan dari dokter untuk dilakukan operasi.

Sumber:

https://www.nhs.uk/conditions/lipoma/

https://www.everydayhealth.com/lipoma/guide/

https://www.healthline.com/health/skin/lumps

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/15008-lipomas

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *