Pentingnya Belajar Parenting dalam Pembentukan Karakter Anak

Pentingnya Belajar Parenting dalam Pembentukan Karakter Anak

Arti parenting secara harafiah adalah pola pengasuhan anak. Pola ini sangat berpengaruh pada pembentukan karakter anak dan bisa mengarahkan mereka ke arah yang positif maupun negatif. Ini semua tergantung dari nilai-nilai apa yang kita ajarkan dan tanamkan pada anak. Namun, tidak semua pola pengasuhan cocok, inilah mengapa mempelajari parenting itu penting. 

Klik Untuk Donasi - Khitanan Massal Anak Yatim & Dhuafa
  1. Terdanai Rp.1,183,000
  2. Pencapaian 3.82%
  3. Donatur 30

Daftar isi:

  1. 1. Manfaat belajar parenting
  2. 2. Parenting Islami
  3. 3. Kewajiban orang tua dalam mendidik anaknya dari perspektif parenting Islami
  4. 4. Beberapa cara untuk menerapkan parenting Islami

Manfaat belajar parenting

Manfaat belajar parenting tidak hanya dirasakan ketika kita berkomunikasi dengan anak. Secara umum, manfaat parenting antara lain:

  • Memahami perkembangan atau pertumbuhan manusia sejak masa pembuahan hingga dewasa. Setiap tahap perkembangan manusia memiliki problemanya sendiri. Dengan memahami permasalahan yang dihadapi dalam setiap tahap perkembangan, maka kita mengetahui cara menghadapinya. 
  • Siap menerima perbedaan karakter. Karena sudah memahami cara menghadapi anak dengan karakter berbeda-beda, maka kita bisa menerapkan pengetahuan tersebut ketika berhadapan dengan orang lain 
  • Bisa mengenali apa yang baik dan buruk bagi anak dengan alasan logis. 

Parenting penting karena menentukan masa depan anak dan kepribadiannya di masa mendatang. Salah satu opsi parenting yang akan memberikan dampak positif untuk anak kita adalah parenting Islami, terutama bagi keluarga yang memeluk agama Islam. Parenting ini menjadi salah satu pilihan Parenting Indonesia yang paling populer terutama karena banyaknya jumlah pemeluk agama Islam di Indonesia. 

Parenting Islami

Parenting Islami adalah pola pengasuhan anak menggunakan nilai-nilai dan ajaran Islami sehingga anak tumbuh menjadi pribadi berakhlak dan berbudi luhur. Pedoman dari parenting Islami adalah Al-Quran, terutama pembahasan mengenai tugas dan kewajiban anak terhadap orang tua, serta tugas dan kewajiban orang tua terhadap anak. 

Kewajiban orang tua dalam mendidik anaknya dari perspektif parenting Islami

1. Menjalin hubungan harmonis antara anak dengan Allah SWT

Setiap manusia adalah ciptaan Allah, maka sudah sepatutnya kita mengenal sang Pencipta. Sebelum mengenalkan kewajiban-kewajiban kita terhadap Allah, perlu untuk memberikan penjelasan kepada anak mengapa kita wajib menaati Allah. Semua itu karena Allah sang pencipta dan pemilik hidup kita. Menaati Allah membawa hidup kita menjadi lebih baik dan bahagia. 

Shalat adalah sarana berkomunikasi dengan Allah, maka sudah sebaiknya kita mengajarkan shalat sejak dini, memberi penjelasan mengapa harus shalat dan manfaat yang didapat dari tekun melaksanakan shalat.

2. Anak kuat iman dalam menghadapi tantangan zaman

Dengan menanamkan nilai-nilai islami yang kuat, anak akan memiliki pendirian yang kuat dalam menghadapi tantangan zaman dan ajakan untuk berbuat dosa. 

3. Mengajarkan anak untuk memiliki hubungan yang harmonis dengan lingkungan sekitarnya

Dalam ajaran Islam, hubungan antar manusia sama pentingnya dengan hubungan manusia dengan Allah. Dalam Al-Quran, terdapat pedoman bergaul dengan sesama manusia, hubungan yang didasari sikap saling menghormati dan kasih. Tidak hanya dengan sesama manusia, Allah juga mengajarkan kita untuk mencintai hewan dan tumbuhan dengan menjaga lingkungan. 

Menderita Sesak Akibat Jantung Bocor dan Hipotiroid, Adik Shakila Butuh Pertolonganmu!

Beberapa cara untuk menerapkan parenting Islami

  • Memberikan lantunan ayat suci Al-Quran sehingga anak ingat dan hafal di luar kepala. Hal ini perlu dibarengi dengan memberikan pemahaman dan cerita-cerita Islami. 
  • Orang tua memberikan teladan. Seperti kata pepatah, anak tumbuh dengan melihat punggung orang tuanya. Jika kita ingin agar anak kita memiliki sifat dan sikap tertentu, maka mereka perlu melihat contohnya dari kita terlebih dahulu. 

Tipe parenting yang tepat akan mempersiapkan masa depan anak yang lebih baik. Kunjungi situs kami di https://wecare.id/ untuk membantu teman-teman yang membutuhkan dana tindakan medis. 

Klik Untuk Donasi - Berbagi Buku Untuk Tingkatkan Literasi Anak Indonesia
  1. Terdanai Rp.81,266,000
  2. Pencapaian 17.67%
  3. Donatur 16

Kamu juga bisa berdonasi lebih mudah melalui aplikasi WeCare.id. Caranya, download aplikasi WeCare.id di ponselmu. Donasi yang kamu berikan tentu sangat berharga untuk teman-teman yang membutuhkan.

Referensi:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *