Pentingnya Hutan Bagi Lingkungan Hidup

Pentingnya Hutan Bagi Lingkungan Hidup

Sumber foto: pexels.com

Selama ini hutan jarang menjadi perhatian utama dalam kehidupan sehari-hari dan hanya mulai ramai dibahas ketika terjadi bencana seperti kebakaran hutan, misalnya. Padahal, hutan memiliki peran besar dalam menjaga kelangsungan hidup setiap makhluk hidup yang ada di bumi.

Berikut ini beberapa manfaat hutan yang harus selalu kita ingat dan jaga!

Daftar isi:

  1. 1. Menjaga kestabilan suhu tanah dan bumi
  2. 2. Menyerap karbon
  3. 3. Menyediakan makanan yang sehat untuk setiap hewan dan manusia
  4. 4. Menjaga ketersediaan air
  5. 5. Meredakan polusi udara

Klik Untuk Donasi - Bantu Orangutan Kalimantan Kembali ke Habitatnya
  1. Terdanai Rp.6,483,472
  2. Pencapaian 6.17%
  3. Donatur 48

Menjaga kestabilan suhu tanah dan bumi

Pemanasan global merupakan isu penting yang sering ramai dibahas. Pasalnya, kondisi ini dapat menimbulkan bencana di bumi dan pada akhirnya mengancam keberadaan makhluk hidup didalamnya termasuk manusia.

Pemanasan global dapat dicegah jika hutan dipelihara dengan baik. Pohon-pohon mampu menyerap karbon dioksida yang memicu pemanasan global. Selain itu, pohon juga mampu menjaga tanah tetap berada pada tempatnya serta membersihkan beberapa zat polutan tertentu melalui proses fitoremediasi.

Menyerap karbon

Perkembangan dunia modern menghasilkan jauh lebih banyak karbon seperti karbon dioksida, karbon monoksida, sulfur dioksida, dan nitrogen dioksida. Zat karbon ini menyebar di udara dan dapat berpotensi membahayakan nyawa ketika terhirup oleh manusia.

Untungnya, pohon memiliki kemampuan untuk menyerap zat polutan ini dari udara. Meski sekarang perbandingannya cukup mengkhawatirkan mengingat hutan yang semakin habis karena terus ditebangi. 

Klik Untuk Donasi - Aksi Sedekah Pangan Sehat untuk 1000 Panti Asuhan
  1. Terdanai Rp.1,309,000
  2. Pencapaian 5.40%
  3. Donatur 23

Menyediakan makanan sehat untuk setiap hewan dan manusia

Pohon-pohon di hutan yang berbuah menjadi sumber makanan yang baik bagi setiap makhluk yang hidup di sekitarnya. Kacang-kacangan, biji=bijian, buah-buahan, hingga getah juga dapat menjadi sumber kehidupan makhluk hidup lainnya.

Buah-buahan yang jatuh di tanah dapat menjadi makanan binatang kecil seperti kumbang, atau serangga kecil lainya. Bahkan binatang yang lebih besar seperti kelinci maupun rusa juga dapat memanfaatkan buah-buahan yang berguguran ini sebagai makanan mereka. 

Menjaga ketersediaan air

Akar pepohonan yang ada di dalam hutan mampu menyerap air dengan baik. Selain berfungsi sebagai nutrisi untuk pohon itu sendiri, hal ini pula yang menjadi alasan mengapa hutan mampu mengisi persedian air tanah kembali. Dengan terjaganya hutan, otomatis air tanah ikut terjaga sehingga kebutuhan manusia akan air bersih untuk minum, sanitasi dan irigasi akan tetap terpenuhi.

Tidak hanya itu saja, ketika hujan turun dengan lebat, kemampuan akar untuk menyerap air dan menjaga struktur tanah ini mampu mencegah terjadinya banjir dan tanah longsor. Itulah mengapa daerah yang sudah tidak memiliki hutan cenderung rentan mengalami bencana banjir dan tanah longsor.

Klik Untuk Donasi - Bantu Petani untuk Ketahanan Pangan Negeri
  1. Terdanai Rp.2,000
  2. Pencapaian 0.01%
  3. Donatur 1

Meredakan polusi udara

Hutan mampu menyerap suara bising dan menyamarkannya, Kemampuannya meredam suara ini disebabkan oleh gemerisik suara dedaunan serta suara-suara lembut lainnya seperti kicau burung. 

Bahkan, sejumlah pepohonan yang ditanam dan ditata dengan baik mampu mengurangi suara latar belakang antara 5 sampai 10 desibel atau sekitar 50% dari apa yang didengar manusia. Selain itu, suara lembut yang dihasilkannya juga mampu memberikan efek ketenangan bagi manusia.

Selain lima manfaat di atas, tentu masih ada banyak lagi manfaat hutan bagi manusia dan ekosistem. Inilah alasan penting mengapa hutan harus tetap terjaga dan dilindungi. Melalui peringatan hari gerakan sejuta pohon, masyarakat harus terus ingat pentingnya hutan bagi kelangsungan hidup setiap makhluk di bumi dan terus berupaya untuk menjaganya.

Dengan kondisi alam yang semakin rusak dan binatang liar yang kehilangan habitatnya, dukungan kamu juga diperlukan demi keberlangsungan mereka. Kamu bisa melakukan donasi melalui WeCare.id untuk mengembalikan habitat binatang liar dan mendorong pelestarian lingkungan.

Download aplikasi WeCare.id di App Store maupun Google Play untuk kemudahan dalam melakukan donasi kapanpun dan dimanapun kamu berada. 

download_app

Referensi:

Treehugger.com. Diakses pada 10 Januari 2021. Reasons Why Forests Are Important

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *