6 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami & Sehat!

6 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami & Sehat!

Apakah kamu termasuk salah satu orang yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan? Kebanyakan orang percaya makanan rendah kalori membantu untuk menurunkan berat badan. Ada juga yang mencoba berbagai diet ketat. Sebenarnya cara paling sehat untuk mempertahankan penurunan berat badan yaitu dengan makan lebih banyak sayuran dan buah-buahan yang kandungan seratnya tinggi, padat nutrisi yang membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

Klik Untuk Donasi - Bebaskan Anak Asmat dari Gizi Buruk bersama Food For Share!
  1. Terdanai Rp.12,288,650
  2. Pencapaian 11.70%
  3. Donatur 221

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami dan Sehat

Penasaran bagaimana cara menurunkan berat yang alami dan sehat? Perlu diingat bahwa proses penurunan berat badan itu tidak bisa instan, ada prosesnya. Yuk, simak caranya di artikel berikut ini.

Konsumsi Lebih Banyak Protein

Diet tinggi protein bisa membantu kamu menurunkan berat badanmu. Sebuah ulasan dari penelitian saat ini yang dilakukan oleh Universitas Missouri tahun 2015 mengenai diet tinggi protein menyimpulkan bahwa  strategi tersebut berhasil untuk mencegah atau mengatasi obesitas.

Secara kolektif, data tersebut menunjukkan bahwa diet protein tinggi 25-30 gram protein per sajian memberikan peningkatan nafsu makan, manajemen berat badan, faktor risiko kardiometabolik, atau semua hasil kesehatan ini.

Konsumsi lebih banyak telur, ikan, ayam, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan. Makanan ini semuanya tinggi protein dan relatif rendah lemak.

Konsumsi Makanan Utuh

Untuk menjadi lebih sehat salah satu hal terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan mendasarkan pola makanmu pada whole food atau makanan utuh berbahan tunggal. Dengan mengkonsumsi makanan utuh, kamu menghilangkan sebagian besar, lemak tambahan, gula tambahan juga makanan olahan.

Secara alami kebanyakan makanan utuh sangat mengenyangkan sehingga kamu bisa lebih mudah untuk mengontrol ukuran porsi  makan dan nafsu makan dengan lebih mudah. Makanan utuh juga memiliki kandungan nutrisi yang penting yang dibutuhkan oleh tubuhmu. Sering kali penurunan berat badan terjadi sebagai efek samping alami dari mengkonsumsi makanan utuh.

Minum yang Cukup

Perubahan gaya hidup yang sederhana namun efektif yang bisa membantumu menurunkan berat badan adalah memastikan untuk minum air yang cukup. Contohnya, mengganti minuman lain yang mungkin biasa kamu minum pada waktu makan, seperti  minuman bersoda, jus buah atau minuman manis lainnya, merupakan cara sederhana untuk memastikan kamu mendapat cukup air setiap hari sekaligus mengurangi jumlah kalori yang kamu konsumsi. Minum air sebelum makan juga bisa membantu untuk mengurangi jumlah makanan yang kamu makan.

Klik Untuk Donasi - Mengalami Gizi Buruk, Echi Butuh Bantuanmu Segera!
Gizi Buruk Marasmus, Cerebral Palsy...
Echi Lexca Herizona
Oleh Medikator
  1. Terdanai Rp.16,742,000
  2. Pencapaian 69.33%
  3. Donatur 122

Konsumsi Lebih Banyak Buah dan Sayuran

Buah-buahan dan sayuran merupakan makanan sehat yang sangat bersahabat dengan diet. Keduanya bisa membantumu dalam menurunkan berat badan dan mendapatkan kesehatan yang lebih baik. Buah dan sayuran memiliki kandungan air, nutrisi, gula dan serat yang sehat yang tinggi. Selain itu keduanya juga rendah kalori dan mempunyai kepadatan energi yang rendah. Ini berarti kamu bisa makan banyak tanpa mengonsumsi terlalu banyak kalori, yang berbeda dengan karbohidrat olahan.

Hentikan Konsumsi Karbohidrat Rafinasi

Bentuk spesifik dari makanan olahan, karbohidrat olahan atau karbohidrat rafinasi adalah karbohidrat yang hampir semua nutrisi bermanfaat dan seratnya telah dihilangkan. Proses ini membuat makanan menjadi lebih mudah dicerna, tapi tidak mengenyangkan, justri bisa menyebabkan makan berlebihan. Beberapa contoh karbohidrat rafinasi di antaranya tepung putih, roti dan nasi, kue kering, sereal sarapan dan pasta. Gantilah makanan ini dengan versi yang lebih alami dan belum diproses jika ingin  menurunkan berat badan dan menjalani diet yang lebih sehat.

Bergerak Lebih Banyak

Bergeraklah lebih banyak. Gunakan pedometer dan tambahkan lebih banyak langkah secara bertahap tiap harinya sampai bisa mencapai 10.000 per hari. Cobalah untuk berusaha aktif sepanjang hari, bisa berjalan sambil berbicara di telepon, mengajak hewan peliharaan jalan-jalan lebih lama, dan berjalan di tempat selama penayangan iklan di televisi. Mempunyai pedometer dapat berfungsi sebagai motivator juga pengingat yang konstan. 

Untuk bisa menurunkan berat badan selain melakukan diet sehat juga harus disertai oleh olahraga. Sambil berolahraga, jangan lupa juga untuk meluangkan waktu dengan membantu pasien tidak mampu yang mengidap berbagai penyakit. Cukup download aplikasi WeCare.id untuk donasi mudah dan praktis kapan saja.

Yuk, ulurkan tanganmu untuk bantu sesama bersama WeCare.id!

download_app

Referensi :

Bjarnadottir, A. (2017). 30 Easy Ways to Lose Weight Naturally (Backed by Science). healthline.com. Fletcher, J. (2019). 20 ways to lose weight safely. medicalnewstoday.com. How to Lose Weight Fast Naturally. (2020). livewelldorset.co.uk/. Welch, H. (2020). The 7 Best Foods to Lose Weight Naturally Without Dieting. thebeet.com.Zelman, K. M. (2007). 10 Ways to Lose Weight Without Dieting. webmd.com.