5 Prinsip Parenting Membentuk Karakter Positif pada Anak

5 Prinsip Parenting Membentuk Karakter Positif pada Anak

Anak-anak itu bagaikan kertas putih yang bisa ditulisi apa saja oleh orang tuanya. Orang tualah yang nantinya akan menentukan apakah anak akan menjadi orang dengan karakter yang baik atau yang buruk.  

Memang membesarkan dan mendidik anak bukanlah hal yang mudah. Pola asuh yang salah bisa mempengaruhi karakter anak di masa depan. Artikel ini akan membagikan 5 prinsip parenting membentuk karakter positif bagi para orang tua. Simak, ya.

Jadilah Model Bagi Anak

Orang tua yang memperlihatkan kualitas karakter yang baik dapat mencontohkan nilai-nilai mereka kepada anak-anak mereka. Contohkan pilihan dan tindakan yang penting untuk menjadi orang yang berkarakter baik. Jika orang tua jujur, penyayang, dapat dipercaya, hormat, adil, dan terlibat dalam kebaikan di keluarga maupun komunitas, anak-anak akan melihat ini dalam tindakan dan pilihan orang tua sehari-hari. 

Klik Untuk Donasi -


Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.0
  2. Pencapaian nan%
  3. Donatur 0

Psikolog Michele Borba dalam bukunya mengenai perkembangan moral pada anak, mengajarkan bahwa langkah pertama yaitu empati. Empati dalam hubungan orang tua dan anak memungkinkan orang tua untuk mengajarkan semua nilai karakter lainnya kepada anak. Ketika anak merasa bahwa orang tua memahami dan memedulikanya, ia memiliki motivasi intrinsik untuk mempelajari pelajaran tentang cinta dan karakter yang diajarkan oleh orang tua. 

Berikan Tanggung Jawab Pada Anak

Berikan semua anggota keluarga tanggung jawab untuk mengurus rumah. Walaupun seringkali lebih mudah untuk membuang sampah, membersihkan meja, atau mencuci piring sendiri dibandingkan  menunggu anak melakukannya, orang tua berkewajiban membantu anak belajar menyeimbangkan kebutuhan dan keinginannya sendiri dengan kebutuhan dan keinginan orang lain, anggota keluarga, dan akhirnya, anggota masyarakat lainnya.

Berikan Pujian dan Disiplin

Ketika orang menetapkan ekspektasi yang jelas, mereka perlu meminta pertanggungjawaban anak atas tindakannya, setiap saat. Jika tindakan anak mengikuti apa yang diharapkan oleh orang tua, jangan segan untuk memberikan pujian. Jika tindakan anak tidak sesuai harapan, gunakan disiplin yang sesuai. Berikan pujian untuk karakter yang baik dengan lantang di depan orang lain, tapi jangan pernah mengoreksi karakter anak di depan orang lain. Tindakan pertama akan meningkatkan harga dirinya, tapi tindakan kedua bisa benar-benar menghancurkan diri anak. 

Klik Untuk Donasi - Terlahir Tanpa Anus, Yuk Bantu Khalif Hidup dengan Normal
Atresia Ani
Khalif Ibrahim Pangesti
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.6,937,009
  2. Pencapaian 100.54%
  3. Donatur 56

Meminta pertanggungjawaban anak bukan berarti orang tua harus mengkritiknya di depan orang lain, termasuk di depan teman-temannya. Jika orang tua segera mendisiplinkan anak di depan orang lain, pelajaran yang coba diajarkan orang tua akan hilang karena anak akan terlalu malu untuk bisa meresapi apa yang diajarkan orang tua.

Jika orang tua gagal untuk konsisten dan meminta pertanggungjawaban anak mereka, anak tidak akan mempelajari karakter yang coba diajarkan orang tua padanya.

Ajarkan Sifat Mandiri

Orang tua yang berhasil menumbuhkan sifat mandiri pada anak akan menghasilkan anak yang memiliki karakter positif.  Anak tahu bahwa mereka bisa melakukan apapun yang mereka inginkan selama itu adalah sesuatu yang positif dan tidak merugikan atau mengganggu orang lain. Karakter mandiri akan membuat anak jadi lebih kuat dan bisa lebih sabar ketika mencerna suatu masalah.

Anak yang diajarkan untuk mandiri juga akan memiliki rasa percaya diri dan berani untuk mengambil keputusan. Mereka juga tidak akan mudah dipengaruhi oleh orang lain dan lingkungannya yang tidak baik.

Tidak Memanjakan Anak

Saat anak dalam kesulitan orang tua pasti akan merasa tidak tega, terutama saat anak merengek, orang tua biasanya langsung luluh dan akan berusaha untuk memenuhi kemauan anaknya. Menuruti kemauan anak adalah salah satu bentuk dukungan tetapi bukan berarti harus memenuhi semua permintaanya. Dengan menuruti semua permintaan anak, orang tua cenderung akan menjadikan anak itu menjadi manja. Ajarkan anak untuk berusaha sendiri untuk mendapatkan sesuatu yang ia inginkan, contohnya dengan mengajarkan menabung untuk sesuatu yang ia inginkan.

Membantu orang lain adalah salah satu contoh karakter positif yang bisa diajarkan orang tua pada anak. Cobalah luangkan waktu bersama anak untuk untuk meluangkan waktu dengan membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit. Cukup download aplikasi WeCare.id untuk donasi mudah dan praktis kapan saja.

download_app

Referensi

5 Prinsip Parenting yang Mendukung Anak Berpikir Positif. (2019). finansialku.com.

5 Tips Parenting Anak Untuk Bentuk Karakter Baik Si Kecil. (2020). mamasewa.com.

Fostering Your Child’s Good Character. (2020). familyeducation.com.

Keith, K. L. (2019). Ways to Build Character in Children. verywellfamily.com.

Twenty Strategies to Help Your Children Develop Good Character. (2003). charactered.net.