Begini Cara Mengkonsumsi Chia Seed untuk Diet

Begini Cara Mengkonsumsi Chia Seed untuk Diet

Apakah kamu sering tertukar antara chia seed dengan biji selasih? Keduanya sekilas memang mirip tapi ternyata berbeda. Selain untuk taburan makanan atau minuman, chia seed juga bagus untuk diet. Yuk, kita kenalan dulu dengan chia seed.

Klik Untuk Donasi - Mengalami Gizi Buruk, Habid Butuh Bantuanmu Segera!
  1. Terdanai Rp.4,122,000
  2. Pencapaian 40.55%
  3. Donatur 111

Apa Itu Chia Seed?

Sebenarnya chia merupakan anggota keluarga mint dan berasal dari Meksiko. Chia seed dikonsumsi seperti biji-bijian utuh, tetapi chia seed adalah biji-bijian semu. Itu berarti chia seed merupakan biji kaya karbohidrat dari tanaman non-grass atau bukan tanaman rumput-rumputan. Ketika chia seed bertemu dengan cairan, mereka akan mengembang dan membentuk gel yang kental.

Sekitar satu abad terakhir, chia seed tidak begitu populer, tapi baru-baru ini, chia seed kembali terkenal sebagai superfood, yaitu kelompok makanan yang padat nutrisi.

Bisakah Chia Seed Membantu Menurunkan Berat Badan?

5 Cara Diet Sehat untuk Menurunkan Berat Badan yang Ampuh

Melansir dari laman situs Medical News Today, baru-baru ini para ilmuwan mulai mempelajari potensi manfaat chia seed untuk penurunan berat badan. Beberapa dari penelitian ini telah menunjukkan hasil yang menjanjikan, tetapi datanya masih jauh dari konklusif.

Tahun 2014 dilakukan sebuah studi kecil oleh Universitas Federal Paraíba, Brazil. Studi ini membandingkan penurunan berat badan pada orang yang mengonsumsi 35 g tepung chia sehari dengan penurunan berat badan pada orang yang makan plasebo. Sebanyak 26 partisipan mengikuti studi tersebut.

Setelah 12 minggu tidak terdapat perbedaan penurunan berat badan antara kedua kelompok. Namun, para peneliti mencatat penurunan berat badan yang signifikan di antara mereka yang berada dalam kelompok yang mengkonsumsi tepung chia. Para partisipan yang mengalami obesitas pada awal penelitian turun berat badan lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak terlalu overweight pada awalnya.

Temuan ini menunjukkan bahwa chia seed tidak mungkin menyebabkan penurunan berat badan yang signifikan dengan sendirinya. Mungkin chia mendukung penurunan berat badan pada orang yang makan makanan rendah kalori, meskipun bukti untuk klaim ini tidak meyakinkan. Dibutuhkan penelitian yang lebih luas dan dirancang lebih baik untuk menguji efek chia seed pada penurunan berat badan dan kesehatan secara keseluruhan.

Cara Mengolah Chia Seed untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

Kekuatan biji yang disebut-sebut sebagai superfood ini menakjubkan. Kamu bisa mengolahnya menjadi puding hingga air detoks.  Berikut cara pengolahannya:

Klik Untuk Donasi - Bebaskan Anak Asmat dari Gizi Buruk bersama Food For Share!
  1. Terdanai Rp.12,287,650
  2. Pencapaian 11.70%
  3. Donatur 220

Masukkan Chia Seed Ke Dalam Air Detoks 

Untuk nutrisi tambahan, masukkan beberapa sendok chia seed ke dalam air detoksifikasi favoritmu. Jika ingin agak manis, tetapi tetap sehat, buat ramuan yang disebut chia fresca. Caranya  dengan mencampurkan 1 cangkir air dengan 1 sendok makan biji chia, 2 sendok makan jus lemon atau jeruk nipis segar, dan 2 sendok teh madu. Biarkan chia terendam semalaman sebelum kamu meminumnya.

Buat Menjadi Puding

Selain jadi topping, chia juga bisa menjadi hidangan utama. Buatlah puding chia. Ini adalah salah satu cara terlezat untuk memasukkan superfood ini ke dalam diet harianmu. Bagian terbaik adalah makanan ini sangat mudah untuk dibuat. Pembuatannya kurang lebih 10 menit.

Tambahkan ke Greek Yogurt 

Breakfast Berries and Chia Seed Parfait - Feed Your Potential

Selain kacang-kacangan atau kayu manis, kamu bisa memberikan chia seed untuk greek yogurt. Buatlah ramuan sehat versimu sendiri, masukkan chia seed bersama dengan bahan favoritmu yang lain.

Campurkan ke dalam Smoothie

Siapkan salah satu smoothie penurun berat badan dan campurkan chia seed. Karena chia seed akan menyerap sedikit cairan dari bahan lain, seperti air, susu, dan lain-lain, chia dapat membantu menghasilkan smoothie yang membuatmu kenyang lebih lama. 

Meskipun masih perlu penelitian lebih lanjut, mengkonsumsi chia seed untuk diet bisa membantu membuatmu kenyang lebih lama sehingga membantu penurunan berat badan.

Sambil memperhatikan dietmu, jangan lupa juga untuk meluangkan waktu dengan membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit. Kamu juga bisa berdonasi lebih mudah melalui aplikasi WeCare.id. Caranya, download aplikasi WeCare.id di ponselmu. Donasi yang kamu berikan tentu sangat berharga untuk teman-teman yang membutuhkan.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

download_app

Referensi

McDermott, A. (2019). Chia Seeds and Weight Loss: What You Need to Know. healthline.com.

Smith, D. L. (2020). 24 Ways to Use Chia Seeds for Weight Loss. eatthis.com.

Villines, Z. (2019). Are chia seeds effective for losing weight? medicalnewstoday.com.

Zelman, K. M. (2020). The Truth About Chia. webmd.com.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *