Manfaat Menanam Pohon untuk Kesehatan dan Kesejahteraan Mental

Manfaat Menanam Pohon untuk Kesehatan dan Kesejahteraan Mental

Kita semua tahu bahwa pohon sangat penting keberadaannya bagi bumi ini. Tak hanya memberikan kita oksigen, pohon juga menstabilkan tanah, menyimpan karbon, dan tentu saja memberi kehidupan untuk  satwa liar yang ada di dunia. Pohon juga memberi kita bahan untuk membuat peralatan serta tempat untuk berlindung.

Picture source: greenqueen.com.hk

Pohon berkaitan erat dengan kehidupan kita di masa depan. Pepohonan di lingkungan perkotaan, contohnya yang ada di taman kota, hutan serta hutan hujan keberadaannya harus dilestarikan dan sangatlah penting untuk mengelolanya secara berkelanjutan untuk masa depan kita.

Udara yang kita hirup bisa bersih berkat pepohonan. Selain itu, pohon juga membantu menyaring air yang kita minum, serta menyediakan habitat bagi lebih dari 80% keanekaragaman hayati darat yang ada di dunia. Pohon juga menyediakan bahan obat-obatan untuk kita, contohnya aspirin. Ternyata aspirin berasal dari kulit pohon, lho!

Mengapa Keberadaan Pohon Sangat Penting untuk Lingkungan?

Berikut ini adalah enam pilar yang menjelaskan mengapa pohon itu penting untuk lingkungan kita yang dikutip dari One Tree Planted.

Udara

Pohon membantu membersihkan udara yang kita hirup. Tumbuhan besar ini menyerap polutan berbahaya melalui daun dan kulit kayunya dan melepaskan oksigen bersih untuk kita hirup. Gas polutan seperti karbon monoksida, nitrogen oksida, dan ozon, di lingkungan perkotaan diserap oleh pepohonan.

Selain itu, tumbuhan tersebut juga menyapu partikel seperti debu dan asap. Pohon yang kuat dan sehat berfungsi sebagai penyerap karbon, mengimbangi karbon, serta mengurangi efek perubahan iklim.

Air

Pohon berperan penting dalam menangkap air hujan sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya bencana alam contohnya tanah longsor dan banjir. Sistem akarnya berfungsi seperti filter, memperlambat penyerapan air ke dalam tanah dan menghilangkan polutan. Proses ini mencegah erosi longsor yang berbahaya dan mengurangi risiko kejenuhan dan banjir. Pohon cemara dewasa menurut Asosiasi Pangan dan Pertanian PBB, setiap tahun bisa menahan lebih dari 15.000 liter air.

Keanekaragaman Hayati

Satu pohon saja bisa jadi rumah untuk ratusan jenis lumut, serangga, jamur, mamalia, serta tumbuhan. Makhluk hutan, tanpa pohon, tidak akan memiliki tempat tinggal.

Dampak Sosial

Hutan menyediakan beragam pekerjaan bagi peneliti sampai penebang  pohon.  Kita memiliki bahan uantuk membuat rumah, tempat berlindung juga kayu bakar untuk memasak dari pertanian pohon yang berkelanjutan. Selain itu, jenis pohon penghasil buah-buahan, daun, dan kacang-kacangan menyediakan makanan untuk dikonsumsi manusia dan hewan.

Kesehatan

Ternyata pasien rumah sakit yang kamarnya menghadap ke arah pepohonan akan pulih lebih cepat dibandingkan mereka yang tidak memiliki pandangan yang sama. Pohon dapat membantu untuk mengurangi stres dan kecemasan, dan memungkinkan kita kembali terhubung dengan alam. Selain itu, pohon melindungi kulit kita dari sengatan matahari yang terus meningkat dengan naungannya.

Iklim

Berkat pohon, gas rumah kaca yang berbahaya contohnya karbon dioksida disedot dan disimpan di dalam batang, cabang, dan daunnya sehingga membantu mendinginkan planet dengan melepaskan oksigen kembali ke atmosfer. Pepohonan bisa membantu mengurangi suhu lingkungan di kota-kota, sampai 8oCelcius. Polusi dan panas berlebih menjadi ancaman nyata mengingat lebih dari 50% populasi dunia tinggal di kota. Beruntung, per tahunnya pohon dewasa bisa menyerap sekitar 48 pon karbon dioksida, sehingga kota bisa jadi tempat yang lebih sehat dan lebih aman untuk hidup.

Manfaat Menanam Pohon untuk Kesehatan dan Kesejahteraan Mental

Presiden mendorong pemerintah daerah untuk menanam pohon, salah satunya untuk mengurangi resiko bencana alam, seperti longsor dan banjir. Masyarakat pun banyak yang tertarik untuk menanam pohon di halaman rumah atau kebunnya, selain untuk penghijauan dan keindahan juga untuk dikonsumsi buahnya.

Selain mengurangi bencana, membersihkan udara, menyediakan pekerjaan dan makanan juga tempat tinggal bagi hewan, pohon juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan. Berikut ini adalah manfaat menanam pohon untuk kesehatan dan kesejahteraan mental yang diambil dari berbagai sumber.

Memberikan Udara yang Sehat untuk Tubuh

Pohon dan tumbuhan adalah penyumbang oksigen yang utama di lingkungan kita. Ketika pohon melakukan fontosintesis, tumbuhan ini menggunakan karbon dioksida dan sinar matahari untuk menghasilkan nutrisi untuk aktivitasnya. Karena itulah pagi hari terasa sangat segar dan bersih. Selain itu produk sampingan dari fotosintesis adalah oksigen yang merupakan salah satu elemen penting untuk bertahan hidup. Oleh karena itu, berarti pernapasan dan kehidupan kita yang lebih sehat mempunyai pohon dan tanaman dalam jumlah maksimum di atmosfer.

