Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Surat Permohonan Donasi

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Surat Permohonan Donasi

Kamu yang sudah terbiasa dengan organisasi pasti sudah biasa dengan Surat Permohonan Donasi. Surat ini dibuat untuk mencari suntikan dana saat terjadi acara tertentu yang dananya masih kurang.

Klik Untuk Donasi - Bahagiakan Saudara di Pedalaman dengan Sedekah Paket Lebaran
  1. Terdanai Rp.62,000
  2. Pencapaian 0.08%
  3. Donatur 7

Sebagai contoh donasi yang digunakan untuk mengadakan acara amal seperti pembagian sembako atau sejenisnya. Kamu harus mampu membuat Surat Permohonan Donasi yang benar-benar tepat agar tidak mudah ditolak.

Nah, apa saja isi surat permohonan donasi yang benar dan akan membuat donatur mau memberikan dananya.

Daftar isi:

  1. 1. Menjelaskan Maksud dan Tujuannya dengan Jelas
  2. 2. Membuat Rincian Dana yang Benar
  3. 3. Selalu Memberikan Kontak yang Jelas
  4. 4. Disertai Proposal Akan Lebih Baik

Menjelaskan Maksud dan Tujuannya dengan Jelas

Surat donasi yang akan dikirimkan ke perorangan, perusahaan, atau organisasi harus berisi informasi yang jelas. Misal kamu ingin membuat acara pembagian sembako. Jelaskan di mana lokasinya, berapa orang targetnya, lalu jenis bantuannya apa saja dalam surat yang dikirim.

Dengan menjelaskan semuanya dengan jelas, risiko surat akan ditolak akan kecil. Bahkan, saat mengirimnya saja kamu bisa segera mendapatkan donasi sesuai atau mendekati harapan.

Hindari mengirimkan surat permohonan yang tidak jelas. Apalagi berpotensi dianggap tipuan sehingga orang yang ditargetkan memberi donasi akan menolaknya begitu saja.

Membuat Rincian Dana yang Benar

Donasi yang diminta umumnya dalam bentuk uang. Namun, ada juga yang dalam bentuk barang. Seperti contoh sebelumnya, program pembagian sembako bisa juga menerima barang seperti beras atau minyak.

Supaya jelas, kamu bisa membuat rinciannya dengan detail mulai dari dana apa saja yang dibutuhkan sampai dana yang tersedia. Berikan juga pilihan seperti menyumbang dalam bentuk lain seperti barang.

Selain menjelaskan dana, dalam pengajuan izin donasi juga harus ada manfaat yang didapatkan oleh pemberi dana. Misal dengan disebutkan namanya atau namanya ditaruh pada kemasan.

Hadirkan Paket Pangan Saudara Sebangsa

Selalu Memberikan Kontak yang Jelas

Sebaik apa pun jenis surat yang sudah kamu buat, akan jadi percuma jika tidak ada kontak yang jelas. Maksudnya, kamu harus memberikan kontak yang bisa dihubungi dan cukup fast respond.

Kontak ini akan bermanfaat untuk menerima informasi dari calon pemberi dana. Misal ada beberapa perusahaan yang meminta bertemu dahulu sebelum memberikan dana. Kamu bisa langsung membuat janji dan bisa bertemu.

Sediakan lebih dari satu kontak di sana. Misal kontak pertama adalah nomor yang kamu gunakan. Selanjutnya kontak lain adalah nomor yang dimiliki oleh teman. Jika salah satu tidak bisa dihubungi, donatur bisa menghubungi yang lain.

Disertai Proposal Akan Lebih Baik

Sertakan proposal yang lengkap, tidak hanya berisi rincian dana saja. Proposal ini juga berisi tentang tujuan acara sampai siapa saja yang terlibat di dalamnya. Misal yang terlibat di dalamnya adalah petinggi dari lembaga.

Usahakan untuk membuat proposal yang menarik. Bukan hanya lembaran kertas yang berisi print dari semua data. Kamu bisa membuatnya lebih menarik seperti buat menjadi semacam company profile.

Proposal yang menarik akan membuat para donatur tidak malas untuk membacanya. Jadi, apa saja yang penting dituliskan di sana dalam bentuk rangkuman. Jadi, tidak ada salahnya membuat proposal menarik agar donasi yang masuk lebih banyak.

Selain menggunakan surat permohonan donasi, kamu juga bisa melakukan inisiasi di situs crowdfunding seperti WeCare. Apalagi jenis donasi yang dibuka berhubungan dengan kegiatan sedekah atau membantu masyarakat.Kamu bisa membuka akun WeCare dengan langsung memakai aplikasi atau situs resminya. Setelah mendaftar dan melakukan verifikasi, mulai program inisiatif secara terbuka sehingga semua orang bisa memberikan donasi. Kamu juga bisa download aplikasi WeCare.id di Playstore atau Appstore untuk memudahkan pengelolaan donasi.

Klik Untuk Donasi - Hadirkan Keberkahan Ramadhan dengan Paket Pangan
  1. Terdanai Rp.907,000
  2. Pencapaian 1.57%
  3. Donatur 6

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *