Apa Kamu Orang Baik? Yuk Cek Ciri Kepribadiannya!

Apa Kamu Orang Baik? Yuk Cek Ciri Kepribadiannya!

Dilansir dari laman situs Psychologytoday, ada banyak cara untuk mendefinisikan apa artinya menjadi orang baik. Salah satu definisi “baik” adalah orang mengikuti aturan, yang berarti orang tersebut tidak melanggar hukum, melakukan kejahatan, berbohong, atau menipu.

Cara lain untuk menentukan apakah orang itu orang baik yaitu dengan bertanya kepada orang lain, misalnya pada teman, anggota keluarga, rekan kerja, orang yang mengenal orang tersebut dan mereka dapat “menjamin” kualitas dan karakter orang itu. 

Bantu Petani untuk Ketahanan Pangan Negeri

Ada lagi cara lain yang lebih abstrak untuk mendefinisikan kebaikan adalah bahwa, di akhir hidup orang tersebut, dia meninggalkan sesuatu yang baik, seperti dia telah melakukan perbuatan baik, menyelamatkan nyawa (atau jiwa), membesarkan anak-anak yang baik, membuat orang lain bahagia, dan seterusnya. Jadi, orang yang baik itu seperti apa?

Ciri Kepribadian Orang Baik

Terdapat beberapa ciri kepribadian orang baik. Berikut ini ada enam karakteristik atau kualitas orang baik versi laman situs psychologyandsociety.

1. Altruistik

Orang baik mungkin lebih altruis, yaitu yang tidak mementingkan diri sendiri. Altruistik atau altruis adalah salah satu kualitas yang sangat mengagumkan. Sifat altruisme memberikan bantuan tanpa pamrih. Dia membantu seseorang karena dia peduli tentang kesejahteraan orang tersebut. Orang altruistik tidak hanya membantu orang yang mereka kenal, tetapi mereka juga membantu orang yang tidak mereka kenal. Orang altruistik memiliki kekuatan untuk membuat perbedaan dalam kehidupan orang lain dan melakukan hal yang benar.

2. Empati

Empati dapat dipandang sebagai atribut atau sifat yang menjadi ciri khas yang menentukan sebagai manusia, dan salah satu atribut terpenting yang dapat dimiliki seseorang. Jadi, bersikap empati dapat dipandang sebagai atribut utama dari orang baik.   

Mungkin orang ingin merasa dipahami dan orang lain bisa merasakan apa mereka rasakan. Seseorang yang berempati akan mengungkapkan bahwa dia memahami apa yang dikatakan orang tersebut. Ini bisa dilakukan dengan membuat pernyataan yang mencerminkan bahwa dia memahami perasaan orang itu, atau dengan menceritakan sebuah cerita yang melibatkan situasi yang dia hadapi yang mirip dengan situasi yang dialami orang tersebut.

Klik Untuk Donasi - Wakaf Ambulance Untuk Warga Tak Mampu
  1. Terdanai Rp.0
  2. Pencapaian 0.00%
  3. Donatur 0

Apalagi karena empati merupakan kombinasi dari pemahaman dan perasaan, orang yang berempati juga merasakan apa yang dirasakan orang lain. Sangatlah penting untuk mengekspresikan emosi, dan bukan hanya nyatakan bahwa dia dapat memahami apa yang sedang dialami orang tersebut.

3. Bertanggung jawab

Orang yang dewasa secara emosional akan bertanggung jawab atas tindakannya. Dia tidak akan menghindari kesalahan atas hasil yang dia lakukan, dan menggunakan alasan bahwa dia tidak bermaksud seperti itu.  Orang yang bertanggung jawab, yang menjadi ciri orang baik, menyadari bahwa orang yang berakal sehat memiliki tanggung jawab untuk berhati-hati dan membuat keputusan yang bijak.

Orang yang bertanggung jawab mengupayakan manajemen waktu yang baik sehingga dia dapat mencapai semua yang dia setujui untuk lakukan. Orang yang bertanggung jawab akan memastikan bahwa dia mengetahui informasi tentang semua hal yang dapat mempengaruhi kualitas keputusan yang harus dia buat. Orang yang bertanggung jawab sangat menghargai pembelajaran dan berusaha untuk meningkatkan pengetahuannya. 

4. Jujur

Ciri orang baik lainnya yaitu percaya bahwa kejujuran adalah kebijakan terbaik. Orang yang baik berusaha untuk jujur ​​dengan orang lain dan diri mereka sendiri. Orang yang jujur ​​pada diri sendiri melihat diri mereka sendiri secara akurat. Kita semua rata-rata atau di bawah rata-rata dalam beberapa hal, dan orang yang jujur ​​mengakui jika dia kemampuannya rata-rata atau di bawah rata-rata.

5. Adil

Orang baik bersikap adil dalam keputusannya. Keadilan mencerminkan relatif bebas dari bias pribadi. Keadilan mencerminkan keinginan untuk bekerja demi kebaikan bersama. Ini mencerminkan komitmen pada prinsip-prinsip dasar tentang apa yang benar.

Klik Untuk Donasi - Bantu Mbah Partinah Merawat Ketiga Cucunya
  1. Terdanai Rp.50,000
  2. Pencapaian 0.04%
  3. Donatur 1

6. Rendah Hati

Orang baik juga bisa digambarkan sebagai orang yang rendah hati. Dalam artikel ” What Is Humility?” yang ditulis oleh Brad Bell pada situs web bluefoxcom, dia mendefinisikan kerendahan hati sebagai, “Kerendahan hati adalah kesediaan untuk mengakui kekurangan seseorang dan menampilkan sifat positif seseorang dengan cara yang akurat.” Misalnya, jika kemampuan dia dalam suatu bidang sedikit di atas rata-rata, maka orang tersebut akan menyatakan bahwa dia hanya sedikit di atas rata-rata dalam bidang itu.

Nah, itulah ciri kepribadian orang baik. Salah satunya cirinya adalah altruistik. Sifat altruistik ini contohnya yaitu dengan meluangkan waktu dengan luangkan waktu membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit.

Kamu juga bisa berdonasi lebih mudah melalui aplikasi WeCare.id. Caranya, download aplikasi WeCare.id di ponselmu. Donasi yang kamu berikan tentu sangat berharga untuk teman-teman yang membutuhkan.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Referensi

Bell, B. (2011). Characteristics of a Good Person . Diambil kembali dari psychologyandsociety.com.Riggio, R. E. (2016). How Can You Tell If You Are a Good Person? Diambil kembali dari psychologytoday.com.

Sumber Featured Image : Juan Pablo Serrano Arenas from Pexels

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *