Cukup Olahraga 30 Menit Sehari untuk Turunkan Berat Badan

Sebuah penelitian baru dari Karolinska Institutet di Stockholm, Swedia, menunjukkan bahwa mengganti waktu yang dihabiskan untuk duduk diam dengan aktivitas fisik intensitas ringan dapat bermanfaat bagi kesehatan. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa mengganti waktu duduk dengan aktivitas fisik intensitas rendah dapat memiliki efek yang berguna untuk mencegah penyebab kematian akibat penyakit kardiovaskular.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk olahraga setiap hari?

Department of Health and Human Services Amerika Serikat menjelaskan bahwa untuk manfaat kesehatan yang besar, orang dewasa harus melakukan setidaknya 150 menit per minggu latihan aerobik intensitas sedang, lebih baik jika waktu tersebut dibagi sepanjang minggu dalam waktu setidaknya 10 menit pada setiap waktunya. Penelitian dalam

Penelitian dari American Heart Association menunjukkan bahwa melakukan aktivitas fisik aerobik intensitas sedang selama 150 menit – 300 menit per minggu atau 75 menit – 150 menit per minggu untuk aktivitas fisik aerobik intensitas tinggi menurunkan risiko terkena penyakit jantung atau kardiovaskular.

Manfaat berolahraga 30 menit setiap hari

Baik untuk jantung

Khawatir tentang berbagai penyakit jantung dan tingkat tekanan darah Anda yang tidak normal? Latihan fisik dalam jangka waktu pendek, 30 menit, dapat memerangi semua penyakit yang berkaitan dengan jantung.

Mengapa olahraga baik untuk jantung? Karena ketika Anda menjadi lebih aktif, kolesterol baik yaitu kadar lipoprotein berkepadatan tinggi atau HDL mulai meningkat dan trigliserida yang tidak sehat semakin menurun secara otomatis. Olahraga setengah jam setiap harinya akan melancarkan peredaran darah dan mejauhkan Anda dari penyakit kardiovaskular.

 

Meningkatkan suasana hati

Olahraga 30 menit bukan hanya baik untuk tubuh Anda, tetapi juga suasana hati Anda! Latihan telah terbukti meningkatkan mood hingga 12 jam setelah Anda selesai berolahraga. Dan, hanya 5 menit berolahraga dalam suasana alam terbuka dapat meningkatkan mood dan harga diri. Penelitian bahkan menunjukkan bahwa 30 menit jalan cepat lima hari seminggu, memiliki dampak signifikan pada depresi ringan atau sedang. Olahraga 30 menit juga dapat bekerja untuk meningkatkan kekuatan otak Anda dan meningkatkan kualitas tidur Anda. Hal ini dikarenakan olahraga mengeluarkan hormon endorfin yang dapat menimbulkan rasa senang.

Memperkuat daya ingat

Daya ingat dan olahraga saling terkait. Semakin banyak Anda berolahraga semakin banyak produksi sel-sel di bagian otak yang disebut hippocampus yang mengendalikan kemampuan berpikir, daya ingat serta kemampuan belajar. Dengan kata lain ukuran hippocampus berubah sedemikian rupa sehingga daya ingat dan kemampuan berpikir tetap utuh.

Memperlambat penuaan

Olahraga telah lama dikaitkan dengan umur yang lebih panjang. Penelitian terbaru dari Brigham Young University di Amerika Serikat menemukan bahwa olahraga terkait dengan bagian kromosom yang mempengaruhi proses penuaan. Telomer atau bagian ujung kromosom, secara alami memendek seiring bertambahnya usia, dengan setiap pembelahan sel. Orang-orang yang hidup lama memiliki telomer yang dalam kondisi lebih baik daripada mereka yang tidak, tetapi ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk memengaruhi tingkat telomere yang memendek selama bertahun-tahun. Pada orang yang olahraga secara teratur, telomer mereka lebih panjang daripada orang yang tidak rutin berolahraga.

Membantu mengobati depresi, dan mencegahnya

Depresi sekarang banyak menjadi penyebab utama disabilitas di seluruh dunia. Menariknya, olahraga telah terbukti sama efektifnya dengan bentuk perawatan lain untuk beberapa jenis depresi.

Penelitian secara konsisten menunjukkan bahwa aktivitas fisik dapat membantu mengobati depresi, dan di sisi lain, tingkat aktivitas yang rendah merupakan faktor risiko yang besar untuk depresi. Sayangnya, ketika orang mengalami depresi, olahraga bisa menjadi hal terakhir yang ingin dilakukan. Namun olahraga dapat mengeluarkan hormon endorfin yang dapat mengurangi terjadinya risiko depresi, sehingga berolahraga beberapa menit sehari dapat membantu mengatasi depresi.

Menurunkan berat badan

Bagi mereka yang berjuang untuk menurunkan berat badan, olahraga yang dilakukan secara rutin akan sangat membantu dalam mencapai tujuan penurunan berat badan mereka. Rangkaian latihan yang singkat dapat menjaga tingkat energi tetap utuh sehingga menjaga Anda lebih aktif secara fisik sepanjang hari. Ini, jika dibandingkan dengan mereka yang melakukan latihan lebih lama bisa menyebabkan energi mereka terkuras sehingga mengakibatkan konsumsi makanan lebih banyak. Oleh karena itu, penelitian ini menunjukkan bahwa dibandingkan dengan orang yang melakukan latihan lebih lama, mereka yang melakukan latihan dengan durasi yang lebih singkat namun rutin bisa mendapatkan banyak manfaat sehubungan dengan tujuan penurunan berat badan mereka.

Review : dr. Denita

Yuk, konsultasi dokter gratis dengan dokter SEHATI:  http://line.me/ti/p/~@Wecare.id

Sumber:

https://www.boldsky.com/health/diet-fitness/2017/benefits-of-thirty-minutes-physical-exercises-everyday/articlecontent-pf171302-116572.html

https://www.forbes.com/sites/alicegwalton/2017/05/23/6-ways-exercise-benefits-the-body-and-brain/#6bcebffd2503

https://www.medicalnewstoday.com/articles/320760.php

https://www.thejoint.com/texas/dallas/addison-28075/why-30-minutes-of-exercise-a-day-is-important-to-y