Perlakukan Dirimu Lebih Baik dengan 6 Cara Ini

Perlakukan Dirimu Lebih Baik dengan 6 Cara Ini

Apakah kamu termasuk orang yang mudah mengkritik diri sendiri dibandingkan menyukai diri sendiri? Bila iya, kamu tidak sendirian. Banyak dari kita harus bergumul dengan perasaan negatif tentang diri kita sendiri. 

Mungkin kamu memikirkan hal-hal buruk tentang dirimu, seperti merasa dirimu bodoh, tidak layak dicintai, ataupun tidak berharga. Bagaimana kamu bisa keluar dari siklus ini? Memang tak mudah untuk mengubah pikiran-pikiran itu, tapi kamu bisa mencoba cara berikut yang dirangkum dari beberapa sumber untuk bisa memperlakukan dirimu lebih baik. Yuk, simak!

Daftar isi:

  1. 1. Belajar mencintai diri sendiri
  2. 2. Prioritaskan perawatan diri
  3. 3. Ungkapkan apa yang kamu rasakan
  4. 4. Biarkan dirimu merasakan semua emosi
  5. 5. Hentikan pikiran negatif
  6. 6. Berkumpulah bersama orang-orang dapat membangun dirimu

Belajar mencintai diri sendiri

Mencintai diri sendiri bukan berarti kamu menjadi narsistik melainkan membangun harga dirimu dan mengakui betapa berharganya dirimu. Ini tentang merasa nyaman dengan siapa dirimu, kesalahan dan segalanya, dan berusaha untuk menjadi orang terbaik yang kamu bisa. Terkadang itu bertentangan apa yang orang lain inginkan darimu.

Prioritaskan perawatan diri

Bersikap baik kepada diri sendiri berarti memprioritaskan perawatan diri. Sisihkan waktu untuk menjaga kesejahteraan diri sendiri.

Masalahnya adalah sering kali kita tidak menjadikan perawatan diri sebagai prioritas. Sebaliknya, kita bekerja 8 jam sehari, menghadiri rapat atau pertemuan, dan terkadang harus mengerjakan pekerjaan orang lain. Ketika waktunya beristirahat, kita lebih suka hanya duduk di sofa.

Cobalah untuk menuliskan hal-hal yang membuat kamu bahagia dan segar kembali. Selanjutnya, pisahkan daftar tersebut menjadi hal-hal yang bisa kamu lakukan setiap hari, seperti bermeditasi atau olahraga, dan hal-hal yang kamu lakukan setiap bulan, seperti berlibur bersama keluarga. Ini merupakan cara sederhana untuk melakukan perawatan diri sehari-hari. Jadwalkan perawatan diri itu di kalendermu layaknya membuat janji untuk bertemu

Memperlakukan diri dengan baik tak berarti harus menghabiskan tabungan di bank. Akan tetapi terkadang kamu hanya perlu memanjakan diri sedikit, seperti menabung untuk liburan impianmu atau menghabiskan hari di spa.

Klik Untuk Donasi - Tak Punya Biaya ke RS, Kanker yang dialami Hartati Menjalar ke Bagian Lain
Kanker Payudara
Budi Hartati
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.765,750
  2. Pencapaian 8.88%
  3. Donatur 24

Ungkapkan apa yang kamu rasakan

Konflik adalah bagian dari hidup dan akan selalu demikian. Mempraktikkan komunikasi yang efektif dan mempertahankan apa yang kamu butuhkan adalah kuncinya. Bila kamu terus mencoba menyenangkan orang lain daripada mengatakan kebenaran yang kamu percayai, kamu akan mengalami kehancuran jangka panjang. Mungkin ini sulit untuk dilakukan, tetapi hal ini sepadan karena tidak ada yang akan peduli dengan kesejahteraanmu lebih dari dirimu sendiri.

Berhenti mengkritik diri sendiri

Ada dua suara kritis di kepalamu. Suara pertama yang menginternalisasi kritik orang lain dan membiarkannya terus-menerus berada di kepala sampai menjadi bagian dari dirimu dan yang lainnya adalah suara negatif tentang diri sendiri. Umumnya suara yang terakhir ini lebih keras.

Perhatikan hal-hal yang kamu katakan kepada diri sendiri saat tidak ada orang yang mendengarkan. Jika salah satu suara negatif muncul, perhatikan dan keluarkanlah. Menciptakan kesadaran ini adalah langkah pertama untuk menjadikan diri mencintai dirimu apa adanya.

Biarkan dirimu merasakan semua emosi

Belakangan ini, kehidupan orang-orang dikuratori oleh media sosial sehingga kita sering lupa bahwa hidup tidak semuanya wajah-wajah bahagia atau hewan-hewan lucu. Kamu akan mengalami rasa sakit dan kesedihan dalam hidup, dan itu tidak masalah. Biarkan dirimu merasakan emosimu sepenuhnya, dan kemudian keluarkan energi negatif tersebut. Ketika kamu menjadi lebih baik dan mengelola emosi, kamu akan berada dalam keadaan negatif dalam waktu yang lebih pendek.

Terkadang kamu harus kuat, tetapi tidak apa-apa untuk mengakui bahwa kamu juga rapuh, dan mencari kenyamanan, dukungan, dan cinta. Beri dirimu waktu yang kamu butuhkan untuk bersedih dan mengatasi emosimu, dan berdamai dengan penolakan, sakit hati, dan kesedihan.

Berkumpulah bersama orang-orang dapat membangun dirimu

Berkumpulah bersama orang-orang yang bisa membantumu mengeluarkan yang terbaik dari dirimu. Hubungan bisa memiliki efek yang kuat pada kesejahteraan diri. Carilah orang-orang yang membangun dirimu, dan minimalkan kontak dengan mereka yang menjatuhkanmu.

Selain membahagiakan orang lain, perhatikan juga kesejahteraan dan kebahagian dirimu. Selain itu, jangan lupa juga untuk luangkan waktu dengan membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit

Kamu juga bisa berdonasi lebih mudah melalui aplikasi WeCare.id. Caranya, download aplikasi WeCare.id di ponselmu. Donasi yang kamu berikan tentu sangat berharga untuk teman-teman yang membutuhkan.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

Dukung WeCare.id untuk mengembangkan
konten-konten kesehatan & kebaikan yg lebih berkualitas.

WeCare.id adalah portal penggalangan dana untuk pasien-pasien yang tidak mampu. Dengan berdonasi ke WeCare.id, kamu juga turut membantu pasien-pasien di seluruh Indonesia.

KLIK UNTUK DONASI

Referensi

Hall, J. (2019). The Way You Treat Yourself Signals How You Value Your Time. forbes.com.

Ph.D., S. J. (2016). 4 Ways You Can Start Treating Yourself Better Today. psychologytoday.com.

The Definition of Self Love: 7 Ways To Treat Yourself Better. (2017). orionsmethod.com.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *