Yuk Kenali Trisomi 21 Penyebab Down Syndrome

Yuk Kenali Trisomi 21 Penyebab Down Syndrome

Sumber foto: pexels.com

Down Syndrome, terutama yang diakibatkan oleh Trisomi 21, sering mendapatkan pandangan buruk dari masyarakat. Seringkali penderita down syndrome mendapatkan hinaan dari orang lain.

Akan lebih baik untuk mengerti tentang Down Syndrome, mengetahui tentang jenisnya serta merawat bayi dengan kelainan genetik tersebut. Dengan begitu, mungkin kita bisa menciptakan lingkungan yang lebih nyaman bagi bayi dengan Down Syndrome.

Jadi, sudah siap untuk mengerti lebih dalam tentang Down Syndrome akibat Trisomi 21? Yuk, kita simak lebih dalam!

Daftar isi:

  1. 1. Apa itu Down Syndrome akibat Trisomi 21?
  2. 2. Berapa Banyak Bayi yang Terkena Kelainan Down Syndrome?
  3. 3. Apakah Down Syndrome akibat Trisomi 21 bisa Disembuhkan?

Klik Untuk Donasi - Miris! Seorang Ibu tidak memiliki biaya persalinan untuk melahirkan buah hatinya. Yuk Bantu Diana Selamatkan Bayinya!
Cerebral Salt Wasting Syndrome (CSW...
Diana Meiliawati
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.70,000
  2. Pencapaian 0.29%
  3. Donatur 4

Apa itu Down Syndrome akibat Trisomi 21?

Tahukah kamu jika bayi yang sehat dan normal lahir dengan mewarisi 23 pasang kromosom dari orang tuanya. Namun, bayi dengan kelainan Trisomi 21 membawa kromosom ekstra. Kromosom ekstra tersebut menjadikan kromosom ke-21 menjadi 3 buah. (Halodoc, 2018)

Menurut cdc.gov (2020) Kasus Down Syndrome akibat Trisomi 21 adalah yang paling banyak jika dibandingkan dengan lainnya. Persentase kasus Down Syndrome akibat Trisomi mencapai 95 persen

Dampaknya, bayi dengan kelainan tersebut akan mengalami perbedaan karakteristik fisik dan kemampuan belajar dibanding bayi normal. Pada kasus tertentu, bayi dengan kelainan trisomi 21 mengalami gangguan jantung, pernapasan, dan sistem pencernaan. Namun, gangguan tersebut bisa diatasi dengan perawatan medis yang tepat.

Berapa Banyak Bayi yang Terkena Kelainan Down Syndrome

Dilansir dari Liputan6.com (2020), Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2010 menjelaskan bahwa kasus sindrom Down pada anak usia 24-59 bulan meningkat dari 0,12 persen menjadi 0,21 persen pada tahun 2018. 

Sedangkan menurut World Health Organization (WHO), setiap 1000 kelahiran di seluruh dunia, 1 bayi menderita Down Syndrome. WHO juga menjelaskan bahwa di seluruh dunia, terdapat lebih dari 8 juta penderita Down Syndrome

Klik Untuk Donasi - Keluar Darah dari Hidung dan Telinganya, Cantika Alami Kelainan Darah Langka
Bernard Soulier Syndrome (BSS)
Cantika Aura Putri
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.1,457,000
  2. Pencapaian 1.58%
  3. Donatur 47

Apakah Down Syndrome akibat Trisomi 21 bisa Disembuhkan?

Sayangnya, kelainan trisomi 21 tidak bisa disembuhkan. Namun, bukan berarti penderita down syndrome akibat trisomi 21 tidak bisa hidup bahagia. Dibutuhkan dukungan dari keluarga dan lingkungan serta pengertian dari kamu agar mereka tidak merasa tersisihkan. 

Namun, ada beberapa cara agar penderita Down syndrome bisa menjalani aktivitas sehari-hari secara mandiri. Pengobatan itu dapat berupa:

  1. Dengan melakukan Fisioterapi. Dengan begitu, penderita Down Syndrome dapat melatih tubuhnya agar dapat melakukan aktivitas normal. 
  2. Menerapkan Terapi Bicara. Penderita Down Syndrome memiliki keterbatasan fisik yang membuat mereka kesulitan berbicara dengan baik. Dengan terapi bicara, 
  3. Menjalankan Terapi okupasi. Dengan terapi ini, penderita Down Syndrome akan diarahkan untuk melakukan kegiatan sehari-hari dengan baik tanpa membebani fisik mereka. 
  4. Terapi perilaku. Seperti namanya, dengan melakukan terapi ini, penderita dapat menyesuaikan diri dengan masyarakat.

Dilansir dari health.detik.com (2019), menurut Kepala Sekolah Center of Hope Ikatan Sindroma Down Indonesia (ISDI), Dewi Wardhani, anak down syndrome yang menjalani terapi akan dapat mengembangkan potensi dan kemampuan mereka. 

Klik Untuk Donasi - Tragis! Alira Pakai Kantong Plastik Kiloan untuk Anus Buatannya!
Atresia Ani, ASD, Sindrom Down
Alira Siti Azzahra
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.2,583,000
  2. Pencapaian 11.23%
  3. Donatur 42

Penderita Down Syndrome juga membutuhkan lebih banyak gizi dan lebih sedikit gluten. Jadi, pastikan untuk berkonsultasi pada dokter untuk diet lebih lanjut pada penderita Down Syndrome. 

Namun, tidak semua seberuntung kita dan memerlukan bantuan untuk menangani penderita Down Syndrome di keluarganya.  Karena itu, untuk bantu teman tidak beruntung melalui aplikasi WeCare.id untuk donasi kapan saja dan di mana saja! 

Yuk, segera download aplikasi WeCare.id di App Store atau Google Play!

download_app

Referensi:

Centre for Disease Control and Prevention. (2020, December 28). Facts about down syndrome. Cdc.gov.

Halodoc, R. (2018, May 31). Ternyata Salah satu penyebab terjadinya Down syndrome pada anak adalah trisomy 21. Halodoc.com.

Ansori, A. (2020, December 30). Mengenal down SYNDROME dan Ciri-Cirinya. Lliputan6.com.

Putri, F. (2020, December 29). Down syndrome Tak BISA Disembuhkan, Tapi Bisa Dilatih. Health.detik.com.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *