Takut Ngobrol dengan Orang Asing? Coba Tips Ini

Takut Ngobrol dengan Orang Asing? Coba Tips Ini

Pernahkah kamu merasa kesulitan untuk memulai sebuah percakapan dengan orang asing? Ada perasaan terintimidasi ketika harus berbicara dengan mereka. Perasaan takut salah atau takut ditertawakan adalah jawaban yang umum diberikan saat harus ngobrol dengan orang dari negara lain. 

Klik Untuk Donasi - Ayo Bantu WeCare.id Kirim Donasi ke Seluruh Nusantara!
  1. Terdanai Rp.12,024,017
  2. Pencapaian 7.73%
  3. Donatur 276

Untuk orang yang mahir dan memiliki percaya diri yang tinggi, mereka tak memiliki kesulitan ketika harus berbicara dengan orang dari negara lain. Namun bagi kamu yang merasa tak mampu atau pemalu, ini adalah sebuah tantangan yang besar. Jangan khawatir! Berikut ini tips yang dirangkum dari berbagai sumber untuk bisa ngobrol dengan orang asing.

1. Berani serta kurangi rasa khawatir

Walaupun terasa tak nyaman, beranilah untuk mencoba melakukannya. Mungkin kamu akan lebih baik daripada yang kamu ekspekstasikan, pun sebaliknya. Juliana Schroeder, Aasisten Profesor di sekolah Haas School of Business dari University of California Berkeley menyarankan supaya tidak merasa takut untuk bicara dengan orang yang nampak berbeda darimu. Justru kesempatan ini bisa jadi sebuah pengalaman yang sangat menarik dan mencerahkan.

2. Perkenalkan diri

Untuk memulai obrolan dengan orang asing, kamu bisa mulai dengan memperkenalkan diri dahulu. Memperkenalkan diri dapat membantumu memecahkan kebekuan serta membuatmu merasa nyaman. Sesudah memperkenalkan diri, kamu bisa meminta orang lain supaya melakukan tindakan yang sama.

3. Perlihatkan rasa penasaran

Agar bisa mengobrol dengan lebih menyenangkan jangan ragu untuk bertanya. Menurut penelitian memperlihatkan bahwa orang banyak bertanya lebih disukai dibandingkan mereka yang cenderung tidak aktif bertanya. 

4. Berikan pujian

Untuk mengalihkan fokusmu serta membuat orang jadi merasa lebih baik, cobalah berikan dia pujian. Pujian disebut-sebut bisa mengalihkan fokus serta membuat orang merasa lebih baik.

Menurut Sandstrom, dosen senior dari jurusan Psikologi University of Essex, saat kamu khawatir mengobrol dengan orang baru, kamu cenderung akan berkutat dengan pikiranmu sendiri, membuat pertimbangan apakah yang kamu lakukan benar atau salah. Oleh karena itu, untuk membantu melewati rasa canggung yang dialami, pusatkan perhatian pada hal lain. 

5. Jangan lupakan tata krama 

Ungkapan sederhana, seperti tolong dan terima kasih, atau padanan lain, ini adalah dua frasa yang sangat singkat dan sangat sederhana.

Sebagian orang menganggap hal ini sebagai sesuatu yang dibesar-besarkan. Bisa jadi seperti itu, tetapi mengucapkan kata-kata ini tidak boleh dipandang sebagai aktivitas yang berat walaupun sebagian besar orang cenderung mengabaikan kosa kata ini saat mengobrol.

6. Pertahankan kontak mata

Bila kamu melakukan percakapan dengan orang asing, mereka akan berasumsi kamu membutuhkan sesuatu. Ini bisa berupa petunjuk arah, bisa juga meja di restoran, atau mungkin hanya tip tentang apa yang baik untuk dilakukan dan dicoba di daerah setempat.

Oleh karena itu, kamu disarankan untuk mempertahankan seni kontak mata saat mereka meresponsmu. Karena jika tidak, kemungkinan besar mereka akan menganggap kamu tidak sopan.

7. Tersenyum

Kamu akan mendapatkan respons yang jauh lebih baik jika memulai percakapan dengan senyuman. Bagaimanapun, sebagian besar penutur asli senang ketika orang asing berusaha untuk berbicara dalam bahasa mereka, terutama jika mereka terlihat berusaha keras. Jadi, mulailah setiap percakapan dengan sapaan ramah dan senyuman.

Jadi sekarang kamu tak perlu khawatir lagi saat berbicara dengan orang asing. Cobalah tips di atas. Oh iya, sambil terus berlatih untuk berbicara dengan orang asing, jangan lupa untuk meluangkan waktu dengan membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit.

Kamu juga bisa berdonasi lebih mudah melalui aplikasi WeCare.id. Caranya, download aplikasi WeCare.id di ponselmu. Donasi yang kamu berikan tentu sangat berharga untuk teman-teman yang membutuhkan.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Klik Untuk Donasi - Miris! Seorang Driver Ojol Berhenti Kerja Akibat Alami Kecelakaan dan Covid-19!
Hand Stiffness Manus, Defek Regio F...
Iman Firmansyah
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.525,000
  2. Pencapaian 100.00%
  3. Donatur 16

Referensi

Fathurrohman. (2020). Beberapa Tips Agar Percakapan Anda dengan Orang Asing Nyaman. Diambil kembali dari fin.co.id.
Mitchell, O. (2012). 7 Tips to Ensure You’re Understood when Speaking to a Foreign Audience. Diambil kembali dari speakingaboutpresenting.com.
Mukaromah, V. F. (2020). Canggung Berbicara dengan Orang Asing? Simak 5 Tips Berikut. Diambil kembali dari kompas.com.Rose, H. (2019). 10 Etiquette Tips When Speaking To Foreigners Overseas. Diambil kembali dari thetravel.com.

Sumber Featured Image : pexels.com