Meredakan Kecemasan dan Depresi

Bahwa pohon dan alam dapat membantu dalam mengurangi stres dan depresi telah didukung oleh sains. Penelitian dari Universitas Nasional Seoul yang diterbitkan pada jurnal MPDI di tahun 2017 menyimpulkan bahwa terapi hutan adalah intervensi yang efektif untuk menurunkan tingkat depresi orang dewasa.

Ketika pikiran kita sedang tertekan, jalan-jalan di taman atau jalan-jalan ke pantai membantu mengurangi ketegangan. Untuk mengatasi kecemasan di dunia yang saat ini bergerak dengan cepat, pergi keluar dan terhubung dengan alam direkomendasikan sebagai metode yang efektif. Karena itu, tanaman hijau dan pohon dalam jumlah maksimum harus ditanam di lingkungan dan tempat untuk membantu orang menurunkan beberapa tingkat kecemasan.

Meningkatkan Umur Manusia

Dalam studi yang diterbitkan pada jurnal the Lancet yang dilakukan oleh para peneliti di Kanada dan AS , menyimpulkan bahwa pohon mempunyai efek meningkatkan umur manusia. Penelitian ini dilakukan selama 11 tahun. Para peneliti menganalisis total 1,3 juta orang Kanada.

Hasil penelitian menemukan bahwa masyarakat yang tinggal di lingkungan yang mempunyai vegetasi yang lebih rapat dan tanaman hijau tingkat kematiannya lebih rendah daripada individu yang tinggal di kawasan yang tidak terdapat pepohonan dan tumbuhan.

Mengurangi Gejala Asma

Para peneliti Universitas Negeri Portland dalam penelitian yang diterbitkan pada jurnal Environmental Pollution menemukan bahwa mereka yang tinggal di lingkungan yang memiliki jumlah pohon dan tanaman hijau yang lebih banyak memperlihatkan gejala masalah pernapasan yang lebih rendah. Ini berhubungan dengan kemampuan pohon dalam membersihkan lingkungan polutan berbahaya di udara, yaitu nitrogen dioksida.

Hutan Dan Demensia

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Dundee yang dipublikasikan pertama kali pada jurnal John Muir Trust menyebutkan tentang hubungan antara alam dan demensia masih dalam tahap awal. Namun, potensi kawasan hutan untuk mempunyai dampak positif sangat besar. Selama 10 minggu program aktivitas hutan percontohan untuk orang-orang dengan tahap awal demensia, ditemukan hutan membantu peningkatan kesejahteraan mental.

Berada di dalam hutan memungkinkan orang untuk rileks, terhubung, dan bernostalgia dengan pengalaman hidup masa lalu mereka juga memberikan pengalaman sensorik yang bermakna dan terarah. Pengalaman ini tidak hanya meningkatkan kesadaran spasial, tetapi juga berbagai elemen kesejahteraan yang tak terukur seperti makna dan identitas.

Perawatan Terapeutik

Praktik forest bathing atau di Jepang dikenal dengan nama shinrin-yoku, secara harfiah berarti ‘mandi hutan’ adalah salah satu perawatan terapeutik. Shinrin-yoku merupakan praktik yang dapat dilakukan siapa saja yang melibatkan, memperlambat, dan menghabiskan waktu di hutan tanpa teknologi atau gangguan. Itu bisa dilakukan di mana saja, dalam cuaca apapun selama ada pohon.

Mandi hutan melibatkan melibatkan semua panca indera, seperti mendengarkan kicauan burung, mencium udara dan bau tanah lembap, mendengarkan angin di dahan, melihat bentuk pepohonan, pola pada kulit kayu dan cahaya yang mengalir melalui kanopi serta masih banyak lagi.

Selain itu, mandi hutan telah ditemukan untuk melawan penyakit termasuk kanker, stroke, depresi, tukak lambung, kecemasan dan stres serta meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Telah ditemukan bahwa bahkan paparan pohon, kicau burung, dan langit di kota-kota meningkatkan kesejahteraan mental.

Ayo Rawat dan Lestarikan Pohon!

Manusia membutuhkan pohon sebagai salah satu sumber kehidupan utama. Pohon memberi oksigen, membersihkan zat kimia di udara, memberi makan, memberi kehidupan. Kita harus berhenti melenyapkan pohon lebih banyak lagi! Sekarang pertanyaannya, apa yang bisa kita lakukan untuk merawat dan melestarikan pohon?

WeCare.id bersama Yayasan ASRI mau mengajak kamu menyelamatkan dan melestarikan pohon di Indonesia! Kamu bisa pilih: Mau bantu menanam 3000 bibit pohon atau memberi sedekah bibit pohon kepada petani di Kalimantan Barat?

Ayo, sekarang waktunya kamu untuk ambil tindakan dan ikut selamatkan bumi kita!

Klik gambar di bawah ini untuk berikan kontribusimu!

Sumber:

https://onetreeplanted.org/pages/why-trees

https://www.royalparks.org.uk/parks/the-regents-park/things-to-see-and-do/gardens-and-landscapes/tree-map/why-trees-are-important

https://wildtreeadventures.com/2020/04/08/the-benefits-of-trees-and-woodlands-for-wellness/

https://www.modernaustralian.com/news/8528-health-benefits-of-growing-trees

More trees please; the importance of planting trees

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *