Cara Mudah Memberi Santunan Anak Yatim Online

Cara Mudah Memberi Santunan Anak Yatim Online

Sumber foto: pexels.com

Berbagi dengan cara bersedekah kepada orang yang membutuhkan merupakan kewajiban umat manusia. Dengan bersedekah, kita dapat membantu banyak orang yang membutuhkan, termasuk anak yatim. Anak-anak yang terlahir tanpa orang tua membutuhkan uluran tangan kita untuk masa depan mereka. Jika kamu ingin menolong anak-anak yatim, banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satu caranya adalah dengan memberi santunan anak yatim online. Bagaimana cara melakukannya secara daring? Mari kita simak penjelasannya.

Daftar isi:

  1. 1. Siapa yang Dinamakan Anak Yatim?
  2. 2. Cara Menyantuni Anak Yatim

Klik Untuk Donasi - Warga Tidak Mampu Sakit Kritis di Pelosok Indonesia!
  1. Terdanai Rp.1,970,000
  2. Pencapaian 1.71%
  3. Donatur 44

Siapa yang Dinamakan Anak Yatim?

Berbagi rezeki dapat kamu lakukan dengan cara memberi santunan kepada anak yatim. Sebenarnya siapa yang disebut anak yatim? Anak yang dianggap yatim ketika mereka telah ditinggalkan oleh ayahnya sebelum berusia balig. Jika anak yatim tersebut telah cukup umur dan dewasa, maka sebutan anak yatim tidak berlaku lagi. 

Cara Menyantuni Anak Yatim

Sekarang banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membantu anak yatim. Selain memberikan donasi kepada anak yatim di sekitar lingkungan rumah, kamu juga bisa memberi santunan anak yatim online. Bagaimana caranya? Berikut ini adalah penjelasannya.

Pilih lembaga penyedia penggalang dana

Langkah pertama yang kamu mesti lakukan adalah pilih lembaga penyedia penggalang dana yang resmi dan tepercaya. Sebelum kamu ingin menyantuni anak yatim secara daring, Cari info detail tentang lembaga-lembaga penggalang dana yang tepercaya. Caranya adalah dengan memastikan lembaga tersebut resmi dan memiliki izin. Salah satu kriteria jika lembaga itu bersifat resmi dapat kamu ketahui dari situs web yang dimiliki. 

Ketika kamu mengecek situs web, kamu akan mendapatkan informasi secara detail tentang sejarah yayasan, alamat panti asuhan, beserta pengurusnya. Semakin lengkap informasi yang diperoleh, semakin tepercaya lembaga penyalur dana tersebut. Jika semua yang disebutkan sudah ada, kamu bisa memilih lembaga tersebut untuk memberikan santunan.

Klik Untuk Donasi - Peduli Adik-Adik Penyandang Disabilitas Keluarga Duafa
  1. Terdanai Rp.497,000
  2. Pencapaian 1.99%
  3. Donatur 10

Cari tahu rekening penyalur

Sekarang banyak orang atau penyalur yang membuka penggalangan dana untuk donasi kepada anak yatim dan kaum duafa. Tak sedikit pula dari mereka yang menggunakan rekening pribadi untuk menghimpun dana. 

Jika kamu ingin berdonasi lewat mereka, pastikan untuk benar-benar teliti dan waspada. Jangan mudah percaya dengan cerita dan foto-foto yang dibuat pada halaman kampanye di media sosial. 

Caranya adalah dengan mencari tahu profil orang atau penyalur terlebih dahulu. Selidiki tentang penyalur tersebut lewat situs web atau media sosial yang memuat penghimpunan dana.

Selain itu, pastikan orang atau penyalur tersebut memiliki surat izin resmi untuk melakukan aksi penggalangan dana. Agar lebih yakin, kamu bisa tanya kepada orang-orang yang paham seluk beluk penggalangan dana beserta penyalurnya. 

Tujuannya agar kamu bisa memastikan kredibilitas orang atau penyalur tersebut. Kamu juga bisa mengecek rekening penyalur secara online. Biasanya jika rekening tersebut pernah melakukan penipuan, terdapat rekam jejak. 

Pilih platform khusus pengumpul dana resmi

Cara lain untuk memberi santunan anak yatim online adalah dengan memilih situs web khusus pengumpul dana resmi, seperti WeCare.id, yang berdiri dengan tujuan untuk menghimpun dana bagi para pasien yang mempunyai kemampuan finansial terbatas dan korban-korban bencana alam. 

Selain itu, WeCare.id juga telah bekerja sama dengan berbagai lembaga non-profit, badan resmi pemerintah, dan organisasi kemanusiaan.

Klik Untuk Donasi - Bantu Bangun Mushola untuk Pondok Anak Yatim Piatu di Yogyakarta
  1. Terdanai Rp.482,845
  2. Pencapaian 0.84%
  3. Donatur 22

Bagaimana? Mudah, bukan, memberikan santunan anak yatim online? Sekarang kamu tidak perlu kebingungan lagi mencari cara menolong mereka di mana dan kapan saja. Kamu bisa menunjukkan aksi nyata dengan mengajak teman-teman dan saudara untuk membantu anak yatim di seluruh Indonesia lewat WeCare.id. Unduh dan gunakan aplikasinya untuk memudahkan kamu berdonasi dan memberi santunan.

download_app

Referensi:

Pondokyatim.or.id. (2020, 30 Juni). Santunan Online Anak Yatim & Dhuafa.

Pantiyatim.or.id. (2020, 18 Mei). Cara Memberi Santunan Anak Yatim dan Dhuafa.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *