Manfaat Pohon Bakau Bagi Kehidupan Manusia

Manfaat Pohon Bakau Bagi Kehidupan Manusia

Sumber foto: freepik.com

Tentu kamu sudah tahu bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan. Dengan garis pantai sepanjang 95.181 km dan luas perairan hingga 5,8 juta kilometer persegi, maka tak heran bila Indonesia memiliki garis pantai terpanjang kedua di dunia setelah Kanada. Terbayang bukan, berbagai bencana yang mengintai pemukiman yang berada di pesisir?

Nah, untuk melindungi kawasan pesisir agar terhindar dari hempasan gelombang air laut dan angin, diperlukan sesuatu yang kuat dan kokoh yang dapat berfungsi sebagai benteng. Misalnya dengan menanam pohon bakau secara masif di sepanjang pesisir pantai. Bagaimana bisa?

Daftar isi:

  1. 1. Mengenal Pohon Bakau, Pohon yang Memberikan Banyak Manfaat
  2. 2. Manfaat Pohon Bakau di Tepi Pantai
  3. 3. Manfaat Pohon Bakau Bagi Manusia

Klik Untuk Donasi - 1000 Rupiah untuk Penanaman 1 Bibit Pohon
  1. Terdanai Rp.12,000
  2. Pencapaian 0.15%
  3. Donatur 3

Mengenal Pohon Bakau, Pohon yang Memberikan Banyak Manfaat

Pohon bakau merupakan jenis tanaman dari marga Rhizophora. Pohon bakau memiliki akar dengan ciri-ciri yang khas berupa akar tunjang yang tumbuhnya tidak beraturan dan menyembul dari tanah. Bahkan tinggi akarnya saja bisa mencapai 2 meter!

Seperti namanya, akar tunjang yang ada pada pohon bakau berguna untuk menopang batang pohon agar tetap kokoh. Selain itu, akar pada pohon ini berfungsi sebagai alat respirasi. Ia mampu hidup di kondisi lingkungan yang memiliki kadar garam tinggi, terendam air, berpasir, maupun berlumpur. Oleh sebab itu, pesisir pantai merupakan habitat yang sangat sesuai untuk pohon bakau.

Apa saja sih manfaat pohon bakau itu?

Manfaat Pohon Bakau di Tepi Pantai

Pohon bakau memberikan banyak manfaat yang luar biasa bagi kehidupan manusia maupun lingkungan di sekitarnya. Berikut ini adalah fungsi pohon bakau:

  • Dapat melindungi kawasan pesisir pantai dari gelombang besar serta badai. Namun untuk mewujudkannya, pohon bakau harus ditanam secara masif hingga membentuk kawasan hutan.
  • Pohon bakau dapat menghambat abrasi pantai yang dapat berakibat pada penyusutan area pantai serta merusak ekosistem.
  • Mencegah terjadinya erosi dan intrusi air laut. Oleh sebab pohon bakau memiliki akar tunjang yang kuat dan kokoh, maka dapat mencegah terjadinya erosi yang bisa mengakibatkan pencemaran air bersih untuk penduduk pesisir pantai.
  • Menyediakan habitat bagi biota laut dan hutan. Dari ikan, kepiting, udang, siput, burung, serangga, buaya, dan hewan lainnya.
  • Selain itu, pohon bakau juga dapat menyerap karbon dioksida lebih besar sehingga mampu menghasilkan udara yang bersih.

Klik Untuk Donasi - Bantu Petani untuk Ketahanan Pangan Negeri
  1. Terdanai Rp.2,000
  2. Pencapaian 0.01%
  3. Donatur 1

Manfaat Pohon Bakau Bagi Manusia

Hutan bakau juga memiliki manfaat yang sama besarnya bagi manusia. Apa sajakah itu?

  • Kayu dari pohon bakau dapat digunakan sebagai bahan konstruksi, produksi serpihan kayu, serta digunakan sebagai arang.
  • Menjadi sumber tanaman obat yang tumbuh hanya di ekosistem hutan bakau.
  • Manjaga kualitas air dan udara yang bersih bagi penduduk pesisir pantai. Sebab pohon ini mampu menyerap polusi lebih cepat dibanting pohon di daratan.
  • Sebagai sumber mata pencaharian penduduk kawasan pesisir pantai. Misalnya menjadi nelayan atau petani tambak.
  • Kawasan hutan bakau dapat dikembangkan menjadi objek wisata dan sarana edukasi. Dengan memiliki wawasan baru mengenai fungsi pohon bakau, diharapkan kita menjadi lebih peduli pada kelestarian pohon bakau.

Begitu banyak manfaat pohon bakau baik untuk kehidupan manusia maupun untuk lingkungan. Namun sayangnya, kerusakan hutan bakau di Indonesia semakin parah dari tahun ke tahun dan membutuhkan reboisasi hutan bakau. Maka banyak program relawan yang mengajak untuk melestarikan hutan bakau untuk meningkatkan kesadaran masyarakat.

Nah, setelah mengetahui manfaat pohon bakau, bagaimana bila kita melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi sesama manusia? Bersama Wecare.id, mari bantu saudara kita yang kurang beruntung hanya melalui ponsel pintarmu! Unduh aplikasi Wecare.id melalui Google Play atau App Store untuk dapat berpartisipasi.

download_app

Referensi:

Fadly, Muhamad. (2019). Manfaat Hutan Bakau (Mangrove) untuk Manusia & Kehidupan. Tirto.id

Risnandar, Cecep. (2018). Pohon Bakau. Jurnal Bumi.

Majni, Ferdian Ananda. (2020). Mangrove Cegah Bencana Tsunami dan Abrasi Pantai. Media Indonesia.

Akbari, M. (2021). Ini Upaya Memulihkan Ekosistem Bakau untuk Keberlanjutan Pesisir. Mongabay.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *