Cara Menghitung Berat Badan Ideal untuk Anak dan Orang Dewasa

Cara Menghitung Berat Badan Ideal untuk Anak dan Orang Dewasa

Siapa yang tidak mau memiliki berat badan ideal? Berat badan yang ideal menandakan tubuh yang sehat dan terlihat enak dipandang. Berat badan yang kurang atau berlebihan akan menimbulkan berbagai macam penyakit, mulai dari kurangnya daya tahan tubuh sampai dengan penyakit jantung. Namun, sudahkah kamu mengetahui cara menghitung berat badan ideal?

Memahami cara menghitung berat badan ideal akan mempermudah kamu dalam mengatur asupan kalori harian. Caranya tidak sulit, kok. Kamu bahkan bisa melakukannya dalam waktu singkat. Ketahui di sini, yuk!

Daftar isi:

  1. 1. Cara Hitung Berat Badan Ideal Perempuan dan Laki-laki
  2. 2. Menghitung Berat Badan Ideal Anak dan Bayi

Klik Untuk Donasi - Bertubuh Kurus dan Alami Radang Paru-Paru, Reza Butuh Bantuanmu Segera!
Pneumonia, Gizi Buruk
Muhammad Syahreza
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.10,708,070
  2. Pencapaian 62.13%
  3. Donatur 163

Cara Hitung Berat Badan Ideal Perempuan dan Laki-laki

Pada dasarnya, berat badan ideal untuk pria dan wanita dewasa dapat dihitung dengan rumus Pierre Paul Broca (Atkins&Amilien, 2009). Namun, terdapat perbedaan rumus antara perhitungan berat badan ideal wanita dan juga pria.

Jika kamu adalah perempuan, rumus Broca yang dapat kamu gunakan untuk menemukan berat badan ideal adalah sebagai berikut:

Berat badan ideal perempuan : ((tinggi badan (dalam sentimeter) – 100) – (15% x (tinggi badan – 100))

Berat badan ideal laki-laki : ((tinggi badan  – 100) – (10% x (tinggi badan -100))

Jadi, apakah otomatis berat badanmu tidak ideal jika kurang atau lebih dari angka yang kamu dapatkan? Tidak juga. Angka tersebut hanyalah angka yang direkomendasikan. Untuk memahami apakah kamu underweight (kurang berat badan) atau overweight (kelebihan berat badan), bahkan obesitas, kamu bisa menggunakan fitur hitung BB online dengan kalkulator BMI (Body Mass Index) atau Indeks Massa Tubuh.

Klik Untuk Donasi - Mengalami Gizi Buruk, Asrofil Butuh Bantuan Segera!
Gizi Buruk, Hidrosefalus
Muhamad Asrofil
Oleh Medikator Rumah Zakat
  1. Terdanai Rp.3,840,000
  2. Pencapaian 21.82%
  3. Donatur 28

Kalkulator tersebut akan secara otomatis menampilkan BMI-mu dan menunjukkan apakah tubuhmu telah berada di dalam range berat badan ideal. Secara umum, jika angka BMI kurang dari 18, itu artinya berat badanmu kurang dan rentan anemia bahkan anoreksia. Sementara itu, apabila angka BMI melebihi 25, itu artinya kamu sudah memasuki kategori overweight bahkan obesitas. 

Selain menggunakan kalkulator daring, kamu bisa menghitung BMI dengan cara manual menggunakan rumus berikut:

BMI = Berat badan (dalam kilogram) : (tinggi badan (dalam meter) x tinggi badan (dalam meter).

Apabila berat badanmu adalah 60 kg dengan tinggi 160 cm, maka BMI-mu adalah 23,5. Itu artinya, kamu masih berada dalam kondisi berat badan normal.

Dukung WeCare.id untuk mengembangkan
konten-konten kesehatan & kebaikan yg lebih berkualitas.

WeCare.id adalah portal penggalangan dana untuk pasien-pasien yang tidak mampu. Dengan berdonasi ke WeCare.id, kamu juga turut membantu pasien-pasien di seluruh Indonesia.

KLIK UNTUK DONASI

Menghitung Berat Badan Ideal Anak dan Bayi

Perhitungan berat badan ideal bagi anak dan bayi tidak dapat disamakan dengan orang dewasa. Hal tersebut terjadi karena bayi dan anak sedang berada di dalam masa pertumbuhan.

Secara umum, ada beberapa rumus yang bisa diterapkan dalam menghitung berat badan bayi dan anak.

Untuk menghitung berat badan ideal bayi dan anak, kamu bisa menggunakan rumus :

Bayi usia 3-12 bulan : (usia bayi dalam bulan + 9) : 2 

Anak usia 1-6 tahun : (usia anak dalam tahun x 2) + 8 

Anak usia 7-12 : (usia anak dalam tahun x 7 – 5) : 2 

Klik Untuk Donasi -


Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.0
  2. Pencapaian nan%
  3. Donatur 0

Namun, perlu kamu ketahui bahwa rumus di atas tidak bisa menjadi patokan untuk memahami berat badan ideal bayi dan anak. Pasalnya, hal tersebut dipengaruhi oleh faktor seperti genetika dan juga tinggi badan anak. Sebagai orang tua, kamu tetap harus melihat buku grafik dari dokter atau posyandu untuk mengukur berat, tinggi, dan ukuran kepala ideal anak.

Nah, mudah sekali bukan memahami cara menghitung berat badan ideal? Apabila kamu sudah menemukan berat idealmu, segera jalani gaya hidup sehat dengan berolahraga cukup serta mengonsumsi makanan sesuai standar asupan kalori harian.

Jangan lupa untuk tetap berpikiran positif dengan berbagi kepada sesama melalui aplikasi WeCare.id. Download aplikasi WeCare.id di ponselmu, kamu bisa menyebarkan kebahagiaan dan juga mengajak orang lain untuk melakukan gaya hidup sehat lho. Yuk mulai sekarang juga!

download_app

Referensi:

Oddy, Atkins & Amilien. (2009) . The Rise of Obesity in Europe: A Twentieth Century Food History. Abingdon : Routledge

Veratamala, Arinda. 2021. Begini Cara Menghitung Berat Badan Ideal Anda. Hello Sehat.