Pilihan Olahraga yang Aman untuk Penderita Bronkitis

Pilihan Olahraga yang Aman untuk Penderita Bronkitis

Sumber foto: pexels.com

Bronkitis merupakan penyakit yang berhubungan dengan saluran pernapasan. Berdasarkan referensi bronchitis Medscape, penyakit ini mempunyai karakteristik adanya peradangan dan pembengkakan pada saluran bronkial. Saluran bronchial mempunyai fungsi sentral dalam menyalurkan udara menuju ke paru-paru. Kalau terdapat gangguan pada saluran ini, penderitanya pun bakal mengalami kesulitan saat bernapas. 

Dalam kondisi seperti itu, tak heran kalau banyak penderita bronchitis memilih untuk menghindari aktivitas berat, termasuk olahraga. Alasannya, mereka ketakutan kalau aktivitas olahraga tersebut dapat membuat tubuh cepat merasa lelah dan menimbulkan efek kesulitan bernapas. Padahal, aktivitas fisik seperti berolahraga sangat penting bagi penderita bronchitis. Meski begitu, kamu juga harus memilih secara cermat jenis olahraga yang dilakukan. 

Daftar isi:

  1. 1. Mengenal Penyakit Bronkitis
  2. 2. Olahraga yang Cocok untuk Penderita Bronkitis Akut
  3. 3. Pilihan Olahraga bagi Penderita Bronchitis Kronis
  4. 4. Hal yang Harus Diperhatikan saat Berolahraga

Klik Untuk Donasi - Ibu Karolina Alami Kelumpuhan Sebelah Tubuhnya Akibat Stroke
Stroke
Karolina
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.6,561,548
  2. Pencapaian 11.22%
  3. Donatur 98

Mengenal Penyakit Bronkitis

Dilihat dari pengertian bronchitis, penyakit ini memang bakal memberi gangguan pernapasan pada penderitanya. WHO menyebutkan pemakaian 2 kode ICD 10 bronchitis. Pemakaian dua kode tersebut, yakni J22 dan J40, ditujukan untuk membagi bronchitis dalam dua tipe, yakni bronchitis akut dan bronkitis kronis. Situasi yang dihadapi oleh penderita kedua jenis penyakit ini pun berbeda. Oleh karena itu, tipe aktivitas olahraga yang dapat dilakukan juga berbeda. 

Penderita bronchitis, baik akut maupun kronis, biasanya mempunyai ciri-ciri batuk berlendir dengan warna kuning keabuan atau hijau. Selain itu, mereka juga bakal merasakan sakit pada bagian tenggorokan, demam ringan, hidung tersumbat, sakit di bagian dada, serta sesak napas. Kalau mendapati gejala seperti itu, tidak ada salahnya kalau kamu melakukan pemeriksaan ke dokter atau menjalani bronchitis radiology untuk mengetahui gambaran kondisi saluran tenggorokan. 

Berdasarkan hasil bronchitis x ray, dokter dapat mengetahui penyakit yang diderita, apakah bronkitis akut atau kronis? Kedua penyakit ini memang punya gejala yang tidak jauh berbeda. Hanya saja, bronchitis akut biasanya hanya muncul dalam jangka dekat, antara dua atau tiga minggu dan bisa hilang sendiri tanpa perlu konsumsi obat. Namun, lain halnya dengan kasus bronkitis kronis. Penyakit ini dapat bertahan minimal tiga bulan dan terjadi secara berulang. 

Klik Untuk Donasi - Alami Kejang dalam 10x Sehari, Adik Arfa Butuh Pertolonganmu!
Epilepsi, Cerebral Palsy, Mikrosefa...
Arfa Munayang
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.1,985,000
  2. Pencapaian 6.90%
  3. Donatur 25

Olahraga yang Cocok untuk Penderita Bronkitis Akut

Gejala penyakit acute bronchitis biasanya muncul pada rentang antara 3 – 10 hari. Pada momen tersebut, kamu disarankan untuk tidak berolahraga terlebih dulu. Kamu bisa mulai melakukan olahraga rutin ketika menjumpai gejala terlihat mulai mereda. Olahraga yang dapat kamu pilih juga haruslah yang ringan, di antaranya: 

Pilihan Olahraga bagi Penderita Bronchitis Kronis

Seperti halnya penderita acute bronchitis, mereka yang memiliki penyakit bronchitis kronis juga dapat mencoba berolahraga. Hanya saja, kamu perlu melakukan perencanaan serta mempraktikkan teknik yang tepat saat berolahraga. Dengan cara seperti itu, olahraga yang kamu lakukan dapat mempercepat proses penyembuhan bronchitis. 

  • Olahraga interval. Teknik ini dapat kamu praktikkan dengan menetapkan interval waktu olahraga dan menyelinginya dengan istirahat. Misalnya, kamu dapat menyempatkan waktu istirahat setiap interval 10 menit berolahraga. 
  • Menjaga kendali pernafasan saat berolahraga. Teknik ini dapat kamu lakukan dengan memakai pernapasan perut. 

Klik Untuk Donasi - Ilham Semakin Kurus Akibat Tumor Ganas Menggerogoti Tubuhnya
Sarkoma Ewing
M. Ilham Sandi Yahya
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.1,643,994
  2. Pencapaian 4.03%
  3. Donatur 38

Hal yang Harus Diperhatikan saat Berolahraga

Olahraga memang mampu membuat tubuhmu jadi lebih sehat. Namun, penderita bronchitis juga perlu memperhatikan risiko komplikasi saat berolahraga, seperti, batuk yang tak kunjung henti, dada terasa kencang, pusing kepala, dan sulit bernapas. 

Kalau berhadapan pada situasi seperti itu, pilihan terbaik yang bisa kamu lakukan adalah berhenti berolahraga. Selanjutnya, kamu dapat melakukan pemeriksaan ke dokter terdekat. 

Kamu juga dapat mengambil langkah dengan membantu teman-teman yang sakit di Indonesia dengan berdonasi di WeCare.id. Berbagi itu menyenangkan, jadikan Indonesia sehat dan merata dengan mendonasikan bantuanmu di WeCare.id. Download aplikasi WeCare.id sekarang!

download_app

Referensi: 

Hello Sehat. Diakses pada 11/12/2020. Jenis-Jenis Olahraga yang Aman untuk Penderita Bronkitis.
Halodoc. Diakses pada 11/12/2020. Penyakit Bronkitis – Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati.
WebMD. Diakses pada 11/12/2020. Are There Different Types of Bronchitis?
GoodDoctor. Diakses pada 11/12/2020. Penyakit Bronkitis: Gejala, Penyebab, Obat dan Perawatannya.